BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) siap menangkap peluang peningkatan permintaan mobil bekas menjelang Lebaran tahun 2025.
Dalam tren peningkatan permintaan mobil bekas yang terus berlanjut, momentum Lebaran merupakan kesempatan besar bagi ASLC untuk meraup peningkatan penjualan mobil bekas. Oleh karenanya, Perseroan optimis tahun ini akan dapat meraih pendapatan yang lebih baik dari tahun lalu.
Menurut data Gaikindo, pada tahun 2024 penjualan mobil bekas di Indonesia mencapai 1,8 juta unit, jauh lebih tinggi dibandingkan mobil baru yang hanya terjual 865.723 unit. Tren peningkatan permintaan mobil bekas ini dipicu oleh kenaikan harga mobil baru yang tidak sebanding dengan pertumbuhan pendapatan masyarakat. Melemahnya daya beli memaksa konsumen harus memilih kendaraan bekas sebagai alternatif karena harganya lebih terjangkau.*
Selain itu, untuk dapat terus meningkatkan penjualan mobil bekas, setiap tahun ASLC aktif berekspansi membuka showroom Caroline.id di wilayah-wilayah potensial di Jabodetabek dan Jawa Barat. Caroline.id merupakan Online-to-Offline (O2O) Used Car Dealer yang memudahkan pelanggan dalam membeli mobil bekas berkualitas. Dengan showroom terbaru yang diresmikan pada bulan November 2024 di Soekarno Hatta-Metro, Bandung, Jawa Barat, per akhir tahun lalu Perseroan telah memiliki 16 showroom Caroline.id.
Adapun untuk tahun ini, ASLC telah menyiapkan belanja modal alias Capex antara Rp 20 – 30 miliar yang akan digunakan untuk kegiatan ekspansi Caroline.id. Salah satunya akan digunakan untuk membiayai pembukaan cabang baru showroom flagship Caroline.id yang diharapkan akan mulai beroperasi pada Kuartal II 2025.
Tidak hanya itu, Caroline.id juga bekerja sama dengan PT Mandiri Utama Finance (MUF) menggelar Mobil Bekas Expo (MOBEX) MUF X CAROLINE.ID pada 7-16 Maret 2025 di Caroline.id Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Acara ini merupakan event khusus segmen mobil bekas yang menawarkan berbagai promo menarik bagi konsumen.
MOBEX memberikan berbagai kemudahan dalam proses kepemilikan mobil bekas, termasuk DP mulai dari 10%, suku bunga spesial mulai dari 4,99%, cicilan ringan, serta beragam hadiah menarik bagi pelanggan seperti gratis voucher salon mobil senilai Rp 3 juta, e-money senilai Rp 1,5 juta, voucher BBM senilai Rp 500 ribu dan lainnya bagi pelanggan yang melakukan pembelian dan tukar tambah mobil selama periode acara.
“Kami berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan pasar mobil bekas di Indonesia menjelang Lebaran ini, dengan menghadirkan pilihan kendaraan yang terjamin kualitasnya, serta didukung dengan layanan yang transparan dan terpercaya. Dengan adanya kolaborasi ini, kami yakin dapat memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang ingin memiliki mobil bekas dengan proses yang lebih mudah dan menguntungkan,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.
Kinerja Caroline.id sendiri sejauh ini terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada sembilan bulan pertama 2024, Caroline.id mencatat pendapatan Rp416,76 miliar, naik 35% YoY. Pendapatan tersebut diperoleh dari penjualan lebih dari 2.400 unit mobil bekas, atau meningkat 18,3% YoY.
Perkembangan kinerja yang positif tersebut terjadi seiring dengan konsistensi Perseroan dalam memperkuat ekosistem bisnis mobil bekas, termasuk JBA, yang menargetkan pangsa pasar di atas 40%. Hingga September 2024, volume lelang JBA naik 33,1% YoY menjadi 92.172 unit. Peningkatan volume lelang tersebut telah mendongkrak pendapatan dari bisnis lelang sehingga naik 37,6% YoY menjadi Rp199,04 miliar.