Scroll untuk baca artikel
Industri

Agoda dan Archipelago International Bersinergi Perkuat Pariwisata Indonesia Lewat Flagship Store Baru

2
×

Agoda dan Archipelago International Bersinergi Perkuat Pariwisata Indonesia Lewat Flagship Store Baru

Sebarkan artikel ini
– Platform perjalanan digital Agoda mengumumkan kemitraan baru dengan Archipelago International, perusahaan manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara, untuk memperluas pilihan bagi wisatawan serta memperkuat posisi kedua brand di tingkat regional. Melalui kolaborasi ini, sebanyak 193 akomodasi Archipelago International yang meliputi hotel bisnis, resor liburan, hingga hotel bergaya boutique, kini tersedia di platform Agoda melalui toko unggulan (Flagship Store) Archipelago yang baru diluncurkan. Pusat brand khusus ini memudahkan wisatawan menemukan dan memesan berbagai akomodasi terpercaya di Indonesia, seperti ASTON Anyer Beach Hotel, Harper Malioboro, Royal Kamuela Ubud, dan The Alana Hotel and Conference.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA — Platform perjalanan digital Agoda menjalin kemitraan strategis dengan Archipelago International, grup manajemen hotel terbesar di Asia Tenggara, untuk memperluas akses wisatawan terhadap berbagai pilihan akomodasi di Indonesia.

Kolaborasi ini menandai langkah besar dalam memperkuat ekosistem pariwisata nasional di tengah meningkatnya minat wisatawan domestik dan mancanegara.

Melalui kerja sama ini, sebanyak 193 hotel dan resor Archipelago International kini dapat ditemukan di Flagship Store Archipelago yang hadir secara eksklusif di platform Agoda.

Melalui pusat brand khusus ini, wisatawan dapat dengan mudah menelusuri dan memesan hotel-hotel populer seperti ASTON Anyer Beach Hotel, Harper Malioboro, Royal Kamuela Ubud, dan The Alana Hotel and Conference Center hanya dalam satu tempat.

Indonesia Jadi Fokus Pertumbuhan Pariwisata di Agoda

Berdasarkan data Agoda, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai destinasi paling banyak dicari di Asia sepanjang 2025, dengan peningkatan pencarian mencapai 21% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan terbesar datang dari wisatawan asal:

  • Korea Selatan (+36%)
  • Malaysia
  • Singapura
  • Australia
  • Jepang

Selain destinasi populer seperti Bali, Jakarta, dan Batam, beberapa daerah lain juga mengalami lonjakan minat signifikan, seperti Labuan Bajo (+66%) dan Medan (+47%).

Baca Juga :   BCA Tebar Promo Cashback hingga Cicilan BCA 0% di BCA Singapore Airlines Travel Fair 2025  

Pernyataan Agoda dan Archipelago: Fokus pada Kolaborasi dan Pengalaman Wisata

Menurut Andrew Smith, Senior Vice President of Supply Agoda, kemitraan ini sejalan dengan fokus perusahaan untuk menghubungkan lebih banyak wisatawan dengan akomodasi terbaik di Indonesia.

“Indonesia tetap menjadi pasar utama bagi pertumbuhan Agoda. Melalui peluncuran Archipelago Flagship Store, kami memanfaatkan teknologi dan jaringan Agoda untuk menghadirkan pilihan akomodasi berkualitas dari Archipelago kepada wisatawan Asia. Kolaborasi ini memperkuat layanan kami di Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan bersama di pasar yang dinamis,” ujarnya.

Sementara itu, Chris Legaspi, Chief Commercial Officer Archipelago International, menilai kerja sama ini sebagai langkah strategis dalam memperluas jangkauan global merek Archipelago.

“Kemitraan dengan Agoda membuka peluang baru bagi kami untuk menjangkau lebih banyak wisatawan internasional. Melalui Flagship Store di Agoda, kami dapat memperkenalkan berbagai brand hotel kami secara lebih terfokus, serta memanfaatkan kemampuan pemasaran dan distribusi berbasis data Agoda untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan pendapatan,” jelasnya.

Baca Juga :   Produk Manufaktur Terus Dominasi Ekspor Nasional

Sinergi Teknologi dan Jaringan untuk Dorong Ekosistem Pariwisata

Berbeda dari penawaran hotel konvensional, Archipelago Flagship Store di Agoda berfungsi sebagai showcase digital yang mengintegrasikan seluruh portofolio merek Archipelago ke dalam satu ruang interaktif. Inisiatif ini juga memanfaatkan teknologi pemasaran multikanal Agoda, seperti kampanye digital, personalisasi berbasis data, dan strategi promosi lintas pasar, untuk memperkuat eksposur merek serta meningkatkan tingkat konversi pemesanan.

Dengan menggabungkan kekuatan distribusi dan insight data Agoda serta reputasi merek Archipelago yang kuat di kawasan, kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan pariwisata dan memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi unggulan di Asia Pasifik.

Pariwisata Indonesia Kian Diminati di Pasar Asia

Indonesia terus menjadi sorotan di kawasan, terutama dengan semakin berkembangnya infrastruktur wisata, pertumbuhan ekonomi digital, dan peningkatan konektivitas udara. Melalui kolaborasi ini, Agoda dan Archipelago turut mendukung visi pemerintah Indonesia untuk mencapai target 14 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2025 serta memperkuat kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional.

Baca Juga :   Resmi Bertransformasi, Virama Karya Jadi Agrinas Jaladri dan Fokus Sektor Perikanan Nasional

Tentang Agoda

Agoda adalah platform perjalanan digital global yang menyediakan akses ke lebih dari 6 juta hotel dan akomodasi liburan, penerbangan, dan aktivitas wisata di seluruh dunia.
Berkantor pusat di Singapura, Agoda merupakan bagian dari Booking Holdings (Nasdaq: BKNG) dengan lebih dari 7.000 staf di 27 negara, yang berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi terbaik dalam mempermudah perjalanan.
Melalui divisi B2B dan Rocket Travel by Agoda, perusahaan juga membantu mitra strategis meluncurkan platform perjalanan dan program loyalitas yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan global.

Tentang Archipelago International

Archipelago International adalah grup perhotelan swasta terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 45.000 kamar di 300+ hotel yang tersebar di Asia Tenggara, Timur Tengah, Oseania, Karibia, dan Amerika Latin.
Portofolionya mencakup 13 merek hotel pemenang penghargaan, termasuk Aston, Alana, Harper, Kamuela, Quest Hotels, NEO, fave, Nordic, Huxley, Avanika, Four Corners, Powered by Archipelago, dan Aston Collection Hotels. Informasi lebih lanjut dapat diakses di www.archipelagohotels.com.