Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Pasar Pariwisata Tiongkok Kian Membaik, SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com

18
×

Pasar Pariwisata Tiongkok Kian Membaik, SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com

Sebarkan artikel ini
SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sepuluh tahun setelah bermitra dengan Trip.com, SiteMinder, satu-satunya software yang dapat membuka potensi penuh pendapatan hotel, memperkuat kerjasamanya dengan online travel agent terkemuka tersebut agar lebih banyak hotel dapat mengakses pasar pariwisata outbound Tiongkok yang sedang meningkat.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Trip.com telah menandatangani kesepakatan untuk berpartisipasi dalam program terbaru SiteMinder, yaitu Channels Plus. Program ini turut menyederhanakan distribusi untuk hotel dengan memberikan akses ke berbagai saluran distribusi melalui satu pengaturan. Bagi Trip.com, kemitraan ini turut memberikan akses ke lebih banyak hotel dan kemampuan untuk memperluas inventarisnya guna memberikan pengalaman berwisata kelas dunia.

Kemitraan yang dicanangkan ini efektif diimplementasikan semenjak SiteMinder melaporkan bahwa selama tiga bulan pertama di 2024, jumlah pemesanan dari Tiongkok ke 41,000 hotel di bawah naungan SiteMinder telah meningkat 75% dari tahun sebelumnya. Sebagai cerminan dari kebiasaan belanja wisatawan Tiongkok yang sangat menguntungkan, rata-rata tarif harian dari pemesanan tersebut bernilai 10% lebih tinggi dari wisatawan global. Sebaliknya, dengan angka 21 hari, rata-rata waktu tunggu dari pemesanan turis Tiongkok 62% lebih rendah dari rata-rata global, memperlihatkan rendahnya sensitivitas mereka terhadap tarif kamar, serta kecenderungan untuk melakukan perjalanan dengan waktu perencanaan yang lebih singkat. Bahkan, SiteMinder’s Changing Traveller Report 2023 mencatatkan  bahwa wisatawan Tiongkok adalah wisatawan paling tahan harga (price-resilient) secara global.

Laporan yang sama dari SiteMinder menemukan bahwa 55% wisatawan Tiongkok melakukan riset dan memesan akomodasi menggunakan satu situs pemesanan atau aplikasi yang spesifik, seperti Trip.com.

“Ada indikasi yang jelas bahwa pasar wisatawan Tiongkok sedang mengalami pemulihan, dan kami sangat senang dapat membawa kemitraan kami dengan SiteMinder ke tahap  berikutnya untuk memastikan bahwa lebih banyak hotel di seluruh dunia yang memiliki kesempatan untuk memanfaatkan aliran pendapatan (revenue stream) yang kuat,” jelas Monica Xiao, CEO of Accommodation Business Group di Trip.com Group.

“Memasuki era baru pariwisata yang ditandai dengan lanskap kian dinamis dan mengharuskan para hotelier untuk mengevaluasi ulang serta meningkatkan revenue stream mereka, kami sangat senang dapat mengeratkan kemitraan kami dengan Trip.com, sebuah perusahaan yang terkenal atas inovasi dan jangkauan massalnya,” ujar Sankar Narayan, CEO dan Managing Director dari  SiteMinder.

Dengan lebih dari 2,150 mitra – mulai dari distribution channels  seperti Trip.com, aplikasi hotel, sistem manajemen serta konsultan perhotelan – ekosistem perhotelan yang dimiliki SiteMinder merupakan yang terbesar dalam industri hotel global. Skalanya menempatkan SiteMinder di posisi unik yang dapat menyederhanakan distribusi bagi hotel dan, oleh karena itu, program Channels Plus yang dimiliki perusahaan terus mendapatkan traksi dari merek-merek travel terkemuka. Sampai saat ini, SiteMinder telah menjalin kesepakatan dengan 14 mitra distribusi untuk programnya yang juga telah mengundang rasa penasaran dari hotel-hotel pelanggan perusahaan. Masa percobaan Channel Plus, yang diluncurkan hari ini, akan dapat diakses oleh sekitar 1,000 hotel dan akan secara perlahan-lahan diperluas sampai peluncuran Channel Plus untuk umum di akhir tahun ini.

Baca Juga :   Dampak AI di ASEAN, Maksimalkan Manfaat, Minimalkan Risiko dalam Ekonomi Digital Indonesia