Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Xpeng MONA M03 Max Resmi Meluncur: Jarak Tempuh 580 km dan Mengandalkan Sistem Otonom Tanpa LiDAR

23
×

Xpeng MONA M03 Max Resmi Meluncur: Jarak Tempuh 580 km dan Mengandalkan Sistem Otonom Tanpa LiDAR

Sebarkan artikel ini
Xpeng secara resmi meluncurkan MONA M03 Max, varian tertinggi dari sedan listrik seri MONA, setelah sebelumnya diperkenalkan dalam acara “520” khusus pemilik kendaraan MONA

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Xpeng secara resmi meluncurkan MONA M03 Max, varian tertinggi dari sedan listrik seri MONA, setelah sebelumnya diperkenalkan dalam acara “520” khusus pemilik kendaraan MONA.

Mobil ini akan mulai tersedia di showroom mulai 21 Mei, sementara peluncuran resmi di pasar dijadwalkan pada akhir bulan ini.

Dikutip CarNewsChina, MONA M03 Max hadir dengan peningkatan pada bagian kursi, termasuk sandaran lumbar tiga arah di kursi depan yang dapat disesuaikan menggunakan sistem tiga kantung udara. Konfigurasi ini dirancang untuk memperbaiki postur dan mengurangi kelelahan saat berkendara jarak jauh.

Interior mobil dilengkapi atap kaca panorama seluas 1,22㎡ dengan lapisan anti-UV yang mampu menahan 99,9% sinar ultraviolet.

Baca Juga :   Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil

Fitur tambahan mencakup sistem ventilasi udara elektrik sepanjang kabin dan pintu bagasi belakang elektrik model liftback—fitur yang jarang ditemukan di kelas kendaraan ini.

Kendaraan ini ditenagai oleh sistem bantuan mengemudi Turing AI milik Xpeng dan kokpit pintar Tianji. Sistem ini mendukung interaksi suara, fungsi berbasis skenario, serta pembaruan perangkat lunak over-the-air.

Dari sisi performa, M03 Max dibekali motor 160kW dengan torsi 250Nm. Baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 62,2kWh memberi jarak tempuh hingga 580 kilometer menurut standar CLTC.

Pengisian daya cepat dari 30% ke 80% dapat dicapai dalam waktu sekitar 26 menit. Koefisien hambatan udara mobil ini tercatat hanya 0,194 Cd—salah satu yang terendah di antara sedan listrik produksi massal.

Baca Juga :   Nio Hadirkan Hatchback Listrik Murah Firefly, Dibanderol Mulai Rp259 Jutaan

Untuk kemampuan mengemudi otonom, M03 Max hanya mengandalkan sistem sensor berbasis visual tanpa menggunakan LiDAR.

Sistem ini didukung dua chip NVIDIA Orin-X dan tujuh kamera definisi tinggi. Fungsinya mencakup navigasi berbasis AI di jalan tol dan dalam kota (NGP), serta sistem parkir valet otomatis. Pengujian internal menunjukkan tingkat keberhasilan tinggi dalam parkir otomatis dan performa yang stabil di lingkungan perkotaan.

Model M03 Max pertama kali diperkenalkan bersama varian standar M03 dalam ajang Chengdu Auto Show 2024. Namun, peluncuran varian Max sempat ditunda guna menyempurnakan fitur mengemudi otonomnya.

Baca Juga :   Hyundai Indonesia Mulai Produksi The all-new Santa Fe Hybrid Electric Vehicle

Dibanderol seharga 155.800 yuan (sekitar Rp354 Jutaan), varian Max lebih mahal 36.000 yuan dibandingkan versi dasarnya. Mobil ini masih menggunakan suspensi belakang jenis torsion beam, yang dianggap kurang canggih dibandingkan sistem multi-link milik beberapa pesaing.

Meski demikian, Xpeng optimistis M03 Max akan mendorong total penjualan seri MONA hingga lebih dari 200.000 unit pada tahun 2025. Saat ini, penjualan bulanan varian dasar mencapai sekitar 15.000 unit.