BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan patungan IM Motors yang dibentuk oleh SAIC dan Alibaba tengah bersiap meluncurkan varian baru dari SUV besar LS6, yang kini akan hadir dalam opsi EREV (Extended-Range Electric Vehicle).
Langkah ini diambil untuk mendorong performa penjualan IM LS6, yang selama ini belum mampu bersaing di pasar EV Tiongkok yang sangat kompetitif.
Strategi Baru: Hadirkan EREV
Dikutip dari CarNewsChina, IM LS6 adalah model SUV crossover terbesar dari IM Motors dan menjadi tulang punggung penjualan mereka, mencatat 9.649 unit terjual dari Januari hingga April 2025.
Namun, jumlah ini masih jauh dari ekspektasi dalam skala pasar otomotif Tiongkok.
Dengan menyertakan varian EREV, IM berharap dapat menjangkau konsumen yang masih menginginkan fleksibilitas lebih dalam hal jarak tempuh tanpa sepenuhnya bergantung pada infrastruktur pengisian daya.
Tampilan Baru: Desain Eksterior Disegarkan
Desain IM LS6 kini lebih agresif dan modern. Kritik terhadap lampu depan “berbusa” dan bentuk bemper sebelumnya dijawab melalui penyegaran lampu berbentuk sirip dan bemper dengan air intake besar.
Bagian belakang SUV ini masih mempertahankan garis desain khas yang menyerupai Aston Martin DBX, memberikan kesan mewah dan premium.
Dimensi terbaru LS6: Panjang: 4.937 mm; Lebar: 1.988 mm; Tinggi: 1.671 mm dan Wheelbase: 2.960 mm (bertambah 27 mm dari versi sebelumnya)
Beberapa detail eksterior lainnya meliputi sensor LiDAR di atap, gagang pintu flush, dan opsi velg 20–21 inci.
Untuk mobil sebesar ini, sudut pendekatan/keberangkatan masing-masing 17° dan 21° cukup menjanjikan bagi medan urban maupun semi-offroad.
Pilihan Powertrain Listrik Murni
LS6 tetap tersedia dalam varian EV murni dengan tiga opsi performa:
- Entry-level RWD: Motor: TZ210XS1141 (UAES), Daya: 245 kW (329 hp), Baterai: LFP dari CALB
- Trim menengah AWD: Motor: TZ230XY1252 (Hasco Group), Daya: 300 kW (402 hp), Baterai: NMC terner dari CATL
- Varian performa AWD: Motor ganda: TZ180XS0952 (UAES) + TZ230XY1252 (Hasco), Daya gabungan: 500 kW (670 hp), Baterai: NMC terner dari CATL
Menariknya, varian 4WD baru ini mengalami penurunan daya dari versi sebelumnya, di mana LS6 lama menawarkan output hingga 579 kW.
Kendati demikian, kombinasi efisiensi dan diversifikasi varian diharapkan dapat meningkatkan minat pasar.
Interior dan Berat
Interior belum banyak diungkap, namun salah satu bocoran gambar menunjukkan opsi setir model kuk, yang semakin populer di segmen EV modern.
Berat kosong LS6 berkisar antara 2.255 – 2.385 kg, sebanding dengan ukuran dan fitur SUV kelas atas.
Penjualan Lesu, Tapi Potensi Masih Ada
Penjualan IM Motors pada kuartal pertama 2025 mencapai 15.174 unit, dengan LS6 menyumbang lebih dari 60% dari total tersebut.
Meskipun demikian, ini hanya setara 0,6% dari total pasar SAIC, memperlihatkan tantangan besar yang dihadapi merek ini.
Opsi EREV dan penyegaran desain diyakini sebagai langkah strategis yang bisa membuka peluang baru, terutama bagi konsumen urban yang mencari SUV listrik dengan fleksibilitas ekstra dan desain futuristik.