Scroll untuk baca artikel
Finansial

Penjualan Dailymeal Meroket 321%, HOKI Percepat Transformasi ke Bisnis FMCG Nasional

4
×

Penjualan Dailymeal Meroket 321%, HOKI Percepat Transformasi ke Bisnis FMCG Nasional

Sebarkan artikel ini
Dari kiri ke kanan: Budiman Susilo – Direktur: Sukaking Bujung – Direktur Utama; Jonathan Jochanan – Presiden Komisaris Independen dan Muliati Direktur

BINSIASIA.CO.ID, JAKARTA – Transformasi bisnis PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (IDX: HOKI), produsen beras ternama ‘Topi Koki’, kini menunjukkan hasil signifikan. Di kuartal I 2025, produk beras sehat Dailymeal—yang dikembangkan melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN)—mencatat lonjakan penjualan hingga 321% secara tahunan (YoY).

Capaian ini mempertegas langkah HOKI memasuki segmen Fast Moving Consumer Goods (FMCG) berada di jalur yang tepat.

Direktur HOKI, Budiman Susilo, menyatakan, “Lonjakan ini menjadi validasi penting dari proses transformasi kami. Fokus kami kini adalah memastikan organisasi dan strategi tumbuh seiring dengan permintaan pasar, agar transisi bisnis HOKI berlangsung cepat, tepat, dan kokoh.”

Baca Juga :   Minat Produk Beras Jagung dan Singkong HOKI Terus Meningkat di Awal 2024

Perkuat Logistik, Perluas Jangkauan

Untuk menopang lonjakan permintaan dan mempercepat distribusi produk FMCG, HOKI memperkuat rantai logistik nasionalnya melalui dua strategi utama: perluasan jaringan distribusi dan pembangunan pabrik baru.

Langkah konkret dilakukan dengan menggandeng mitra distribusi strategis dari Indomarco Salim Group, yakni PT Gurih Mitra Perkasa. Kolaborasi ini memungkinkan produk-produk HOKI menjangkau lebih luas ke berbagai pelosok Indonesia, terutama melalui jaringan retail modern.

Baca Juga :   Crisil Coalition Greenwich Umumkan Pemenang Best Bank and Share Leader Award 2025 Untuk Bank Korporasi

Sementara itu, pembangunan pabrik baru Dailymeal tengah dikebut melalui anak usaha lainnya, PT Koki Sehat Sejahtera (KSS). Pabrik yang berlokasi di Jawa Tengah ini ditargetkan mulai beroperasi pada paruh kedua tahun 2025, dengan fokus pada produksi beras sehat Dailymeal dalam skala besar.

Konsisten Beri Nilai pada Pemegang Saham

Meskipun industri beras nasional masih menghadapi tantangan, HOKI tetap konsisten memberikan nilai bagi pemegang saham. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Perseroan memutuskan membagikan dividen senilai Rp9,7 miliar atau Rp1 per lembar saham.

Baca Juga :   Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di Tengah Guncangan Global

“Sejak IPO, kami berkomitmen untuk terus membagikan dividen sebagai bentuk kepercayaan terhadap langkah strategis jangka panjang kami,” jelas Budiman.

Proyeksi 2025: Bertumbuh di Tengah Dinamika

Memasuki 2025, HOKI menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10%. Hingga kuartal I 2025, Perseroan telah mencetak penjualan bersih Rp365,3 miliar, dengan kontribusi dari segmen Dailymeal mencapai Rp7,7 miliar.

Transformasi HOKI ke sektor FMCG berlandaskan visi untuk memperkuat posisi di sektor pangan sehat, meningkatkan margin keuntungan, serta menjangkau konsumen yang semakin sadar gizi dan kesehatan.