BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA — LinkAja secara resmi mengumumkan pemenang program undian “Rezeki Nomplok #PakeLinkAja”, yang menawarkan hadiah utama berupa paket umrah gratis bagi pengguna baru yang membuka akun LinkAja melalui aplikasi MyTelkomsel dan aktif bertransaksi.
Proses pengundian diselenggarakan di kantor LinkAja, kawasan Slipi, Jakarta Barat, dan disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).
Program ini berlangsung selama periode 1 Maret hingga 1 Juni 2025 sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan prabayar Telkomsel yang pertama kali mengaktifkan akun LinkAja melalui fitur Account Linkage di aplikasi MyTelkomsel. Selain hadiah utama berupa paket umrah gratis untuK 1 (satu) pemenang, LinkAja juga membagikan beragam hadiah menarik lainnya, termasuk smartphone Samsung S25, saldo LinkAja senilai total Rp500 ribu, serta bonus kuota Telkomsel sebesar 500 MB.
Melalui program ini, pengguna yang melakukan transaksi terbanyak menggunakan metode pembayaran LinkAja secara langsung (direct debit) di aplikasi MyTelkomsel akan otomatis memperoleh nomor undian berdasarkan nomor transaksi atau order ID.
Dari seluruh peserta yang berpartisipasi, Galih dari Kabupaten Bogor terpilih sebagai pemenang hadiah utama berupa paket umrah gratis. Sementara itu, Ridwan dari Kota Bogor dan Magdalena dari Kota Bekasi masing- masing membawa pulang hadiah Samsung S25, sedangkan Mubakir dari Kabupaten Mesuji, Fathul dari Kabupaten Lampung Utara, Lani dari Kota Semarang, Arifin dari Kabupaten Ketapang, dan Aditha dari Kota Binjai berhasil memenangkan hadiah saldo LinkAja.
Ditemui pada acara pengumuman pemenang, Chief Executive Officer LinkAja, Yogi Rizkian Bahar, mengatakan, “Kolaborasi LinkAja dan Telkomsel dalam fitur Account Linkage menghadirkan kemudahan transaksi digital yang seamless.
Sebagai metode pembayaran tertanam (embedded payment method) dalam aplikasi MyTelkomsel, LinkAja memungkinkan pengguna membayar melalui QRIS atau bertransaksi lainnya dari aplikasi MyTelkomsel, tanpa perlu mengunduh aplikasi LinkAja. Inisiatif ini mencerminkan sinergi yang solid antara dua ekosistem BUMN, dengan komitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai promo seperti bonus data dan cashback secara rutin.”
Integrasi LinkAja di MyTelkomsel Capai 200 Ribu Pengguna
Sebagai bagian dari komitmen dalam menghadirkan akses keuangan yang inklusif serta memperluas basis pengguna melalui pemanfaatan ekosistem digital, LinkAja telah terintegrasi dengan aplikasi MyTelkomsel sebagai enabler layanan keuangan. Inisiatif strategis ini resmi diluncurkan pada Desember 2024, dan hingga kini telah menjangkau lebih dari 200 ribu pengguna yang menghubungkan akun LinkAja mereka melalui aplikasi MyTelkomsel.
Pencapaian ini turut tercermin dari sisi Average Revenue per User (ARPU) yang mencatat pertumbuhan signifikan.
Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk menikmati beragam layanan transaksi keuangan harian secara langsung di dalam aplikasi MyTelkomsel, seperti pembayaran melalui QRIS dan yang akan hadir yaitu pengiriman dana ke nomor ponsel, rekening bank, atau platform e-wallet lain. Seluruh fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman transaksi yang mudah, cepat, dan tanpa hambatan, tanpa perlu berpindah aplikasi.
Bagi LinkAja, kerja sama ini memberikan manfaat strategis berupa akuisisi pengguna dengan biaya rendah (low-cost user acquisition), karena proses aktivasi dilakukan langsung di dalam ekosistem Telkomsel yang sudah memiliki jutaan pengguna aktif. Selain itu, integrasi ini juga meningkatkan engagement pengguna, dengan adanya insentif seperti promo data, cashback, dan undian berhadiah yang mendorong frekuensi transaksi.
Sementara bagi Telkomsel, kolaborasi ini memberikan nilai tambah bagi pengguna melalui kemudahan bertransaksi secara langsung dari satu aplikasi yang telah mereka gunakan sehari- hari. Kehadiran fitur-fitur keuangan dari LinkAja di dalam MyTelkomsel memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam melakukan berbagai aktivitas finansial, sekaligus memperkuat posisi Telkomsel sebagai platform digital yang menyatu dengan gaya hidup pengguna.
Kolaborasi untuk Memperkuat Ekosistem Telekomunikasi dan Keuangan Digital Nasional
Kolaborasi antara LinkAja dan Telkomsel diharapkan menjadi fondasi kuat bagi kemitraan jangka panjang dalam mendorong pertumbuhan ekosistem telekomunikasi dan layanan keuangan digital di Indonesia. Dengan menggabungkan jaringan dan teknologi unggulan Telkomsel serta kapabilitas LinkAja dalam menghadirkan solusi finansial yang mudah diakses dan relevan, sinergi ini bertujuan menyediakan layanan yang terjangkau dan sesuai kebutuhan masyarakat, sekaligus memperkuat inklusi digital yang berdaya saing.
Sebelumnya, LinkAja telah mengukir kisah sukses melalui DigiPOS, di mana kolaborasi dengan Telkomsel berhasil memberdayakan lebih dari 300.000 merchant UMKM di kota-kota tier 2 dan 3.
Dalam kerja sama ini, gerai DigiPOS yang sebelumnya hanya menjual produk Telkomsel seperti pulsa dan paket data, dapat memperluas layanannya mencakup produk digital lainnya seperti pembelian token listrik, top up saldo uang elektronik, dan lain sebagainya.
Dari tahun 2021-2024, volume bisnis Payment Point Online Bank (PPOB) pada aplikasi DigiPOS tumbuh lebih dari 50%. Pertumbuhan ini secara langsung meningkatkan transaksi pelaku UMKM yang berdampak positif pada pendapatan dan kesejahteraan mereka.
“Kolaborasi berkelanjutan antara LinkAja dan Telkomsel, kali ini lewat Account Linkage, merupakan langkah strategis yang memperluas dampak layanan kami bagi masyarakat. Bersama Telkomsel, kami berkomitmen menghadirkan inovasi berkelanjutan untuk mempercepat terciptanya inklusi keuangan digital di Indonesia,” tutup Yogi.