BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan dua program aktivasi digital, yaitu Pukis Kemerdekaan dan Pesona #PromoMerdeka. Program ini melibatkan para mitra co-branding Wonderful Indonesia yang siap memeriahkan perayaan HUT RI.
Pukis Kemerdekaan merupakan aktivasi digital yang akan diselenggarakan melalui akun Instagram @Pesona.Indonesia. Setiap pekannya, akun tersebut akan mengadakan kuis bertema kekayaan destinasi pariwisata Indonesia. Aktivasi ini diikuti oleh 17 mitra co-branding Wonderful Indonesia yang berpartisipasi dalam menyediakan hadiah untuk puluhan pemenang setiap minggunya.
Sementara itu, Pesona #PromoMerdeka adalah kampanye digital yang diluncurkan untuk mendukung program promosi mitra co-branding dalam rangka perayaan HUT RI ke-79. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan melalui aktivasi ini brand dapat berinteraksi dengan end consumer sehingga meningkatkan shared engagement. Sebanyak 28 mitra berpartisipasi menyemarakkan aktivasi Pesona #PromoMerdeka.
Berikut mitra yang menjadi bagian dari aktivasi Co-branding HUT RI
Trac
Heha
Finna
Bintang Toedjoe
Avoskin
Diskovera
Kinderkloud
Sila Tea
Saloka Theme Park
Atourin
Intibios
Atlas Beach Club
Silverqueen
Kara
Beachwalk
Homeliv
Cimanggis Golf
Paxel
Meg Cheese
Grab
Parador
Studio Dapur
Bakmi Naga Resto
Formula
The Palace
ASDP Ferry
Trijee
Taro
HUT Republik Indonesia menjadi salah satu jendela aktivasi bagi para mitra co-branding untuk memberikan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Masyarakat disuguhkan berbagai promo dan hadiah menarik selama periode program ini berlangsung.
Kegiatan ini diharapkan menambah semarak perayaan kemerdekaan Indonesia. “Kami mengajak para mitra untuk terlibat secara aktif dalam berbagai aktivasi pada momen-momen akbar seperti Hari Kemerdekaan, Pemilu, Hari Raya, dan momentum libur sekolah. Untuk mendukung aktivasi tersebut, kami ditunjang oleh kanal-kanal own media seperti @pesona.indonesia, @wonderfulindonesia, @creativebyIndonesia dan indonesia.travel,” ungkap Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Titus Haridjati.
Selain aktivasi HUT RI, tim co-branding Wonderful Indonesia juga akan mempersiapkan aktivasi-aktivasi menarik lainnya di akhir tahun ini yaitu Road to Mandalika, 11.11 Flash Sale, dan Wonderful Indonesia Co-branding Awards.
“Kami juga akan terus membuka kesempatan kepada para pelaku industri dari berbagai latar belakang untuk bergabung dalam ekosistem Co-branding Wonderful Indonesia jika mereka memiliki visi misi yang sama yaitu mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif,” tambah Titus.
Selain itu, “Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia ini telah hadir sejak tahun 2017 dan terus kami kelola. Kini, kami intensif melakukan inovasi untuk kolaborasi, baik aktivasi yang dilakukan bersama mitra Co-branding Wonderful Indonesia maupun penempatan logo. Kami juga memastikan program ini memberikan manfaat bagi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ucap Deputi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ni Made Ayu Marthini.
Co-branding adalah upaya Kemenparekraf untuk meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia dengan berkolaborasi bersama industri.