BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Bank terkemuka asal Singapura, UOB, dan perusahaan kartu pembayaran ternama asal Korea Selatan, Woori Card, anak usaha Woori Financial Group, hari ini mengumumkan nota kesepahaman (MoU) mengenai kerja sama kartu pembayaran inovatif yang bersifat resiprokal. Melalui kerja sama ini, pemegang kartu dari kedua perusahaan tersebut kini dapat saling memanfaatkan fasilitas yang tersedia di wilayah kerja masing-masing.
Kolaborasi ini merupakan yang pertama antara lembaga keuangan asal ASEAN dan Korea Selatan. Pemegang kartu kredit dan debit UOB di ASEAN yang berkunjung ke Korea Selatan akan menikmati fasilitas yang dimiliki pemegang kartu Woori Card di gerai-gerai lokal. Sebaliknya, sekitar 12 juta pemegang kartu Woori Card yang berkunjung ke Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Vietnam akan mendapatkan fasilitas yang dimiliki pemegang kartu UOB.
Kedua perusahaan akan mengkaji pola belanja pemegang kartunya di setiap negara untuk memilih fasilitas yang paling sesuai, termasuk kategori seperti ritel, restoran, atraksi wisata, perjalanan, dan akomodasi. Beberapa gerai yang sudah tertarik bergabung dalam kerja sama ini antara lain Club 21, COMO Group, dan Marina Bay Sands di Singapura, serta Shinsegae Duty Free dan SPC Group di Korea Selatan, yang memiliki jaringan restoran terkenal seperti Paris Baguette, Baskin Robbins, dan Shake Shack. Daftar lengkap gerai yang bergabung akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.
Pemegang kartu UOB dan Woori Card Mastercard akan mulai menikmati manfaat dari kolaborasi ini pada Triwulan IV-2024, bertepatan dengan musim liburan akhir tahun. Sementara, pemegang kartu Visa juga akan dapat bergabung dalam waktu dekat.
“Perjalanan wisata telah meningkat pesat beberapa tahun setelah pandemi Covid-19. Korea Selatan selalu menjadi salah satu destinasi favorit pelanggan kami. Melalui kemitraan resiprokal dengan Woori Card, pelanggan bisa memperoleh program promosi dan fasilitas terbaik, seperti warga lokal di Korea Selatan. Di sisi lain, kemitraan ini juga mempromosikan Singapura dan ASEAN sebagai destinasi pilihan warga Korea Selatan,” ujar Jacquelyn Tan, Head of Group Personal Financial Services, UOB.
“Kami berterima kasih atas dukungan Woori Card dalam kemitraan resiprokal yang inovatif ini. Dengan fasilitas unggulan dari kedua kartu ini, pelanggan akan memperoleh semakin banyak manfaat. Kemitraan ini mencerminkan komitmen UOB dalam memenuhi pilihan gaya hidup dan preferensi pelanggan dengan menyediakan berbagai manfaat di sektor pariwisata dan hiburan,” tambah Tan.
Andrew Park, Chief Digital Officer and Head of Group of Platform Business, Product Innovation and IT, Woori Card, mengatakan, “Kami gembira berkolaborasi dengan UOB. Kami sangat optimis bahwa kemitraan strategis ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang akan menikmati berbagai fasilitas dari UOB di gerai-gerai yang terletak di destinasi wisata favorit mereka.”
Korea Selatan sebagai Destinasi Favorit Pemegang Kartu UOB
Ide kerja sama kartu pembayaran resiprokal ini muncul setelah data UOB mengungkapkan bahwa Korea Selatan adalah destinasi wisata favorit pemegang kartu UOB di ASEAN. Korea Selatan juga menjadi destinasi terpopuler di Asia Pasifik versi pemegang kartu UOB, terlihat dari aktivitas belanja mereka yang menggunakan mata uang asing pada tahun lalu. Pemegang kartu asal Singapura paling banyak berbelanja di Korea Selatan pada 2023, diikuti oleh pemegang kartu asal Thailand dan Malaysia. Dari sisi pertumbuhan nilai belanja dengan kartu UOB, Korea Selatan mencatat kenaikan 60% secara tahunan pada tahun lalu, dengan pertumbuhan tertinggi berasal dari pemegang kartu asal Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
“Melalui kemitraan ini, Woori Card berkomitmen menyediakan program promosi yang paling relevan bagi pemegang kartu UOB ketika berlibur ke Korea Selatan. Dengan memanfaatkan hubungan yang terjalin dengan gerai-gerai yang paling banyak dikunjungi pemegang kartu UOB, kami akan mengembangkan program promosi yang dirancang khusus agar semakin banyak kemudahan yang didapatkan pemegang kartu UOB,” jelas Andrew Park, Woori Card.
Memperkuat Posisi UOB dan Woori Card di Segmen Pariwisata dan Hiburan
Kemitraan resiprokal ini melambangkan komitmen UOB dan Woori Card dalam melayani kebutuhan gaya hidup dan preferensi pelanggan dengan menyediakan berbagai manfaat di sektor pariwisata dan hiburan. Dengan demikian, kemitraan ini diharapkan akan meningkatkan industri pariwisata di Singapura, Korea Selatan, dan ASEAN.
Di antara empat kategori belanja teratas, yaitu gerai, restoran, perjalanan wisata, dan hiburan, dua kategori terakhir mengalami pertumbuhan tercepat dari sisi nilai tagihan kartu di antara pemegang kartu UOB sepanjang Triwulan I-2024. Kategori perjalanan wisata meningkat 23%, dan nilai tagihan kartu di pasar luar negeri meningkat 20%, sementara kategori hiburan meningkat lebih dari tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Dari sisi acquiring merchants, nilai belanja dengan kartu kredit dan debit VISA dan Mastercard meningkat 9% secara tahunan pada Triwulan I-2024. Kartu-kartu pembayaran yang terdaftar di luar negeri mencatat kenaikan di atas 16%, lebih dari dua kali lipat nilai tagihan kartu domestik yang mengalami pertumbuhan sebesar 7,5%. Salah satu faktor yang mendukung tren kenaikan ini adalah arus kunjungan wisatawan ke Singapura untuk menyaksikan konser dan pertunjukan kelas dunia, termasuk “Taylor Swift | The Eras Tour” dan “Ed Sheeran’s + – = ÷ × Tour”, serta kemitraan antara UOB, STB, dan Marina Bay Sands. Meskipun nilai tagihan kartu domestik meningkat 7,5%, nilai belanja pemegang kartu UOB di Singapura mencatat kenaikan hampir 20%. (saf)