Scroll untuk baca artikel
Finansial

Berkontribusi Dorong Digitalisasi Layanan Publik, BNI Raih Dua Penghargaan GovMedia Awards 2025

3
×

Berkontribusi Dorong Digitalisasi Layanan Publik, BNI Raih Dua Penghargaan GovMedia Awards 2025

Sebarkan artikel ini
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dengan meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang GovMedia Conference & Awards 2025 yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (19/6/2025). Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi BNI dalam mendorong digitalisasi layanan publik di Indonesia.

Penghargaan yang diraih meliputi kategori Indonesia Digital Transformation of the Year – Finance atas dukungan BNI terhadap agenda digitalisasi pemerintah melalui proyek-proyek Govtech, serta Indonesia Public Sector Initiative of the Year – Finance berkat inovasi BNI Smart Ecosystem.

Adapun GovMedia Awards merupakan ajang prestisius yang memberikan penghargaan atas inisiatif-inisiatif inovatif dari, untuk, dan bersama instansi pemerintah di kawasan Asia Pasifik. Penjurian dilakukan oleh panel independen dari firma akuntansi global ternama seperti KPMG, PwC Singapore, dan EY Consulting.

Baca Juga :   Pengguna wondr by BNI Siap-Siap Dapat Kiriman Laporan Transaksi Finansial

Direktur Corporate Banking BNI Agung Prabowo mengatakan, apresiasi ini menjadi motivasi bagi BNI untuk terus memperkuat kolaborasi dengan instansi pemerintah, terutama dalam pemanfaatan teknologi digital.

“Kami meyakini sinergi antara sektor perbankan dan pemerintah menjadi kunci dalam mendorong percepatan transformasi layanan publik di Indonesia,” ujar Agung dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (30/6/2025).

Lebih lanjut Agung menjelaskan, BNI mencatat sejumlah kontribusi nyata dalam transformasi layanan publik nasional. Sejak 2023, BNI telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendigitalisasi penyaluran dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) ke lebih dari 9.000 puskesmas di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Akselerasi Pertumbuhan Bisnis Dorong Kinerja BNI di Semester I 2024

Di sektor fiskal, BNI menjadi pelopor implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk Modul Penerimaan Negara (MPN) sejak 2024. “Inovasi ini menyederhanakan proses transaksi pajak dan retribusi melalui QR code, mempercepat aliran dana, serta meningkatkan akuntabilitas pemerintah,” jelas Agung.

Salah satu inovasi utama BNI yang mendapatkan pengakuan dalam ajang GovMedia Awards adalah BNI Smart Ecosystem, sebuah solusi digital terintegrasi untuk sektor kesehatan, pendidikan, dan kawasan. Solusi ini menggabungkan layanan keuangan, teknologi informasi, dan sistem manajemen berbasis digital untuk mendorong efisiensi dan transparansi layanan publik.

Agung juga menyoroti capaian positif BNI dalam aspek digitalisasi melalui layanan BNIdirect. Pada kuartal I-2025, nilai transaksi melalui BNIdirect melonjak 33,2% secara tahunan (Year on Year/YoY) menjadi Rp2.374 triliun. Jumlah transaksi meningkat 16,4% YoY menjadi 337 juta transaksi, dengan pertumbuhan jumlah pengguna mencapai 188.000 akun.

Baca Juga :   Dukung Transisi Energi Hijau, BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

“Dengan pencapaian ini, BNI kian mengukuhkan posisinya sebagai mitra strategis pemerintah dan pelaku utama dalam pembangunan infrastruktur keuangan digital yang inklusif, efisien, dan berdampak langsung pada peningkatan layanan publik,” tutup Agung.

Dalam ajang penganugerahan tersebut, penghargaan diterima langsung oleh jajaran manajemen BNI yang dipimpin oleh Division Head Wholesale Transaction Product & Partnership BNI I Gede Widya Anantayoga.

Pencapaian ini menegaskan komitmen BNI dalam menjadi enabler transformasi digital sektor publik Indonesia, mendorong efisiensi, transparansi, dan inklusivitas layanan negara kepada masyarakat.