Scroll untuk baca artikel
Finansial

Ajaib Kripto: Menanti Hasil FOMC, Implikasi Pemotongan Suku Bunga Terhadap Bitcoin 

21
×

Ajaib Kripto: Menanti Hasil FOMC, Implikasi Pemotongan Suku Bunga Terhadap Bitcoin 

Sebarkan artikel ini
Ajaib Kripto

Analisis menggunakan data Selasa (17/9/2024) pukul 09:00 WIB

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pasar kripto menutup minggu lalu dengan sejumlah perkembangan menarik yang mengundang perhatian. Bitcoin berhasil pulih naik lebih dari 10% dari level $54.000 dan mencapai $60.000 pekan lalu, berkat meningkatnya permintaan aset di pasar.

Data dari Soso Value menunjukkan bahwa Bitcoin ETF mencatat arus masuk minggu sebesar $403,81 juta periode perdagangan 9 -13 September, menandakan adanya permintaan institusi yang meningkat.

Selain itu, MicroStrategy di bawah pimpinan Michael Saylor berhasil mengakumulasi lebih banyak Bitcoin senilai $1,11 miliar, yang semakin mengonfirmasi permintaan yang tinggi terhadap aset ini.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha mengatakan, “Kenaikan minggu lalu didorong setelah Departemen Tenaga Kerja AS merilis data CPI untuk Agustus 2024, yang menunjukkan bahwa inflasi telah melambat selama lima bulan berturut-turut, dengan tingkat inflasi terbaru diperkirakan turun menjadi 2,6% dari 2,9% pada bulan Juli. Data juga menunjukkan bahwa harga konsumen inti AS sedikit naik sebesar 0,3%, lebih tinggi dari perkiraan 0,2%. Angka-angka ini memberikan indikasi adanya pendinginan inflasi yang mungkin mempengaruhi keputusan suku bunga mendatang.”

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Waktunya Buy The Dip!

Namun, setelah sempat bergerak di atas $60.000 pada pekan lalu, Bitcoin berusaha mempertahankan momentum naiknya tetapi gagal dan kembali turun awal pekan ini di bawah $60.000, hingga Selasa (17/9/2024) pukul 09:00 BTC bertengger di level $58.000.

Pasar kripto sangat menantikan pertemuan FOMC September mengenai suku bunga kebijakan. Dengan data CPI dan PPI yang menunjukkan penurunan inflasi, spekulasi mengenai pemotongan suku bunga Fed sebesar 0,5% di pertemuan mendatang semakin meningkat.

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Bitcoin Sempat Capai $70.000 di Tengah Pasar Nantikan Hasil FOMC 

Selain itu, pasar akan mengamati konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell Keputusan ini diharapkan dapat mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin dan aset berisiko lainnya.

Keputusan suku bunga yang sangat dinantikan dari Federal Open Market Committee (FOMC) dijadwalkan pada hari Kamis dini hari (19/9/2024) pukul 01.00 WIB. Mengingat pembacaan CPI terbaru dan data ekonomi kunci lainnya, pemotongan suku bunga tampaknya hampir pasti terjadi. Namun, besarnya pemotongan suku bunga masih belum jelas, dengan probabilitas 59% untuk pemotongan 50 basis poin (bps) dan 49% untuk pemotongan 25 bps menurut alat CME FedWatch.

“Dampak hasil FOMC terhadap Bitcoin berpotensi meningkatkan volatilitas pasar kripto, dengan kemungkinan BTC menembus resistance psikologis $60.000 menuju level $61.000 – $62.000. Namun, perlu diwaspadai kemungkinan aksi ‘sell on news’ pada peristiwa FOMC, yang dapat menyebabkan BTC kembali turun di bawah support $57.000,” kata Panji.

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Melesat ke $68.000, BTC Semakin Mendekati Harga Tertinggi!

Meskipun tantangan biasanya terjadi di bulan September, pasar optimis  dengan berharap bahwa “Uptober” akan membawa kondisi pasar yang lebih baik dengan harapan akan pemotongan suku bunga yang lebih besar bisa memicu rebound di pasar kripto, dengan kuartal keempat diharapkan menghadirkan sentimen bullish dan potensi rally.

Disclaimer: Investasi aset kripto mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Kripto membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli aset kripto. Harga aset kripto berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.