Scroll untuk baca artikel
Teknologi

NASA Putuskan Pulangkan Pesawat Antariksa Starliner ke Bumi Tanpa Awak Pesawat

22
×

NASA Putuskan Pulangkan Pesawat Antariksa Starliner ke Bumi Tanpa Awak Pesawat

Sebarkan artikel ini
Administrator NASA Bill Nelson dan para pimpinan mengadakan konferensi pers langsung pada hari Sabtu, 24 Agustus, di Johnson Space Center di Houston untuk memberikan pembaruan status tentang Tes Penerbangan Awak Boeing NASA. Kredit: NASA

BISNISASIA.CO,.ID, AMERIKA SERIKAT – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mengembalikan pesawat ulang alik Boeing Starliner ke Bumi tanpa astronot Butch Wilmore dan Suni Williams di dalamnya, demikian diumumkan badan antariksa Amerika Serikat tersebut pada hari Sabtu.

Pengembalian tanpa awak ini memungkinkan NASA dan Boeing untuk terus mengumpulkan data pengujian pada Starliner selama penerbangan pulang ke Bumi, dan juga tidak mengambil risiko yang lebih besar dari yang diperlukan bagi para awaknya.

Wilmore dan Williams, yang terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada bulan Juni dengan menggunakan Boeing Crew Flight Test milik NASA, telah sibuk mendukung penelitian, pemeliharaan, dan pengujian sistem Starliner serta analisis data di stasiun tersebut, di antara kegiatan lainnya.

“Penerbangan antariksa itu berisiko, bahkan pada penerbangan yang paling aman dan rutin sekalipun. Penerbangan uji coba, pada dasarnya, tidak aman, dan juga tidak rutin. Keputusan untuk mempertahankan Butch dan Suni di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan membawa pulang Starliner Boeing tanpa awak adalah hasil dari komitmen kami terhadap keselamatan: nilai inti dan Bintang Utara kami,” kata Administrator NASA, Bill Nelson.

“Saya berterima kasih kepada tim NASA dan Boeing untuk semua pekerjaan mereka yang luar biasa dan terperinci.”

Baca Juga :   Weichai Group Kian Berkembang Jadi Pemimpin Inovasi Teknologi Dunia

Wilmore dan Williams akan melanjutkan pekerjaan mereka secara resmi sebagai bagian dari kru Ekspedisi 71/72 hingga Februari 2025.

Mereka akan terbang pulang ke Bumi dengan menggunakan pesawat luar angkasa Dragon bersama dua anggota kru lainnya yang ditugaskan dalam misi SpaceX Crew-9. Starliner diperkirakan akan berangkat dari stasiun luar angkasa dan melakukan re-entry dan pendaratan otonom yang aman dan terkendali pada awal September.

NASA dan Boeing mengidentifikasi adanya kebocoran helium dan mengalami masalah dengan pendorong kontrol reaksi pesawat ruang angkasa pada tanggal 6 Juni saat Starliner mendekati stasiun ruang angkasa.

Sejak saat itu, tim teknisi telah menyelesaikan sejumlah besar pekerjaan, termasuk meninjau kumpulan data, melakukan pengujian penerbangan dan pengujian di darat, mengadakan tinjauan independen dengan para ahli propulsi badan antariksa, dan mengembangkan berbagai rencana darurat untuk kembali ke Bumi.

Ketidakpastian dan kurangnya persetujuan para ahli tidak memenuhi persyaratan keselamatan dan kinerja badan antariksa untuk penerbangan antariksa manusia, sehingga mendorong pimpinan NASA untuk memindahkan para astronot ke misi Crew-9.

“Keputusan seperti ini tidak pernah mudah, tetapi saya ingin memuji tim NASA dan Boeing atas analisis mereka yang menyeluruh, diskusi yang transparan, dan fokus pada keselamatan selama Uji Penerbangan Kru,” kata Ken Bowersox, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Operasi Luar Angkasa NASA.

Baca Juga :   Galaxy Z Flip6, Siap Temani Gen Z Bikin Konten Olahraga Keren

“Kami telah belajar banyak tentang pesawat ruang angkasa selama perjalanannya ke stasiun dan operasi di darat. Kami juga akan terus mengumpulkan lebih banyak data tentang Starliner selama pengembalian tanpa awak dan meningkatkan sistem untuk penerbangan masa depan ke stasiun ruang angkasa.”

Starliner dirancang untuk beroperasi secara mandiri dan sebelumnya telah menyelesaikan dua penerbangan tanpa awak. NASA dan Boeing akan bekerja sama untuk menyesuaikan perencanaan akhir misi dan sistem Starliner agar siap untuk kembali tanpa awak dalam beberapa minggu mendatang. Starliner harus kembali ke Bumi sebelum misi Crew-9 diluncurkan untuk memastikan port docking tersedia di stasiun.

“Starliner adalah pesawat ruang angkasa yang sangat mumpuni dan, pada akhirnya, hal ini bermuara pada kebutuhan akan kepastian yang lebih tinggi untuk melakukan pengembalian berawak,” kata Steve Stich, manajer Program Awak Komersial NASA.

“Tim NASA dan Boeing telah menyelesaikan sejumlah besar pengujian dan analisis, dan uji coba penerbangan ini memberikan informasi penting tentang kinerja Starliner di luar angkasa. Upaya kami akan membantu mempersiapkan kembalinya tanpa awak dan akan sangat bermanfaat bagi tindakan korektif di masa depan untuk pesawat ruang angkasa.”

Baca Juga :   Pakar Kaspersky: Lebih dari Dua Insiden Siber Kritis Terjadi Per Hari di Tahun 2023

Program Awak Komersial NASA mengharuskan pesawat ruang angkasa menerbangkan penerbangan uji coba berawak untuk membuktikan bahwa sistem tersebut siap untuk penerbangan reguler ke dan dari stasiun ruang angkasa. Setelah kembalinya Starliner, badan antariksa tersebut akan meninjau semua data terkait misi untuk menginformasikan tindakan tambahan apa yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan sertifikasi NASA.

Misi SpaceX Crew-9 dari SpaceX, yang awalnya dijadwalkan dengan empat anggota kru, akan diluncurkan tidak lebih awal dari Selasa, 24 September. NASA akan membagikan lebih banyak informasi mengenai pelengkap Crew-9 ketika rinciannya telah diselesaikan.

NASA dan SpaceX saat ini sedang mengerjakan beberapa hal sebelum peluncuran, termasuk mengkonfigurasi ulang kursi di Crew-9 Dragon, dan menyesuaikan manifes untuk membawa kargo tambahan, barang pribadi, dan pakaian antariksa khusus untuk Wilmore dan Williams.

Selain itu, NASA dan SpaceX sekarang akan menggunakan fasilitas baru di Space Launch Complex-40 di Cape Canaveral Space Force Station di Florida untuk meluncurkan Crew-9, yang memberikan peningkatan fleksibilitas operasional di sekitar peluncuran Europa Clipper yang direncanakan oleh NASA.