BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-80, Starbucks memulai perjalanan merayakan kekayaan dan keberagaman budaya bangsa dengan meluncurkan beberapa produk minuman, makanan, dan koleksi merchandise istimewa yang menggambarkan keberagaman budaya Indonesia.
Tak hanya minuman yang mengangkat Sumatra sebagai “bintang”-nya, Starbucks juga mengeluarkan makanan dengan cita rasa Tanah Air dan juga merchandise yang menampilkan semangat unik dari tujuh kota ikonis di Indonesia: Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Lombok, ditambah edisi khusus Indonesia.
“Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi menginspirasi koleksi produk dan merchandise yang Starbucks keluarkan di tahun ini untuk merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-80. Koleksi merchandise yang menggambarkan keindahan Indonesia dan tujuh kota besarnya kami angkat untuk melihat benang sejarah, tradisi, dan modernitas, sehingga menginspirasi koleksi merchandise yang unik. Dari hiruk pikuk kota metropolitan Jakarta hingga keindahan Bali yang menenangkan, setiap desain menangkap esensi kotanya masing-masing,” ungkap Jojor Sabella Ignasia, Head of Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia.
“Dan tak hanya merchandise, kami juga merayakan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia dengan sentuhan modern melalui produk makanan dan minuman yang kita keluarkan di bulan ini,” tambahnya.
Untuk minuman, kali ini Starbucks meluncurkan Salted Caramel Espresso con Crema dengan menggunakan kopi single-origin Sumatra. Sedangkan untuk makanan, ada tiga varian baru yang mengangkat cita rasa masakan khas Indonesia namun dengan sedikit sentuhan modern: Chicken Lemper Croissant, Cheesy Sweet Corn Muffin dan Tuna Woku Puff yang menggugah selera.
Dan pada merchandise, Anda bisa mendapatkan koleksi tumbler, demitasse, mug keramik serta figurine berbentuk Bearista yang menampilkan ilustrasi menarik dari tujuh kota ikonis di Indonesia: Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Lombok, ditambah edisi khusus Indonesia.
Koleksi ini lebih dari sekadar merchandise; ini adalah ajakan untuk menjelajahi jiwa Indonesia, satu kota pada satu waktu. Ini adalah perayaan keragaman bangsa, penghormatan terhadap sejarahnya yang kaya, dan pengingat akan keindahan yang terhampar di setiap sudut Nusantara ini.
Koleksi merchandise sudah bisa didapatkan sejak akhir Juli 2025 dan terus akan dikeluarkan secara bertahap hingga September 2025.
Pelanggan juga bisa mendapatkan stiker koleksi ini secara cuma-cuma setiap bertransaksi minimum Rp85ribu untuk makanan dan/atau minuman di seluruh gerai Starbucks di Indonesia. Dan untuk melengkapi koleksi, pelanggan bisa mendapatkan Bearista figurine dalam bentuk blind box untuk setiap transaksi mininum Rp200ribu untuk minuman dan/atau makanan, selama persediaan masih ada.