Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Canva Perkuat Upaya AI dengan peluncuran Lab Imajinasi 

10
×

Canva Perkuat Upaya AI dengan peluncuran Lab Imajinasi 

Sebarkan artikel ini
Canva

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Canva meluncurkan serangkaian produk dan fitur baru untuk mentransformasi bagaimana masyarakat mendesain di tempat kerja dan berbagai hal lainnya.

Pengumuman ini bertepatan dengan pencapaian penting yang diraih Canva, yakni 200 juta pengguna aktif bulanan, naik lebih dari 115 juta selama dua tahun terakhir, dan pendapatan tahunan sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Inovasi-inovasi terbaru Canva—termasuk teknologi AI generatif canggih dari Leonardo.Ai, yang baru saja diakuisisi oleh Canva—memperkenalkan kemungkinan menarik untuk pekerjaan yang lebih cerdas, kolaborasi yang lebih baik, dan pembuatan konten visual yang menakjubkan. Peluncuran Lab Imajinasi memungkinkan tim di segala industri dan profesi untuk menghadirkan beragam peluang baru dalam hal kreativitas, ketepatan desain, dan efisiensi bekerja.

Canva juga menyampaikan bahwa, lima bulan sejak diperkenalkannya Canva Perusahaan—paket langganan Canva untuk organisasi besar—pemimpin industri seperti NYSE, Atlassian, HP, Ray White, DHL Express, Tecnocasa, dan Docusign telah mulai memanfaatkan paket tersebut untuk menyederhanakan pembuat konten organisasi mereka dan memperluas jangkauan merek usaha mereka.

Seiring dengan meluasnya jangkauan Canva di berbagai tempat kerja, platform ini mengalami pertumbuhan yang pesat, ada 30 miliaran desain yang dibuat hingga saat ini, dengan kecepatan yang luar biasa, yakni 300-an desain baru setiap detik. Pengguna di lebih dari 190 negara juga telah membuat lebih dari 2,5 miliar presentasi dan 500 juta dokumen. Selain itu, penggunaan alat AI Canva juga  telah melesat, dengan lebih dari 10 miliar penggunaan hingga saat ini.

Baca Juga :   TECNO Pocket Go Raih Penghargaan Bergengsi AR Immersive PC Gaming Experience Innovation Gold Award

“Kami sangat gembira karena kini kami dapat memberdayakan 200 jutaan orang di hampir setiap negara di seluruh dunia. Entah itu 95% lebih perusahaan yang tercantum di Fortune 500 atau jutaan UMKM, para pelajar dan guru di ruang kelas, serta lembaga nirlaba. Ini tentu saja merupakan pencapaian yang sangat menyenangkan, tetapi kami tetap merasa baru mencapai 1% dari perjalanan,” ujar Melanie Perkins, salah satu pendiri dan CEO Canva dalam keteranganya, Selasa(22/10/2024).

Dikatakannya, seiring dengan upaya kami memberdayakan semua orang untuk mengubah ide mereka menjadi desain, kami memperkenalkan banyak fitur baru di Rangkaian Aplikasi Visual yang menengahi kreativitas dan produktivitas. Dari desain yang lebih interaktif hingga serangkaian peningkatan yang didukung AI, kami berharap fitur-fitur baru ini membantu komunitas kami untuk terus mencapai tujuan mereka.”
Memperkenalkan Lab Imajinasi yang didukung oleh Leonardo.Ai

Hanya tiga bulan sejak akuisisi Leonardo.Ai, Canva telah memperkenalkan Lab Imajinasi—alat AI generatif canggih yang dirancang untuk mengubah ide apa pun dari keterangan teks sederhana menjadi foto dan grafis yang sangat

dinamis. Didukung oleh model dasar milik Leonardo nan canggih bernama Phoenix, Lab Imajinasi menyempurnakan kemampuan pembuatan gambar AI Canva dengan mudah saat model ini mengubah inti ide menjadi hasil yang sangat memukau dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini akan mencakup:

Baca Juga :   Canva akan Akusisi Platform AI Generatif Leonardo.Ai

Canva bekerja sama dengan Leonardo.Ai untuk menghadirkan kemampuan AI yang lebih canggih bagi para pekerja profesional kreatif. Jutaan pengguna, mulai dari kreator konten hingga desainer profesional, arsitek, dan sutradara film, memercayai Leonardo.Ai karena kualitas dan fleksibilitasnya yang mutakhir.

Lab Imajinasi meningkatkan ketajaman hasil dari Studio Ajaib milik Canva yang mudah digunakan.

Secara bersamaan, Canva menegaskan kembali komitmennya terhadap penggunaan AI yang aman dan bertanggung jawab dengan memastikan Lab Imajinasi dicakup oleh Perisai Canva (Canva Shield), pendekatan Canva yang ketat dan terdepan di industri terhadap keandalan dan keamanan AI.

Kombinasi antara kemampuan membuat gambar yang ekstensif dan pustaka konten Canva yang berisi 100 jutaan elemen, para pengguna dapat mengakses pasokan konten dengan jumlah tak terhingga, sehingga selalu ada gambar yang sempurna untuk desain apa saja.

Misalnya pengarah seni dapat menghasilkan papan cerita (storyboard) lengkap, pengusaha dapat bereksperimen dengan membuat bermacam reka bentuk produk, tim pemasaran dapat membuat aset pemasaran dengan gaya desain khas merek tertentu, dan pengajar dapat menyusun materi pembelajaran yang menarik—semuanya dengan rasa percaya diri dan aman.

Mengungkap beragam fitur baru di Rangkaian Aplikasi Visual

Sejak pertama kali hadir, Rangkaian Aplikasi Visual milik Canva—yang meliputi Docs, Papan Tulis, Situs Web, Presentasi, dan Video—telah merombak cara tim berkolaborasi dan mentransformasi pembuatan konten dengan cara menggabungkan setiap kemampuan desain dan alat tempat kerja di satu platform yang mudah digunakan.

Baca Juga :   Dapatkan Sambutan Baik, AI Memajukan Komunikasi Visual dan Pembuatan Konten

Hanya dalam waktu dua tahun sejak diluncurkan pada acara perdana Canva Create, rangkaian produk ini telah mencapai beberapa tonggak penting yakni 2,5 miliar presentasi telah dibuat; >1.500/menit,  1,5 miliar video telah dibuat; >1.000/menit,  500 juta dokumen telah dibuat; 650/menit, hampir 80 juta situs web telah dibuat; 50/menit dan 240 juta papan tulis telah dibuat; produk ini paling pesat perkembangannya, jumlah pemakaian berlipat ganda di tahun ini.

Indonesia merupakan pasar terbesar Canva yang ke-3 di dunia. Kami menawarkan fitur, elemen, dan template lokal yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Beragam bisnis lokal, guru, dan siswa juga semakin banyak yang menggunakan Canva untuk memenuhi kebutuhan komunikasi visual mereka, ada 500 juta lebih presentasi yang dibuat dalam setahun terakhir.

Canva terus memperkuat komitmennya terhadap pasar Indonesia melalui kemitraan dengan GoPay—salah satu platform pembayaran terbesar di Indonesia—dengan memperkenalkan paket langganan Canva Pro berbiaya hemat dengan durasi 1 atau 7 hari di Indonesia.

Hal ini memungkinkan komunitas Canva di Indonesia memiliki opsi yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk mengakses fitur premium dan alat desain bertenaga AI.