BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Merayakan Idul Adha 1446 Hijriah, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali berbagi dengan masyarakat lewat penyaluran hewan kurban. Tak seperti program sosial biasa, kegiatan ini melibatkan langsung para karyawan sebagai relawan melalui inisiatif Evolution, sebuah program sosial berbasis keterlibatan sukarela.
Sebanyak 45 sapi disalurkan ke berbagai wilayah, termasuk 9 kelurahan di Kota Bontang serta kantor perwakilan Pupuk Kaltim di Samarinda dan Balikpapan. Di Papua Barat, 14 sapi dikirimkan ke lima distrik di Kabupaten Fakfak. Seluruh proses distribusi dilakukan sebelum Hari Raya Idul Adha dan langsung diantar oleh para karyawan yang tergabung sebagai relawan.
“Program ini menjadi kesempatan bagi kami untuk tidak hanya memberi, tapi juga hadir di tengah masyarakat,” ujar Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo pada Senin, 9 Juni 2025. Ia menekankan pentingnya membangun kebersamaan dan kedekatan yang nyata antara perusahaan dan masyarakat, terutama di momen keagamaan yang sarat nilai solidaritas seperti Idul Adha.
Lebih dari Sekadar CSR
Evolution bukan sekadar program tanggung jawab sosial perusahaan. Inisiatif ini memberikan ruang bagi para karyawan untuk turun langsung ke lapangan, tidak hanya membawa bantuan, tapi juga menjalin silaturahmi.
Pada kegiatan yang berlangsung 6 hingga 7 Juni di Bontang, tercatat 82 karyawan dari berbagai divisi ikut serta. Mereka tidak hanya mendistribusikan hewan kurban, tapi juga berinteraksi dengan warga dan memastikan kegiatan berlangsung lancar dan tepat sasaran.
“Melalui Evolution, kami ingin membangun sinergi jangka panjang antara insan Pupuk Kaltim dan masyarakat. Bukan hanya saat Idul Adha, tapi juga dalam kegiatan sosial lainnya,” lanjut Soesilo.
Menjangkau Lebih Banyak, Memberdayakan Lebih Luas
Ke depan, program Evolution akan terus dikembangkan untuk menjangkau lebih banyak penerima manfaat. Fokusnya bukan hanya pada pemberian, melainkan pemberdayaan yang berdampak jangka panjang. Inovasi dan inisiatif dari para karyawan juga terus didorong agar manfaat yang dirasakan masyarakat semakin luas dan berkelanjutan.
“Kami percaya karyawan adalah jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan masyarakat. Lewat Evolution, kami ingin terus menghadirkan kontribusi nyata yang bisa mendukung pembangunan sosial dan ekonomi lokal di wilayah operasional kami,” tutup Soesilo.
Idul Adha bukan hanya tentang berbagi daging kurban. Bagi Pupuk Kaltim, ini juga tentang memperkuat nilai kemanusiaan dan kebersamaan yang menjadi fondasi hidup bermasyarakat.