Scroll untuk baca artikel
Finansial

Panduan Menuju Kesejahteraan Finansial untuk Jamin Masa Depan Anda!

26
×

Panduan Menuju Kesejahteraan Finansial untuk Jamin Masa Depan Anda!

Sebarkan artikel ini
Manulife Indonesia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kesejahteraan finansial adalah tujuan yang diidamkan oleh banyak orang. Menurut penelitian dari Centre for Social Impact & Social Policy Research Centre – University of New South Wales Sydney untuk Financial Literacy Australia, kesejahteraan finansial tercapai saat seseorang mampu mengelola pengeluaran, memiliki sisa uang, mengendalikan keuangan, serta merasa aman secara finansial, baik kini maupun nanti.

Pentingnya kesejahteraan finansial tidak bisa diabaikan karena sangat mempengaruhi kepuasan dan keamanan hidup secara keseluruhan. Mencapainya membutuhkan kebiasaan manajemen keuangan yang baik, kesadaran, dan perencanaan strategis.

Manulife Indonesia menyadari pentingnya kesejahteraan finansial dan berkomitmen membantu masyarakat Indonesia mencapainya melalui produk dan layanan inovatif.

Simak esensi kesejahteraan finansial dalam artikel ini dan bagaimana Manulife Indonesia dapat membantu Anda mengamankan masa depan finansial, memudahkan keputusan Anda, serta meningkatkan kualitas hidup.

Menyusun Rencana Keuangan yang Komprehensif

Mulailah dengan mengevaluasi situasi keuangan Anda saat ini, termasuk pendapatan, pengeluaran, aset, dan kewajiban. Tetapkan tujuan keuangan yang jelas, seperti menabung untuk pensiun, membeli rumah, atau menyiapkan dana darurat. Rencana keuangan yang baik berfungsi sebagai panduan dalam mengambil keputusan keuangan untuk mencapai tujuan finansial Anda.

Baca Juga :   VENTENY Gelar RUPS Tahunan dan Luar Biasa, VTNY Masuk Jajaran Papan Utama IDX Efektif Mei 2024

Membuat Anggaran dan Menabung dengan Bijaksana

Susun anggaran yang realistis mencakup semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Prioritaskan pengeluaran penting seperti kebutuhan pokok. Setelah itu, alokasikan dana untuk tabungan dan pembayaran utang. Penting juga untuk menyiapkan dana darurat setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup guna mengatasi biaya tak terduga tanpa mengganggu stabilitas keuangan.

Di era serba digital ini, mudah terjebak dalam kebiasaan belanja impulsif dan mengikuti tren. Hal ini dapat menyebabkan masalah keuangan dan pemborosan. Menerapkan gaya hidup hemat dan memastikan aktivitas sosial sesuai dengan situasi keuangan dapat membantu menjaga keseimbangan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Melindungi Diri dari Peristiwa Tak Terduga

Banyak peristiwa yang tidak dapat diprediksi, maka pastikan keamanan finansial dengan mempersiapkan diri untuk kejadian tak terduga seperti sakit, kehilangan pekerjaan, atau kematian. Mengelola risiko ini dengan bijak dapat mencegah kebutuhan berutang.

Baca Juga :   Lima Tren Yang Dapat Mempengaruhi Lanskap Asuransi Asia Tenggara Pada 2024  

Asuransi memiliki peran penting dalam perencanaan keuangan dengan memberikan perlindungan terhadap situasi tak terduga. Biaya kesehatan yang terus meningkat menambah pentingnya memiliki perlindungan kesehatan. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan bahwa klaim asuransi kesehatan meningkat hampir 30 persen dalam tiga tahun terakhir akibat inflasi medis. Tanpa perlindungan kesehatan, biaya tersebut dapat membebani keuangan pribadi.

MiUltimate HealthCare dari Manulife membantu mengelola biaya medis dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan dan limit tahunan berdasarkan plan yang dipilih. Anda akan mendapatkan penggantian biaya rumah sakit untuk penyakit atau kecelakaan, serta limit tahunan tambahan untuk penyakit kritis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ. Dengan asuransi ini, Anda dan keluarga terlindungi dari risiko biaya kesehatan yang tidak terduga.

Berinvestasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Investasi adalah kunci membangun aset dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Diversifikasikan investasi Anda di berbagai kelas aset, seperti saham, obligasi, dan properti untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga :   Manulife Indonesia Catat Kinerja Keuangan Solid pada 2023

Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penasihat keuangan guna mengembangkan strategi investasi sesuai kebutuhan dan profil risiko Anda. Alternatifnya, Anda dapat membeli produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi seperti MiSmart Insurance Solution (MiSSION), yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi untuk membantu Anda memenuhi aspirasi keuangan.

Merencanakan Masa Pensiun yang Aman

Pastikan stabilitas keuangan di hari tua dengan berkontribusi secara teratur ke akun pensiun seperti program pensiun DPLK atau program pensiun swasta. Anda juga dapat memulainya sejak dini dengan menggunakan Manulife Saving Protector (MSP) dari Manulife Indonesia, yang membantu mempersiapkan masa pensiun dan pendidikan anak-anak Anda.

Kesejahteraan finansial bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang keamanan, kebebasan mengelola keuangan, dan kesiapan untuk menata keuangan dengan tujuan yang jelas. (saf)