BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sebagai upaya memperkuat transformasi digital, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) secara resmi meluncurkan BTN Digital Store di tiga lokasi strategis di Jakarta, yakni Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Pantai Indah Kapuk (PIK).
Ketiga lokasi tersebut dipilih karena merupakan kawasan perumahan dan komersial dengan populasi tinggi serta aktivitas bisnis yang dinamis.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, kehadiran BTN Digital Store menjadi wujud nyata komitmen BTN dalam menghadirkan layanan perbankan yang modern, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan nasabah masa kini.
“Kehadiran tiga outlet digital ini memperkuat komitmen BTN dalam menghadirkan layanan perbankan digital yang modern, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan nasabah masa kini. Ini merupakan inovasi nyata kami dalam menciptakan pengalaman perbankan yang lebih baik bagi nasabah,” ujar Nixon dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/10).
Sebagai sarana layanan berbasis teknologi, BTN Digital Store mendukung kemudahan akses terhadap berbagai produk dan layanan BTN di kawasan pusat bisnis dan gaya hidup.
Ketiga outlet tersebut melengkapi tiga Digital Store yang telah beroperasi sebelumnya, yaitu di Kantor Cabang (KC) Jakarta Kuningan, Kantor Cabang Pembantu (KCP) DPR MPR RI, dan KCP Bursa Efek Indonesia (BEI).
Selain itu, BTN juga telah menghadirkan 13 Digital Store non-permanen di sejumlah kota lain seperti Bandung, Malang, Solo, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.
Konsep Self-Service dan Superstaff
Berbeda dari kantor cabang konvensional, BTN Digital Store hadir sebagai experience center dengan konsep self-service dan superstaff, yang membuat proses layanan menjadi lebih efisien dan seamless.
Nasabah, misalnya, dapat membuka rekening hanya dalam waktu 3–5 menit melalui mesin digital — jauh lebih cepat dibandingkan proses manual yang memakan waktu hingga 40 menit.
“Untuk mengganti kartu debit, nasabah cukup membutuhkan waktu sekitar dua menit melalui mesin digital. Kehadiran superstaff di lokasi hanya untuk memberikan pendampingan personal bila diperlukan, sehingga nasabah tetap merasa nyaman selama bertransaksi,” jelas Nixon.
BTN Digital Store juga memungkinkan nasabah melakukan transaksi dengan autentikasi biometrik, serta mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) secara paperless melalui aplikasi balé by BTN.
Perkuat Ekosistem Digital BTN
Sejalan dengan aspirasinya menjadi bank transaksional pilihan nasabah, BTN terus memperkuat mesin pendanaan dan ekosistem digitalnya melalui inovasi seperti BTN Digital Store dan balé by BTN.
Hingga akhir 2025, BTN menargetkan pembukaan 23 Digital Store di berbagai lokasi strategis, termasuk kawasan bisnis, kampus, dan area publik.
“Inisiatif digital ini memperkuat citra BTN sebagai bank yang adaptif, siap melayani gaya hidup digital yang serba cepat, dan berorientasi pada nasabah.
Kami berharap langkah ini dapat mempercepat pertumbuhan akuisisi nasabah baru sekaligus meningkatkan profitabilitas di masa mendatang,” ungkap Nixon.
Lebih lanjut, Nixon menegaskan bahwa BTN akan terus menjaga pertumbuhan dana masyarakat dengan biaya dana yang efisien.
“Inisiatif digital seperti BTN Digital Store dan balé by BTN, serta inovasi produk ritel dan korporasi lainnya, akan terus kami kembangkan,” pungkasnya.tore”, “layanan perbankan digital”)?











