BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Platform dompet digital DANA kembali menghadirkan inovasi dalam layanan pembayaran digital. Mulai 1 Oktober 2025, pelanggan Indomaret kini dapat melakukan pembayaran belanja harian menggunakan QRIS langsung melalui aplikasi DANA.
Fitur terbaru ini sudah tersedia di lebih dari 23.100 gerai Indomaret di seluruh Indonesia, melengkapi layanan yang sebelumnya telah ada seperti isi ulang saldo dan tarik tunai saldo DANA.
DANA dan Indomaret Perkuat Ekosistem Pembayaran Digital
VP of Merchant Strategy DANA Indonesia, Luqman Ibnu, mengatakan bahwa kerja sama dengan Indomaret merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memperluas akses transaksi digital yang menyeluruh dan inklusif.
“Sejak menjalin kemitraan dengan Indomaret, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman transaksi digital yang lebih menyeluruh. Dengan jaringan Indomaret yang luas, penambahan kapabilitas ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekaligus mendukung implementasi QRIS dari Bank Indonesia,” ujar Luqman.
Ia menambahkan, integrasi ini diharapkan dapat mempercepat adopsi ekosistem pembayaran digital nasional yang aman, efisien, dan mudah diakses masyarakat di berbagai daerah.
Dari sisi Indomaret, penerapan QRIS di aplikasi DANA menjadi langkah strategis dalam memperluas opsi pembayaran nontunai. Langkah ini juga sejalan dengan kebutuhan konsumen modern yang mengutamakan kenyamanan dan fleksibilitas.
“Kami terus berupaya menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman dan relevan dengan gaya hidup masyarakat modern. Kolaborasi dengan DANA merupakan bentuk komitmen kami memperluas ekosistem pembayaran digital di seluruh jaringan Indomaret,” kata Bastari Akmal, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret).
Cara Mudah Bayar Belanja Pakai DANA di Indomaret
Untuk menggunakan fitur ini, pelanggan cukup membuka aplikasi DANA dan memilih menu ‘Tunjukkan QRIS’. Selanjutnya, tampilkan kode QRIS di layar ponsel kepada kasir untuk dipindai. Proses pembayaran akan selesai secara real-time hanya dalam hitungan detik.
Kemudahan transaksi ini dirasakan langsung oleh pengguna DANA, Qibran, seorang karyawan swasta sekaligus pelanggan setia Indomaret.“Transaksinya cepat dan mudah sekali, hanya beberapa detik sudah berhasil. Saat ini masih menggunakan saldo DANA, tapi semoga ke depan bisa ditambah pilihan sumber dana lain seperti kartu debit atau kredit. Secara keseluruhan, ini pengalaman bertransaksi yang praktis dan inovatif,” ujarnya.
Dorong Inklusi Keuangan Digital Nasional
Kehadiran fitur pembayaran QRIS lewat DANA menegaskan peran kedua perusahaan dalam memperluas inklusi keuangan digital di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, DANA dan Indomaret berharap dapat mendorong masyarakat beralih ke transaksi nontunai yang lebih aman, mudah, dan efisien.