BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sejalan dengan misi mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Lazada Indonesia menilai bahwa pemberdayaan tenaga kerja di sektor logistik merupakan elemen penting.
Melalui unit logistiknya, Lazada eLogistics (LEX), perusahaan terus memperkuat dukungan terhadap para mitra kurir yang menjadi garda terdepan dalam operasional logistik, baik dari sisi layanan maupun edukasi.
Komitmen terhadap Keselamatan dan Operasional
Lazada memahami peran vital mitra kurir LEX dalam menjamin kelancaran pengiriman. Untuk itu, perusahaan berkomitmen memastikan keselamatan kerja serta mendukung operasional mereka secara optimal, termasuk memastikan pengiriman tepat waktu kepada pelanggan. Kolaborasi strategis dengan mitra seperti Planet Ban dan Shop & Drive menjadi bagian dari upaya ini.
Melalui kemitraan dengan Planet Ban, mitra kurir LEX mendapat potongan harga untuk pembelian suku cadang kendaraan roda dua. Sementara kerja sama dengan Shop & Drive, jaringan ritel otomotif milik Astra Otoparts, memberikan diskon hingga 40% untuk layanan servis seperti penggantian oli dan servis mesin di seluruh outlet-nya.
“Mitra kurir memegang peranan krusial dalam operasional LEX. Untuk itu, kami menghadirkan fasilitas khusus melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan dan institusi ternama di Indonesia guna membantu operasional mitra kurir,” jelas Jason Ryandi, Vice President – Logistics, Lazada Indonesia.
Menunjang Kinerja Kurir di Masa Puncak Pengiriman
Kebiasaan berbelanja online yang kian mengakar di masyarakat Indonesia, terutama pada momen kampanye besar seperti Ramadan dan Idulfitri, membuat kebutuhan akan pengiriman yang cepat dan aman meningkat drastis. Dalam konteks ini, kondisi kendaraan yang prima menjadi hal krusial. Penggantian ban disarankan setiap 6–10 bulan untuk menjaga keselamatan kerja.
Ulul Azmi, mitra kurir LEX selama dua tahun, menyampaikan manfaat dari fasilitas tersebut:
“Fasilitas khusus dari LEX sangat membantu pekerjaan saya. Saya jadi nggak ragu untuk rutin periksa motor karena kondisi kendaraan yang prima sangat dibutuhkan saat antar paket ke pelanggan. Adanya diskon dari Planet Ban juga sangat membantu mengatur keuangan.”
Dengan jaringan ribuan outlet Planet Ban dan ratusan outlet Shop & Drive di seluruh Indonesia, kemudahan akses servis kendaraan bagi mitra kurir menjadi lebih terjangkau.
“Kami berharap kemitraan ini bermanfaat untuk mendukung mitra kurir dalam melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu, sekaligus menghemat biaya operasional,” tambah Jason.
Akses Pendidikan untuk Kesejahteraan Jangka Panjang
Tak hanya fokus pada dukungan operasional harian, LEX juga berkomitmen mendorong pengembangan kapabilitas mitra kurir. Lazada percaya bahwa peningkatan pendidikan adalah salah satu kunci utama kesejahteraan jangka panjang.
Melalui kerja sama dengan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti, LEX memberikan kesempatan kepada mitra kurir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma D3 dan Sarjana S1 dengan potongan uang pangkal dan biaya kuliah, serta kemudahan skema cicilan.
“Semua talenta di LEX, termasuk para mitra kurir, berhak atas peningkatan kesejahteraan. Karena itulah kami menginisiasi kemitraan pendidikan seperti dengan ITL Trisakti. Kami ingin para mitra kurir, khususnya di Jabodetabek, bisa mengakses pendidikan setinggi-tingginya,” ujar Jason.
Infrastruktur dan Teknologi sebagai Tulang Punggung
Hingga saat ini, LEX didukung oleh lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir, dengan jaringan mencakup lebih dari 200 gudang dan fasilitas logistik di lebih dari 150 kota di Indonesia. Infrastruktur ini memungkinkan pemrosesan jutaan paket setiap harinya, dengan pengiriman yang cepat dan tepat waktu.
LEX juga mengandalkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), termasuk sistem smart warehousing dan smart routing, yang meningkatkan efisiensi pengelolaan inventori serta mempercepat pengiriman.