BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – ADGI Design Week 2025 kembali digelar dengan skala internasional di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada 19–23 November 2025, menghadirkan rangkaian program yang merayakan peran desain grafis sebagai kekuatan budaya, komunikasi, dan kolaborasi lintas disiplin di bawah tema besar “Poliformat” yang menegaskan keberagaman bentuk, medium, dan generasi dalam dunia desain.
Melalui tema “Poliformat,” Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) menekankan bahwa desain grafis tidak hanya tampil sebagai hasil akhir visual, tetapi juga sebagai proses berpikir, cara berkomunikasi, dan sarana memperluas perspektif di tengah masyarakat yang semakin terhubung secara visual.
Ketua Umum ADGI Ritchie Ned Hansel menjelaskan bahwa desain grafis kini hadir dalam ragam medium dan praktik yang terus berkembang, seraya menyampaikan, “Melalui Poliformat kami ingin merayakan keberagaman praktik desain dan menampilkan bagaimana visual menjadi bahasa universal yang menyatukan perspektif serta menunjukkan kekuatan kolaboratif komunitas desain Indonesia.”
Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Teuku Riefky Harsya turut menegaskan nilai strategis desain grafis dalam ekosistem ekonomi kreatif, dengan mengatakan bahwa desain kini menjadi infrastruktur komunikasi yang menopang berbagai industri, seraya menuturkan, “ADGI Design Week menunjukkan bagaimana kreativitas menjadi nilai strategis bagi Indonesia dan melalui GRAFIS’25 kita memberi ruang bagi talenta muda untuk melakukan lompatan inovasi.”
Dari sisi pemerintah daerah Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menyoroti peran seni dan desain dalam mewujudkan visi Jakarta sebagai kota global, sembari menyatakan bahwa agenda seperti ADGI Design Week memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreativitas dan inovasi menjelang usia ke-500 tahun kota ini.
Sebagai mitra utama ParagonCorp menekankan pentingnya desain sebagai pemicu inovasi multisektoral melalui kolaborasi teknologi, kreativitas, dan industri, dengan Group CEO ParagonCorp Harman Subakat yang menyampaikan bahwa ADGI Design Week adalah lingkungan ideal untuk mempertemukan kesempatan dan ide yang mampu melahirkan pendekatan baru dalam dunia desain.
ADGI Design Week 2025 menghadirkan berbagai program unggulan seperti GRAFIS’25 yang menampilkan karya 66 studio desain grafis termasuk Thinking*Room, Visious Studio, Nusae, Sciencewerk, gemasemesta.co, dan Program Akselerasi DKV dari Kemenparekraf, sementara Museum DGI mempersembahkan retrospektif “Panggil saja, saya Han” yang merayakan perjalanan Hany Kardinata sebagai tokoh penting dalam sejarah desain grafis Indonesia.
Program Brand × Type menyoroti kolaborasi antara jenama, studio desain, dan type foundry dari Asia Tenggara seperti Mark De Winne, HRFTYPE, Jo Malinis, dan Cadson Demak, sementara pameran Sinestesia mempertemukan visual dan aroma dalam eksplorasi multisensoris yang digagas ParagonCorp dan Givaudan.
Dalam ranah diskusi dan edukasi ADGI Design Talks menghadirkan lebih dari 90 pembicara lintas disiplin termasuk Sandiaga Uno, Andy F. Noya, Danton Sihombing, Andi Rahmat, Eric Widjaja, dan Kotoko Koya dalam 30 sesi dialog selama empat hari.
Program lokakarya meliputi The Design Buffet Experience yang menantang delapan tim menciptakan desain kemasan dalam 18 jam dengan tema “Scents in Sight” serta Transforma-type yang digelar Type Design Club untuk mengeksplorasi kreativitas huruf melalui permainan bentuk dan ruang negatif.
ADGI Design Week juga memperkuat hubungan pendidikan dan industri melalui The Design Talent yang berfungsi sebagai jembatan bagi mahasiswa, institusi, dan perusahaan melalui pameran karya, job fair, dan portfolio review guna menjawab fenomena surplus desainer di Indonesia.
Tahun ini ADGI turut memberikan penghargaan ADGI Lifetime Achievement Awards kepada Alm. Irvan Noe’man, Iwan Ramelan, dan Danton Sihombing yang dinilai memberi kontribusi besar bagi perkembangan desain grafis Indonesia.
Melengkapi rangkaian acara ADGI Design Market menjadi ruang bagi brand independen, kreator IP, dan studio desain untuk memasarkan karya dan produk kreatif mereka kepada publik luas.
Seluruh rangkaian ADGI Design Week 2025 terlaksana berkat dukungan mitra pemerintah, pelaku industri, komunitas kreatif, institusi pendidikan, serta jaringan media nasional dan internasional yang bersama-sama memperkuat posisi Indonesia dalam percakapan desain global.











