Andalkan GR DKR Hilux T1+, Toyota Gazoo Racing Raih Gelar Juara Reli Dakar

GR DKR Hilux T1+

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Toyota Gazoo Racing (TGR) mencatat kemenangan kedua berturut-turut setelah berhasil finish pertama di Reli Dakar 2023.

Pembalap Nasser Al-Attiyah dari Qatar dan co-driver Mathieu Baumel dari Prancis berhasil mempertahankan gelar Juara Dakar ketika membawa GR DKR Hilux T1+ melewati garis finish pada 15 Januari 2023.

Pasangan ini kalah 5 menit 41 detik dari pemenang tahapan terakhir, tetapi tidak penting karena mereka memastikan kemenangan dengan selisih waktu 1 jam 20 menit 49 detik.

Tahap akhir Dakar 2023 adalah tes sepanjang 136 km yang dimulai dari bivak di Al-Hofuf.

Peserta harus menyelesaikan touring sejauh 167 km sebelum bertarung di Etape 14, yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sejauh 100 km menuju garis finish di kota pesisir Dammam.

Hankook Tire akan Melengkapi Kendaraan Serba Listrik Pertama Toyota, bZ4X

Bagi Nasser, gelar tahun ini adalah kemenangan kelimanya di Reli Dakar, sementara Mathieu kini mengoleksi empat kemenangan.

Keduanya telah menang tiga kali untuk Toyota dengan mengandalkan performa GR DKR Hilux T1+ yang diperkuat oleh daya tahan dan ketangguhannya di medan berat.

Pasangan ini mengambil alih pimpinan di Etape 3 dan tidak pernah melepaskan posisi itu hingga selesai 2 minggu lomba.
Giniel de Villiers yang menyelesaikan Reli Dakar yang kedua puluh berturut-turut, mengakhiri reli tersebut di posisi ke-4 di klasemen keseluruhan.

Hasil ini membuat jumlah finish Top 5-nya menjadi 15, termasuk satu kemenangan pada 2009.

Pereli Afrika Selatan itu hanya sekali finis di luar 10 besar dan penampilannya di Reli Dakar 2023 mempertontonkan ketangguhan dan keuletan pembalap veteran Reli Dakar.

Bersama dengan co-driver Dennis Murphy, Giniel menyelesaikan Reli Dakar ke-45 ini dengan selisih waktu 2 jam 31 menit 12 detik.

Dakar 2023 akan lama dikenang oleh Henk Lategan dan co-driver Brett Cummings sebagai balapan yang sangat berbeda bagi mereka.

Keduanya naik ke posisi ke-2 di klasemen keseluruhan sebelum turun urutan karena beberapa kendala.

Pasangan ini menunjukkan kecepatan yang luar biasa sepanjang reli dan menyelesaikan lomba di posisi ke-5, kurang dari 5 menit di belakang rekan satu tim mereka di posisi keempat.

Toyota GR Supra Transmisi Manual Siap Meluncur di Jepang dan Eropa

TGR mendominasi hasil Reli Dakar 2023 dengan posisi akhir keseluruhan ke-1, ke-4, dan ke-5.

Toyota Hilux T1+ yang berlaga secara pribadi di tangan pemuda Brasil, Lucas Moraes, menambah nilai bagi Toyota dengan finish di tempat ketiga overall.

Ajang ini adalah perjuangan pertama Lucas di Reli Dakar, meskipun ia memiliki co-driver berpengalaman Timo Gottschalk.

Dalam The 2023 World Rally-Raid Championship di mana Reli Dakar merupakan seri pembuka, Nasser dan Mathieu mengumpulkan total 85 poin.

Hasil ini membuat mereka membuntuti pemimpin klasemen dengan hanya dua poin setelah seri pertama dari lima seri lomba.

Toyota berada di posisi ke-2 dalam klasemen manufaktur hanya dengan selisih satu poin dari pemuncak kompetisi.

Perlombaan berikutnya adalah Abu Dhabi Desert Challenge yang berlangsung selama minggu terakhir bulan Februari. (BA-01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini