BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) rayakan dimulainya produksi massal Hyundai STARGAZER Cartenz dan STARGAZER Cartenz X, dua model terbaru yang dirancang dan dikembangkan dengan fokus utama pada kebutuhan masyarakat Indonesia untuk jalanan Indonesia. Dimulainya produksi massal dua model ini mengikuti peluncuran resmi ke Masyarakat yang berlangsung di GIIAS 2025 beberapa waktu lalu.
Nama “Cartenz” dipilih dengan penuh makna. Terinspirasi dari Puncak Cartenz, titik tertinggi di Indonesia, nama ini merepresentasikan visi Hyundai untuk mencapai standar yang lebih tinggi dalam setiap aspek, mulai dari desain, kenyamanan, hingga teknologi.
Filosofi ini mencerminkan semangat Hyundai untuk selalu memberikan yang terbaik serta menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan kendaraan yang lahir dari Indonesia dengan standar Hyundai global.
Bang Hyun Chul, Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dalam pidatonya menjelaskan, “Dimulainya produksi massal STARGAZER Cartenz dan STARGAZER Cartenz X di fasilitas kami menandai komitmen nyata Hyundai dalam menyediakan kendaraan yang dibangun khusus untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia.
Dengan desain yang dirancang menghadirkan kenyamanan, kekuatan, dan inovasi, kedua model ini mewakili karakter mobil yang cocok untuk kondisi dan harapan masyarakat Indonesia. Ke depan, model ini juga akan diperkenalkan ke berbagai pasar global, sebagai bagian dari peran strategis Indonesia dalam jaringan manufaktur dengan kualitas tinggi berstandar internasional.”
Diproduksi di pabrik Hyundai yang modern dan berteknologi tinggi, STARGAZER Cartenz dan Cartenz X dilengkapi berbagai fitur canggih yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Teknologi keselamatan Hyundai SmartSense menjadi salah satu andalannya, termasuk fitur seperti Smart Cruise Control with Stop & Go, Surround View Monitor, hingga Blind Spot View Monitor. STARGAZER Cartenz X juga menawarkan kenyamanan lebih lewat teknologi tuas transmisi Shift-by-Wire dan desain interior yang fungsional, lengkap dengan pengaturan kursi elektrik serta ventilated seat.
Tak cuma itu, fitur konektivitas Bluelink turut meningkatkan keamanan dengan kendali mudah dari ponsel. Kedua model ini turut dibekali Built-in Navigation dan perintah suara dengan Bahasa Indonesia untuk mendukung mobilitas yang praktis dan efisien dalam berkendara sehari-hari.
Dalam proses manufakturnya, Hyundai beroperasi dengan pendekatan ramah lingkungan dan ramah pekerja. Dalam proses produksi, Hyundai juga melibatkan banyak pemasok lokal sebagai bagian dari strategi industrialisasi nasional. Hal ini sejalan dengan komitmen HMMI untuk tumbuh dan berkembang bersama Indonesia, tidak hanya sebagai produsen, tetapi juga sebagai mitra strategis dalam membangun ekosistem otomotif yang berdaya saing tinggi.
STARGAZER Cartenz dan STARGAZER Cartenz X tidak hanya ditujukan untuk pasar domestik. Keduanya juga disiapkan untuk diekspor ke berbagai negara, dengan pengembangan lanjutan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di masing-masing pasar global. Langkah ini menunjukkan keseriusan Hyundai dalam menghadirkan produk yang relevan dan bermakna bagi setiap negara, sekaligus memperkuat peran strategis Indonesia sebagai pusat produksi global Hyundai.
Dengan Langkah ini, Hyundai sekali lagi menunjukkan dedikasinya untuk menjadi bagian dari perjalanan mobilitas masyarakat Indonesia—dengan produk yang tidak hanya membanggakan secara kualitas, desain dan teknologi, tetapi juga membawa Indonesia ke panggung otomotif dunia.
PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) berdiri pada tahun 2019. Perusahaan ini adalah anak perusahaan manufaktur dari Hyundai Motor Company, yang mengelola investasi Hyundai di Indonesia, ASEAN Manufacturing Hub di Kota Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat.
Pabrik Hyundai di Indonesia mewakili investasi sekitar USD 1,55 miliar hingga 2030, termasuk pengembangan produk dan biaya operasi. Fasilitas baru ini telah memulai produksi komersialnya di awal 2022 dengan kapasitas tahunan 150.000 unit dan ditargetkan mencapai 250.000 unit per tahun ketika mencapai kapasitas penuh.
Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal Indonesia, manufaktur ramah lingkungan ini juga mengekspor produk Hyundai dengan standar Global ke pasar utama di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Tengah juga Meksiko.