BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan data terbaru tentang tren perjalanan dan perilaku wisatawan, menunjukkan peningkatan signifikan minat terhadap Indonesia sebagai tujuan wisata. Pada paruh pertama tahun 2024, pencarian akomodasi di Indonesia melalui Agoda mengalami kenaikan sebesar 33%.
Sebagian besar minat ini berasal dari Singapura, diikuti oleh Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar negara pengunjung. Minat dari wisatawan Eropa juga meningkat, dengan peningkatan pencarian sebesar 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Wisatawan dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol menunjukkan minat terbesar.
Indonesia juga menjadi semakin populer di kalangan wisatawan dari India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Peningkatan pencarian dari Asia Utara terlihat signifikan, dengan Hong Kong naik 57%, Korea Selatan 54%, Jepang 50%, dan Taiwan 38% dibandingkan semester pertama 2023.
Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia, menyatakan, “Peningkatan pencarian terhadap Indonesia mencerminkan daya tarik negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi oleh pemerintah. Agoda mendukung tujuan ini dengan teknologi canggih yang mempermudah pengalaman perjalanan bagi wisatawan, serta meningkatkan daya tarik Indonesia di mata wisatawan internasional. Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan mitra akomodasi guna mendorong pertumbuhan pariwisata dan memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi wisata unggulan.”
Agoda secara aktif bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai mitra resmi ‘Wonderful Indonesia’. Mereka berkontribusi pada industri pariwisata dengan membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.
Selain menjadi destinasi yang semakin diminati, data Agoda juga menunjukkan peningkatan pencarian wisata domestik sebesar 20% dan wisata ke luar negeri sebesar 13% dari dalam negeri. Peningkatan ini mendorong posisi Indonesia dalam peringkat pencarian di Agoda. Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal dengan jumlah pencarian akomodasi tertinggi.
Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Wisatawan Indonesia cenderung menggunakan perangkat mobile untuk merencanakan perjalanan, mencerminkan tren pergeseran menuju perencanaan perjalanan berbasis mobile di Indonesia.
Survei Agoda menunjukkan bahwa motivasi terbesar wisatawan Indonesia untuk bepergian adalah petualangan (42%), diikuti oleh kebugaran (35%), dan berkumpul bersama keluarga dan teman (33%).
Baru-baru ini, Agoda meluncurkan kampanye merek terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine, berjudul ‘Liburan Tenang, Dompet Senang’. Kampanye ini berfokus pada liburan yang terjangkau, memudahkan masyarakat untuk lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya. Kampanye ini dapat dilihat di saluran TV dan digital di seluruh Indonesia. (saf)