Scroll untuk baca artikel
Industri

Dua Inisiatif OYO yang Tingkatkan Peringkat Penilaian Pelanggan

31
×

Dua Inisiatif OYO yang Tingkatkan Peringkat Penilaian Pelanggan

Sebarkan artikel ini
Untuk mendukung pencapaian target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1.2 hingga 1.4 miliar perjalanan pada tahun 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memajukan sektor pariwisata melalui digitalisasi dan inovasi. Melalui dukungan dari pemain industri ini, diharapkan pergerakan wisatawan nusantara meningkat secara signifikan untuk memperkuat daya tarik destinasi wisata di seluruh Indonesia. Upaya ini tercermin dari keberhasilan OYO mencatat peningkatan pendapatan di kuartal kedua sebesar 9.5 persen jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – OYO, platform penyedia akomodasi terkemuka dunia, mencatat pertumbuhan signifikan dalam penilaian pelanggan selama lima bulan pertama tahun 2024. Rata-rata penilaian pelanggan untuk properti OYO di Indonesia mencapai 4.4+ (dari 5), dengan lebih dari 68 persen pelanggan memberikan peringkat bintang 5. Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu pelanggan yang menginap di properti OYO di seluruh Indonesia selama periode tersebut. Peningkatan peringkat pelanggan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan kualitas layanan, kebersihan, dan kenyamanan di setiap properti. OYO juga mencatat peningkatan peringkat hotel-hotel mereka di platform pemesanan perjalanan lainnya seperti Agoda, Booking.com, dan Traveloka.

Data internal OYO menunjukkan bahwa kenaikan peringkat penilaian pelanggan ini didorong oleh dua program inisiatif utama. Pertama, program yang berfokus pada peningkatan pengalaman tamu yang diluncurkan pada Desember 2023. Inisiatif ini mencakup pelatihan staf, perbaikan dan kelengkapan fasilitas, serta pelatihan ekstensif pada staf untuk keterampilan pemecahan masalah, guna memberikan solusi yang efektif terhadap permintaan dan masalah tamu. Program ini terbukti berhasil meningkatkan peringkat penilaian pelanggan.

Kedua, program Company Service yang diluncurkan pada Februari lalu, juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan peringkat pelanggan. Setelah mendapat respons positif, OYO mencatat peningkatan rating pelanggan sebesar 15% di hotel-hotel yang dikelola sendiri dalam tiga bulan pertama sejak peluncurannya. Hingga kini, 30 properti telah bergabung dalam program ini, dengan proyeksi pertumbuhan hingga akhir tahun 2024. Setiap properti Company Service dikurasi dengan cermat berdasarkan standar kualitas yang ekstensif, ditempatkan di lokasi strategis, dan dioperasikan oleh profesional untuk memastikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Peningkatan ini mencerminkan komitmen OYO untuk menyediakan pengalaman menginap yang unggul bagi para tamu di seluruh Indonesia. OYO telah berhasil meluncurkan dan mengelola sejumlah properti di berbagai kota di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan akomodasi terkemuka.

Baca Juga :   Ramadan Menginspirasi Setiap Orang Menjadi Awesome Everyday

Salah satu tamu di Townhouse OAK Signature Bali memberikan ulasan sangat positif: “Pengalaman check-in benar-benar luar biasa! Fasilitasnya sangat bagus dan stafnya sangat sopan dan membantu. Benar-benar pengalaman bintang 5!” Tamu lainnya, Sulaiman, menyatakan bahwa ia terkesan dengan waktu check-in dan check-out yang fleksibel serta proses pemesanan yang cepat di aplikasi OYO.

Hendro Tan, Country Stock and OYO Indonesia, mengatakan, “Pencapaian kami dalam waktu singkat ini membuktikan dedikasi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan layanan bagi industri pariwisata. Kami berdedikasi untuk memanfaatkan teknologi, analisis data, dan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi operasional. Kami juga akan terus memperluas portofolio dan membangun ekosistem kolaboratif yang berfokus pada kepuasan pelanggan.”

Baca Juga :   OYO Luncurkan Program Skema Swadana Diskon VALUESTAY 15%

Konsistensi OYO dalam memperkuat identitas sebagai pemimpin pasar juga tercermin dalam dukungan mereka terhadap penerapan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment, dan Sustainability) serta inisiatif sanitized stay dan contactless check-in di seluruh properti OYO di Indonesia. Selain berfokus pada ekspansi, OYO juga memperkenalkan program ‘Managed by OYO’ pada tahun 2024 sebagai skema bisnis baru yang bertujuan membantu pemilik properti bermitra dengan pengusaha lokal dalam mengelola operasional harian mereka. Program Super OYO memberikan apresiasi pada mitra properti yang berhasil memenuhi parameter kepuasan pelanggan dan pelayanan maksimal. Bagi pelanggan setia, OYO Wizard menawarkan keanggotaan dengan berbagai keuntungan, termasuk properti dengan rating tinggi dan harga terbaik, sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis OYO tahun ini. (saf)