Scroll untuk baca artikel
Finansial

Strategi HOKI Dorong Penjualan Beras Sehat, Dailymeal Catat Lonjakan 321% YoY di Kuartal I 2025

19
×

Strategi HOKI Dorong Penjualan Beras Sehat, Dailymeal Catat Lonjakan 321% YoY di Kuartal I 2025

Sebarkan artikel ini
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras terkemuka dengan merek ‘Topi Koki’ dan ‘Dailymeal’ semakin agresif dalam memperkuat lini bisnisnya dengan memacu penjualan alternatif beras putih melalui produk-produk Dailymeal

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Transformasi bisnis PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI), produsen beras Topi Koki yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, mulai menunjukkan hasil signifikan.

Di tengah dinamika industri pangan, HOKI membukukan penjualan bersih sebesar Rp365,3 miliar pada kuartal I 2025. Angka ini mencerminkan pertumbuhan 56,3% secara kuartalan (QoQ), meski masih tercatat turun 27,0% secara tahunan (YoY) akibat tingginya permintaan dan stok rendah pada kuartal pertama 2024.

Pendorong utama pemulihan ini adalah lini produk beras sehat HOKI yang dipasarkan melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Produk-produk Dailymeal dan Hokairi (Japonica) Rice menunjukkan lonjakan permintaan signifikan, dengan pertumbuhan penjualan sebesar 321% YoY.

Baca Juga :   Catatkan Pertumbuhan Positif di 2023, Laba BCA Syariah Naik 30,8%

Produk seperti Nasi Jagung, Nasi Singkong, dan Beras Merah mendapatkan respons positif berkat keunggulannya sebagai pangan sehat dengan indeks glikemik rendah, kaya serat, dan mendukung gaya hidup modern yang lebih sadar gizi.

Diversifikasi dan Ekspansi Strategis

Segmen penjualan beras melalui entitas inti, PT Buyung Poetra Sembada (BPS), dan anak usaha HDN mencatatkan total penjualan Rp391,4 miliar, dengan kontribusi laba bersih Rp2,2 miliar. Sementara itu, bisnis HOKI lainnya di bidang penyewaan pembangkit listrik turut menyumbang laba bersih tambahan sebesar Rp1,8 miliar, memperlihatkan diversifikasi usaha yang tetap memberikan kontribusi positif terhadap neraca keuangan perusahaan.

Baca Juga :   Peran DANA Menjaga Ekosistem Digital, Pemberantasan Judi Online

Sejalan dengan visinya menjadi pelaku FMCG modern, HOKI terus berinvestasi dalam infrastruktur dan inovasi produk. Salah satu langkah penting adalah pembangunan pabrik beras sehat Dailymeal di Jawa Tengah melalui anak usaha PT Koki Sehat Sejahtera (KSS), yang dijadwalkan mulai beroperasi pertengahan 2025.

Direktur HOKI, Budiman Susilo, mengungkapkan keyakinannya terhadap strategi jangka panjang perusahaan. “Tahun ini, Perseroan akan terus mendorong kinerja melalui perbaikan margin dari produk-produk bernilai tambah lebih, diversifikasi produk, serta penambahan channel-channel distribusi yang baru,” ujarnya.

Fokus pada Produk Bernilai Tambah

Dalam rangka memperluas jangkauan pasar, HOKI menargetkan peningkatan penetrasi distribusi nasional, didukung kampanye brand awareness untuk lini produk beras sehat. Dengan semakin banyaknya konsumen yang beralih ke makanan rendah gula dan tinggi serat, HOKI menilai momentum ini sebagai peluang strategis untuk memperkuat posisi pasarnya.

Baca Juga :   Ingin Mulai Investasi? Kenali 5 Tipe Investasi Sesuai Karakter

Pada awal 2025, HOKI juga memperkenalkan produk baru Porang Cassava, sebagai solusi pangan sehat dengan harga terjangkau dan nilai gizi tinggi. Ke depan, inovasi produk yang ditopang oleh tim R&D internal menjadi tumpuan utama pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

“Kami akan terus mengembangkan produk beras sehat lainnya sebagai fokus utama. Dukungan inovasi dan peningkatan kapasitas produksi diharapkan akan menjadi katalisator pertumbuhan HOKI sepanjang tahun ini,” tutup Budiman.