Scroll untuk baca artikel
Finansial

Bank BTPN dan SMBC Optimistis Dorong Pertumbuhan Lewat Kredit Sindikasi US$450 Juta ke IMGSL

20
×

Bank BTPN dan SMBC Optimistis Dorong Pertumbuhan Lewat Kredit Sindikasi US$450 Juta ke IMGSL

Sebarkan artikel ini
Bank BTPN

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) bersama Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) telah memberikan kredit sindikasi sebesar US$450 juta kepada PT IMG Sejahtera Langgeng (IMGSL), salah satu anak perusahaan dari Indomobil Group.

Kredit sindikasi ini terdiri dari beberapa tranche, termasuk tranche pembiayaan hijau senilai US$225,8 juta yang dialokasikan untuk mendukung transisi menuju ekonomi hijau melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Langkah ini mencerminkan komitmen Bank BTPN dan SMBC dalam mendorong pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan bermakna.

Dalam sindikasi yang melibatkan 32 kreditur ini, Bank BTPN dan SMBC berperan sebagai Coordinating Mandated Lead Arranger and Bookrunner serta Lead Green Loan Coordinator, Agen Fasilitas, Agen Jaminan, dan Account Bank.

“Bank BTPN dan SMBC berkomitmen untuk memfasilitasi pembiayaan yang mendukung keberlanjutan bisnis di Indonesia. Penyaluran kredit sindikasi ini diharapkan dapat memperluas solusi keuangan yang komprehensif dan inovatif guna memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, termasuk para pelaku bisnis,” ujar Nathan Christianto, Head of Wholesale, Commercial, and Transaction Banking Bank BTPN.

Baca Juga :   BI Gelar Layanan Penukaran Uang Baru di Istora Senayan

“Visi ini sejalan dengan komitmen Indomobil Group dalam mengembangkan adopsi transportasi ramah lingkungan di Indonesia,” tambah Nathan.

Sebagai anak perusahaan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), salah satu grup otomotif terbesar di Indonesia, IMGSL akan menggunakan fasilitas kredit sindikasi ini untuk memperkuat pengembangan ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, kredit ini juga akan digunakan untuk kebutuhan korporasi lainnya.

“IMGSL sangat mengapresiasi kepemimpinan sindikasi oleh Bank BTPN dan SMBC dalam memberikan fasilitas kredit kepada kami. Peluang ini akan mendukung IMGSL dalam terus berkembang dan mewujudkan ekosistem mobil listrik yang memadai dan berkelanjutan,” kata Andrew Nasuri, Business Development Director Indomobil Group.

Baca Juga :   PT Bank Commonwealth Resmi Menjadi Bagian dari PT Bank OCBC NISP Tbk

Bank BTPN dan SMBC selalu memastikan kredibilitas dan rekam jejak perusahaan yang menjadi target kredit sindikasi, terutama bagi entitas yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Dalam hal ini, IMGSL, didukung oleh Bank BTPN dan SMBC sebagai Lead Green Loan Coordinator, telah menyiapkan kerangka pembiayaan hijau yang terverifikasi untuk memastikan prinsip keberlanjutan dijalankan dengan baik.

Bank BTPN telah mendukung Indomobil Group sejak tahun 2015 di berbagai sektor bisnis, termasuk keuangan dan logistik. Kedua pihak berkomitmen untuk menjalin sinergi positif guna mencapai tujuan keberlanjutan.

Baca Juga :   Bank BTPN Resmi Akuisisi PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF)

Komitmen Bank BTPN terhadap transisi ekonomi hijau tercermin dalam penyaluran pembiayaan berwawasan lingkungan dan sosial senilai total Rp13,77 triliun per Desember 2023, meningkat 6% dari tahun sebelumnya. Pembiayaan ini mencakup proyek atau aktivitas energi terbarukan, efisiensi energi, pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan berkelanjutan, transportasi ramah lingkungan, produk yang mengurangi penggunaan sumber daya dan menghasilkan lebih sedikit polusi, serta bangunan berwawasan lingkungan yang memenuhi standar atau sertifikasi yang diakui secara nasional, regional, atau internasional, serta kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Seluruh langkah ini merupakan wujud komitmen Bank BTPN dalam menyediakan solusi keuangan yang berkelanjutan, guna mendukung upaya menuju ekonomi rendah karbon sekaligus menciptakan kehidupan yang lebih bermakna. (saf)