BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang akhir tahun ini, LinkAja yang merupakan layanan keuangan berbasis digital dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) melakukan berbagai kegiatan sosial kepada masyarakat. Penyaluran bantuan dilakukan melalui kerjasama LinkAja bersama Rumah Zakat dan Jaringan Gusdurian. LinkAja melalui LinkAja Syariah selama ini telah memiliki sinergi yang kuat dalam hal digitalisasi ZISWAF dengan Rumah Zakat – sebuah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak sedekah dan dana sosial lainnya melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat. Sedangkan Jaringan Gusdurian merupakan sebuah badan sosial yang menjangkau banyak daerah di Indonesia yang bergerak bidang tanggap bencana, pemberdayaan sosial dan ekonomi, pengorganisasian relawan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Sinergi yang dijalin LinkAja dengan kedua pihak dalam menjalankan kegiatan sosial ini sesuai dengan komitmen LinkAja untuk menyatukan berbagai potensi yang ada, dalam hal ini agar bantuan dapat disalurkan secara tepat sasaran kepada pihak yang membutuhkan.

Melalui Rumah Zakat, selama periode Januari hingga November 2022 capaian jumlah dana yang disalurkan melalui LinkAja Syariah berhasil terkumpul mencapai hampir Rp 400 juta. Selain itu, bantuan sosial yang disalurkan juga berupa barang-barang pendukung berbagai kantor cabang Rumah Zakat, bantuan dana pembangunan sumber air MI Al Fatah yang berada di daerah Abepantai distrik Abepura di Jayapura, bantuan santunan kepada anak yatim yang berada di bawah naungan Rumah Zakat, serta bantuan yang diberikan kepada korban bencana gempa Cianjur yang terjadi di akhir November. Selain bantuan berupa dana, LinkAja bersama para donatur juga menyumbangkan donasi berupa paket selimut, paket alas tidur dan paket terpal untuk para pengungsi.

LinkAja juga melakukan pemberian barang pendukung kantor kepada Jaringan Gusdurian di 28 kota/kabupaten seluruh Indonesia, dimana aksi sosial ini sejalan dengan misi LinkAja untuk mendukung pihak-pihak yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong literasi digital masyarakat Indonesia.

Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar mengatakan, “Semua kegiatan sosial yang kami jalankan ini sejalan dengan komitmen dan upaya LinkAja untuk selalu memberikan kontribusi positif yang riil kepada masyarakat. Kali kami melakukannya dengan memberikan bantuan bagi yang terdampak musibah gempa bumi di Cianjur serta memberikan hibah untuk mendukung peningkatan fasilitas pendidikan bagi masyarakat. Dalam melakukan kegiatan sosial kali ini kami melakukan sinergi bersama Rumah Zakat dan Jaringan Gusdurian sesuai dengan komitmen LinkAja dalam menyatukan berbagai potensi di Indonesia agar dampak kegiatan sosial ini bisa lebih maksimal.”

Layanan Syariah LinkAja Raih Penghargaan Mitra Pengumpul Zakat pada BAZNAS Award 2022

Dalam melaksanakan kegiatan sosial ini, LinkAja menggunakan tiga cara dalam mengumpulkan bantuan: bantuan dari masyarakat didapatkan melalui partisipasi mereka melalui aplikasi digital LinkAja Syariah, bantuan dari karyawan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang dilakukan secara kolektif dan bantuan dari perusahaan yang dilakukan dengan sistem hibah.

Nur Efendi, CEO Rumah Zakat mengatakan “Sinergi bersama LinkAja selama ini telah terjalin dengan baik dan bersama-sama kami selalu memberikan berbagai bantuan di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan sinergi strategis ini dapat terus terjalin sehingga kedepannya agar kami dapat membantu lebih banyak lagi orang yang membutuhkan bantuan”.

Dalam ranah Pendidikan, LinkAja ingin meningkatkan literasi digital yang dijalankan bersama Jaringan Gusdurian, demi peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid memberikan tanggapan atas sinergi yang dilakukan bersama LinkAja “Kami sangat gembira menyambut kolaborasi dengan LinkAja yang memiliki visi aksi sosial yang sejalan dengan Jaringan Gusdurian dalam hal meningkatkan fasilitas pendidikan bagi masyarakat Indonesia demi terbentuknya SDM yang baik, khususnya dalam hal ini adalah peningkatan literasi digital yang semakin penting untuk dimiliki dalam era digitalisasi saat ini”.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini