Scroll untuk baca artikel
Industri

Pangsa Pengiriman OLED Smartwatch Buatan Tiongkok lebih dari 60 Persen

29
×

Pangsa Pengiriman OLED Smartwatch Buatan Tiongkok lebih dari 60 Persen

Sebarkan artikel ini
Pengiriman layar smartwatch global telah meningkat dari 259 juta unit pada tahun 2022 menjadi 351 juta unit pada tahun 2023. Pada tahun 2024, Omdia memperkirakan bahwa pengiriman layar smartwatch akan mencapai 359 juta unit, dengan TFT LCD sebesar 63% dan OLED sebesar 37%.

BISNISASIA.CO.ID, LONDON – Smartwatch, yang memiliki berbagai fungsi seperti fonetik, pemeriksaan kesehatan, pelacakan olahraga dan aktivitas, GPS, komunikasi, dan pemantauan data pribadi, semakin menarik perhatian pasca COVID-19.

Pengiriman layar smartwatch global telah meningkat dari 259 juta unit pada tahun 2022 menjadi 351 juta unit pada tahun 2023. Pada tahun 2024, Omdia memperkirakan bahwa pengiriman layar smartwatch akan mencapai 359 juta unit, dengan TFT LCD sebesar 63% dan OLED sebesar 37%.

OLED smartwatch merupakan segmen pasar kelas menengah hingga atas karena keunggulan visibilitasnya, rasio kontras lebih tinggi, faktor bentuk yang tipis dan ringan, serta konsumsi daya lebih rendah. Produsen OLED Tiongkok berkonsentrasi pada pasar OLED smartwatch dan kini memperluas basis pelanggan sekaligus meningkatkan kemampuan produksi mereka.

Baca Juga :   Yokogawa Tingkatkan Ketahanan Siber Melalui Fortinet’s Engage Partner Program

Menurut Small and Medium Display Market Tracker Omdia, LG Display memimpin pasar OLED smartwatch yang terutama memasok ke Apple Watch, sedangkan pangsa pasar produsen OLED Tiongkok telah meningkat sejak tahun 2023. Pada paruh pertama tahun 2024, pangsa pengiriman LG Display, EverDisplay (EDO) dan Tianma bersama-sama diperkirakan mencapai 53%, sedangkan produsen OLED Tiongkok sebesar 64%.

LG Display dan Japan Display menyediakan panel OLED fleksibel kelas atas dengan backplane LTPO untuk Apple Watch, sementara Samsung Display menyediakan OLED untuk Samsung Galaxy Watch. Namun produsen OLED Tiongkok seperti EverDisplay, Tianma, Visionox, BOE, dan Truly memperluas pengiriman panel OLED mereka berkat kesuksesan desain merek perangkat smartwatch seperti Fitbit, Garmin, BBK, Honor, OPPO, Xiaomi, dan Google. Sementara itu, penggunaan panel OLED pada smartwatch whitebox bukan merek terkenal mengalami peningkatan.

Baca Juga :   SIA Kenalkan Pengalaman Penerbangan Premium Economy Class dengan Peningkatan Pilihan Makanan

“Produsen TFT LCD Tiongkok seperti BOE telah mendominasi segmen TFT LCD smartwatch karena memiliki sumber daya yang ekstensif dan kesuksesan desain pelanggan. Sementara itu, produsen OLED Tiongkok sedang membangun kehadiran mereka di pasar OLED smartwatch. Dengan integrasi fungsi AI untuk semakin menghemat daya smartwatch, OLED diharapkan berperan penting dalam rantai pasokan smartwatch. Hal ini sangat penting karena beberapa merek smartwatch terkemuka menunda penggunaan layar mikro-LED akibat biaya tinggi dan masalah produksi,” kata David Hsieh, Senior Research Director Displays practice Omdia.

Baca Juga :   Terus Bertransformasi, Pelindo Multi Terminal Komitmen Terus Tingkatkan Layanan

“Selain itu, kami lihat produsen OLED smartwatch terus memperbarui rencana teknologi mereka agar lebih menghemat konsumsi daya, menambah visibilitas, dan meningkatkan daya tahan. Produsen OLED Tiongkok menjadi semakin penting dalam pengembangan rencana spesifikasi canggih ini.”