Scroll untuk baca artikel
FinansialHeadline

Laba Semester I 2024 Pertamina International Shipping Sentuh 280,9 Juta Dolar AS

30
×

Laba Semester I 2024 Pertamina International Shipping Sentuh 280,9 Juta Dolar AS

Sebarkan artikel ini
PT Pertamina International Shipping (PIS), anak usaha Pertamina dan induk subholding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang menyelenggarakan usaha pelayaran, jasa kelautan, dan logistic, kembali memperkuat posisinya sebagai pengangkut LPG 'top tier' di Asia Tenggara dengan menambah dua kapal tanker gas raksasa Very Large Gas Carrier (VLGC), yakni Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) mencetak kinerja gemilang di paruh pertama tahun 2024. PIS sukses membukukan laba sebesar US$ 280,9 juta, naik 103% dibanding periode serupa di tahun lalu yang berada di angka US$ 138,5 juta.

Perolehan laba hingga Juni ini sekaligus melewati RKAP tahun 2024, yang ditargetkan mencapai US$ 267,1 juta hingga akhir tahun ini.

“Dengan capaian ini, PIS optimistis kinerja tahun ini bisa melampaui tahun 2023. Tentunya tidak hanya dari sisi laba, tapi juga dari sisi pengembangan bisnis lainnya mulai dari perluasan pasar internasional, penambahan armada tanker, dan lainnya,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, Kamis (5/9).

Kenaikan laba ini didorong oleh kenaikan pendapatan, di mana selama pertengahan tahun pertama ini PIS membukukan sebesar US$ 1,72 miliar, naik 6% dibanding semester pertama tahun 2023 sebesar US$ 1,62 miliar.

Baca Juga :   VAST Catatkan Laba Hampir 6 Kali Lipat pada 2023

Begitu pula dengan EBITDA, yang juga tercatat naik 28% dari US$ 458,4 juta di semester pertama tahun lalu menjadi US$ 587,5 juta.

Sementara dari sisi komersial, PIS semakin agresif mengembangkan pasar non-captive.Terbukti, dengan porsi pasar non captive yang mencapai 19,2%.

Yoki menuturkan, PIS selaku Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) dari Pertamina Group, terus meningkatkan investasi dan kinerja perusahaan. Ini terlihat dari realisasi belanja modal (capital expenditure) perusahaan yang hingga Juni 2024 telah menyentuh angka US$ 312 juta.

Baca Juga :   Kebutuhan Pembiayaan Korporasi dan Penyaluran Kredit Baru Terindikasi Tumbuh Terbatas

Angka ini sendiri sudah mencapai 89% total realisasi investasi sepanjang 2023. Rencananya, PIS akan menggelontorkan hingga US$ 654,5 juta untuk investasi hingga akhir tahun 2024 untuk mendorong pertumbuhan bisnis secara signifikan.

Salah satu investasi yang menjadi andalan untuk mendorong pertumbuhan bisnis PIS di semester awal ini adalah dengan menambah armada-armada tanker baru untuk menguatkan bisnis di dalam maupun luar negeri.

Selama semester 1 tahun ini, PIS tercatat telah menambah 6 armada tanker baru. Termasuk dengan tanker-tanker pengangkut gas raksasa, sebagai wujud perusahaan dalam mempercepat transisi energi.

Sebanyak 4 tanker Very Large Gas Carrier (VLGC) yakni VLGC Pertamina Gas Caspia, VLGC Pertamina Gas Dahlia, VLGC Pertamina Gas Tulip, VLGC Pertamina Gas Bergenia , telah diluncurkan dan beroperasi pada tahun ini.

Baca Juga :   Xendit Ungkap Tantangan dan Peluang Fintech Indonesia di Tahun 2024

Bahkan, VLGC Pertamina Gas Dahlia telah mencetak prestasi sebagai kapal tanker milik Pertamina pertama yang sukses mengelilingi bumi dalam satu pelayaran, dengan kru 100% Indonesia.

Selain 4 VLGC, PIS juga memiliki 2 armada tanker Medium Range baru untuk mendukung ketahanan energi nasional sekaligus ekspansi market internasional yakni PIS Jawa dan PIS Kalimantan.

“Di awal tahun ini, PIS juga telah menandatangani kerja sama untuk pembangunan tanker baru yang akan siap dioperasikan dalam 2 -3 tahun mendatang. Aksi ini, kami yakini akan bisa terus mendukung pertumbuhan bisnis PIS sebagai urat nadi virtual energi nasional, maupun bisnis maritim secara global,” lanjut Yoki.