Scroll untuk baca artikel
Nasional

24 Perempuan Lulusan Program Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Ramah Perempuan

31
×

24 Perempuan Lulusan Program Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Ramah Perempuan

Sebarkan artikel ini
“Graduation Day Perempuan Inovasi 2023” sekaligus menjadi ajang bagi peserta program untuk menunjukkan hasil pelatihan yang telah mereka terima di sesi “Demo Day”. 6 kelompok dari track WebDev dan UI/UX Design masing-masing berinovasi untuk melahirkan solusi bagi permasalahan yang sering kali dihadapi oleh sesama perempuan di bidang edukasi, pekerjaan, kesehatan, dan kesetaraan gender dalam pola asuh anak

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Program Perempuan Inovasi 2023 telah mencapai puncaknya dengan sukses. Para finalis program ini mendapat kesempatan untuk mempresentasikan inovasi yang telah mereka ciptakan dalam sesi “Demo Day” sebagai bagian dari acara “Graduation Day Perempuan Inovasi 2023”. Finalis yang meraih juara 1 dalam Program Perempuan Inovasi 2023 akan mendapatkan hadiah serta kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan layak.

Amanda Simanjuntak, Founder & CEO Markoding, berbagi, “Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari perjalanan istimewa para siswi Perempuan Inovasi. Melalui perayaan ‘Graduation Day’ ini, kami menunjukkan komitmen kami dalam mendukung inovasi teknologi di Indonesia. Kami yakin para siswi berprestasi ini akan meraih kehidupan yang lebih baik, peluang yang lebih luas, dan pendapatan yang lebih layak, yang pada gilirannya juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.”

Program ini dimulai dengan tahap registrasi yang telah melibatkan perempuan dari 37 provinsi di Indonesia, dengan total 16.596 peserta yang mengikuti Preliminary Round Basic Course. Ini adalah webinar pelatihan mengenai pengembangan web dasar dan desain UI/UX. Pada Final Round, 36 peserta yang terpilih mengikuti Tech Bootcamp yang memberikan beasiswa, dengan fokus pada pengembangan web full stack dan desain web UI/UX penuh. Setelah itu, para siswi memulai karier awal mereka dengan program magang, freelance, dan kesempatan kerja lainnya, bahkan sebagai wirausahawan. Perjalanan mereka dimulai dari awal, dengan para siswi terbaik mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan prototipe digital mereka dalam “Demo Day” dan merayakannya dalam “Graduation Day Perempuan Inovasi”.

Baca Juga :   Mentan Bersama KSAD Sepakat akan Perluas Areal Tanam Melalui Pompanisasi

Sebelum “Graduation Day”, dua siswi Perempuan Inovasi telah mendapatkan pekerjaan, yakni Diah Purnama Sari dari Track Pengembangan Web dalam bidang Keamanan Siber, dan Novita Lia Nurliam Sari dari Track Desain UI/UX sebagai pekerja lepas (freelance) UI/UX Designer untuk beberapa perusahaan sebelum menyelesaikan program Bootcamp Perempuan Inovasi 2023 ini.

Selama “Graduation Day”, Perempuan Inovasi juga mengumumkan para siswi terbaik yang mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi setelah menyelesaikan program bersama Perempuan Inovasi. Penghargaan ini dibagi menjadi dua kategori, yakni Pengembangan Web dan Desain UI/UX, dengan tiga (3) pemenang: juara 1, juara 2, dan juara 3.

Berikut adalah kelompok dari Track Pengembangan Web yang mempresentasikan inovasi mereka:

  • Kelompok Rohana Kuddus – Skilled Women: website yang mempermudah perempuan untuk memulai karier sukses, dengan memberikan akses ke pembelajaran tentang keterampilan dasar pekerjaan dan rekomendasi kelas online terkait.
  • Kelompok Dewi Sartika – SheTalk: platform untuk mendukung perempuan dalam berbagi pengalaman, pertanyaan, dan pengetahuan seputar kesehatan seksual dan reproduksi.
  • Kelompok Rangkayo Rasuna Said – Equip Parenting: Aplikasi seluler untuk meningkatkan pemahaman kesetaraan gender dalam pola asuh anak.
Baca Juga :   Jelang Pemilu 2024, Forkopimda Provinsi Banten Solid Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Pemilu 2024

Sementara itu, dari Track Desain UI/UX, berikut adalah kelompok yang mempresentasikan inovasi mereka:

  • Kelompok R.A. Kartini – Terang: aplikasi eksklusif untuk membantu perempuan memasuki dunia kerja, dengan menyediakan dukungan karier yang dibutuhkan kapan saja untuk perkembangan karir yang lebih baik.
  • Kelompok Cut Nyak Dien – SERA (Sexual Reproduction Assistance): Aplikasi seluler yang menyediakan informasi dan solusi mengenai kesehatan seksual dan reproduksi dengan pendekatan kecerdasan buatan (AI) yang mudah digunakan dan bermanfaat.
  • Kelompok Maria Ulfa Santoso – She Grows: Platform digital berbasis seluler untuk memberdayakan ekonomi perempuan, khususnya ibu rumah tangga, dengan menyediakan informasi tentang pekerjaan jarak jauh dan pelatihan untuk memasuki dunia kerja.

Dari keenam kelompok tersebut, dalam kategori Pengembangan Web, kelompok Rangkayo Rasuna Said – Equip Parenting: Diah Purnama Sari, Diandra Regita Abigail Damanik, Hamiyawati Qoimatu Dini Alfaruqi, dan Nazilah meraih posisi juara 1. Sedangkan dalam kategori Desain UI/UX, kelompok Maria Ulfa Santoso – She Grows, dengan anggota Novita Lia Nurliam Sari, Margaretha Hernawati, dan Salsabila Bazaluna Febriadini, menjadi juara 1.

“Dengan bangga, kami mendampingi para perempuan berprestasi ini. Bagi kami, ‘Graduation Day’ ini adalah momen kebanggaan, tidak hanya bagi Perempuan Inovasi tetapi juga bagi para siswi. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi kami dan mendorong perempuan Indonesia untuk terus berinovasi tidak hanya dalam teknologi digital, tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya. Kami berupaya untuk menciptakan generasi perempuan yang gemilang dan menjadi pemimpin masa depan,” ungkap Dian Sastrowardoyo, Founder Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Baca Juga :   Kemenperin Terima Sertifikat Tanah Negara Amankan Aset Negara

Seiring dengan berakhirnya “Graduation Day”, program batch 2 juga selesai dan menandai dimulainya kembali program beasiswa batch 3 bagi peserta. Fokus pembelajaran Perempuan Inovasi masih berada pada Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM). Kami berharap perempuan Indonesia memiliki lebih banyak ruang untuk tumbuh, bergerak, dan berdampak pada lingkungan sekitarnya.

Perempuan Inovasi lahir dari nilai dan visi untuk memberdayakan, menggali, dan meningkatkan potensi perempuan Indonesia, yang didukung oleh Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia. Misi kami adalah untuk menciptakan generasi perempuan Indonesia yang memiliki kekuatan, inovasi, kontribusi, dan dampak yang besar bagi bangsa.

Program Perempuan Inovasi merupakan serangkaian kegiatan yang memberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan abad ke-21 kepada perempuan Indonesia, yang kemudian dapat digunakan dalam dunia kerja profesional. Pelatihan dan materi pembelajaran Perempuan Inovasi mendapat perhatian dan dukungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (saf)