Scroll untuk baca artikel
Finansial

DYAN Perkuat Penetrasi Pasar Lewat Deretan IP Event dan Ekspansi MICE di Semester II/2025

2
×

DYAN Perkuat Penetrasi Pasar Lewat Deretan IP Event dan Ekspansi MICE di Semester II/2025

Sebarkan artikel ini
PT Dyandra Media International Tbk (DYAN), perusahaan induk yang bergerak di sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), menatap semester kedua 2025 dengan optimisme tinggi. Melalui sejumlah event berskala nasional dan internasional, DYAN terus memperluas penetrasi pasar, memperkuat portofolio IP Event, serta menargetkan pasar baru di sektor business leisure dan pariwisata.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Dyandra Media International Tbk (DYAN), perusahaan induk yang bergerak di sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), menatap semester kedua 2025 dengan optimisme tinggi.

Melalui sejumlah event berskala nasional dan internasional, DYAN terus memperluas penetrasi pasar, memperkuat portofolio IP Event, serta menargetkan pasar baru di sektor business leisure dan pariwisata.

Sejumlah agenda telah disiapkan Dyandra Promosindo, unit usaha utama DYAN, mulai dari pameran hingga konser skala global, antara lain:

Jakarta Wedding Festival (JWF) – 15–17 Agustus 2025
IFRA Phase II (Franchise & Business Concept Expo) – 30–31 Agustus 2025
Projek-D Music Festival – 30–31 Agustus 2025
Willow Baby Expo Vol. 2 – 4–7 September 2025
Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) – 25–28 September 2025

Baca Juga :   Kinerja DYAN Terdongkrak Permintaan Pasar MICE

Konser internasional seperti Jay Park World Tour (12 Juli), NCT Dream The Dream Show 4 (27–28 September), dan BIBI 1st World Tour (11 Oktober).

Selain di Jakarta, ekspansi juga terlihat dari aktivitas PT Nusa Dua Indonesia yang mengelola Bali Nusa Dua Convention Center.

Fokusnya adalah penetrasi pasar Asia Pasifik dan domestik, dengan agenda unggulan antara lain:

PAN Asia Conference of Dermatology & Annual Scientific Meeting PERDOSKI – 10–12 Juli 2025
Kongres Obsteri dan Ginekologi Indonesia XIX (KOGI XIX) – 18–25 Juli 2025
Indonesia Electricity Investment Days (IEID) – 25–29 Agustus 2025
Amway Japan Leadership Seminar – 12 Desember 2025

IP Event Jadi Pilar Strategis Pertumbuhan

Corporate Secretary DYAN, Mirna Gozal, menyatakan bahwa perusahaan terus menciptakan pertumbuhan melalui diversifikasi IP Event.

Baca Juga :   Oradian Resmi Masuk Pasar Indonesia, Jadi Anggota Internasional Pertama AFTECH

Event-event seperti IIMS, IFEX, Deep Extreme Indonesia, Indowood Expo, Sunset di Kebun, dan Projek-D telah menunjukkan potensi bisnis jangka panjang dengan nilai valuasi yang tinggi.

“IP Event memungkinkan Dyandra untuk membangun ekuitas merek dan menghadirkan event yang adaptif terhadap tren pasar yang cepat berubah,” ujar Mirna.

Strategi lainnya termasuk pengembangan SDM lewat Management Development Program, penguatan positioning di sektor business tourism, dan efisiensi operasional melalui aksi korporasi.

Aksi Korporasi Tingkatkan Efisiensi

DYAN juga telah menyelesaikan aksi korporasi pada 17 Juni 2025 dengan menjual seluruh saham di PT Visicita Imaji Semesta milik Dyandra Promosindo. Langkah ini diambil untuk mengurangi beban keuangan anak usaha serta mengoptimalkan struktur aset dan efisiensi dalam grup usaha.

Baca Juga :   Perluas Pangsa Pasar, ASLC Lebarkan Sayap ke Bisnis Motor Bekas

Kinerja Keuangan Solid di Kuartal I/2025

Pada triwulan pertama 2025, DYAN membukukan pendapatan sebesar Rp377 miliar, didominasi oleh segmen Event/Exhibition Organizer yang menyumbang Rp332,2 miliar atau 88%. Segmen Ruang Konvensi dan Pameran menyumbang Rp26,7 miliar (7%), Hotel Rp12,2 miliar (3%), dan Pendukung Event Rp5,9 miliar (2%).

Outlook Positif hingga Akhir Tahun

Melihat deretan agenda event yang padat dan strategi perusahaan yang fokus pada pasar baru serta efisiensi operasional, prospek DYAN di paruh kedua 2025 diproyeksikan tetap positif. Dengan terus memperkuat posisi sebagai penyelenggara event berskala internasional dan pemilik IP Event yang kuat, Dyandra siap menjaga momentum pertumbuhan di industri MICE yang terus berkembang.