BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Toku, penyedia cloud communication terkemuka di Asia Pasifik, hari ini resmi meluncurkan solusi konektivitas berbasiskan cloud untuk Zoom Phone di 14 wilayah di Asia Pasifik.
Pelanggan Zoom Phone yang baru dan lama di sejumlah lokasi Zoom Phone tersedia secara luas, kini dapat menambahkan paket telepon (calling plans) di 14 wilayah tersebut[1] ketika memilih Toku sebagai penyedia PSTN (Public Switched Telephone Network) untuk mendukung layanan Zoom Phone. Dengan demikian, pelanggan mendapat dukungan pertumbuhan dan jangkauan di Asia Pasifik, serta memperoleh berbagai manfaat seperti tarif telepon yang kompetitif, panggilan bermutu dengan latensi rendah, serta pengelolaan platform cloud-native yang kian mudah.
“Kami pertama kali mengumumkan kolaborasi strategis dengan Zoom pada September 2021 guna menarik minat pelanggan. Hal ini sejalan dengan langkah berbagai organisasi untuk mengatasi dampak pandemi terhadap tenaga kerja yang terdistribusi,” ujar Thomas Laboulle, CEO & Pendiri, Toku. “Kini, semakin banyak perusahaan di Asia Pasifik berhasil menjalani pemulihan bisnis dan menyasar kembali pertumbuhan. Tren ini mencerminkan lonjakan permintaan solusi komunikasi terpadu yang berfungsi dengan baik secara lintaswilayah.”
Di sisi lain, metode bekerja jarak jauh dan hybrid juga kian populer, meningkatkan permintaan solusi komunikasi terpadu. Menurut survei terbaru dari perusahaan real estat komersial JLL, 56% responden Asia Pasifik menilai, metode bekerja jarak jauh akan tersedia bagi seluruh pegawai pada 2025.
Lewat kolaborasi dengan Zoom Phone Provider Exchange Partner resmi, seperti Toku, berbagai organisasi yang beroperasi, atau ingin berekspansi, di Asia Pasifik dapat menjalankan model “Bring Your Own Carrier” (BYOC) demi mengantisipasi tren bisnis, serta mengandalkan konektivitas PSTN lokal dari Toku yang berstandar perusahaan untuk berkembang dan memperluas skala.
Toku Tingkatkan Pendanaan Seri A hingga US$ 10 juta Sejalan dengan Pertumbuhan Cepat di Asia Pasifik
Toku juga membantu berbagai organisasi yang kesulitan menghadapi kompleksitas lanskap operator telekomunikasi dan infrastruktur di Asia Pasifik. Kalangan organisasi ini ingin mengonsolidaskan dan menyatukan kebutuhan komunikasi dalam satu penyedia layanan. Lewat cara ini, mereka dapat berkonsentrasi mengembangkan bisnis.
Keuntungan terbaik, kalangan organisasi akan mampu mencapai efisiensi operasional dengan Zoom Phone—produk voice communication populer berbasiskan cloud yang telah banyak diketahui dan digemari pengguna.
“Zoom sangat gembira atas kehadiran Toku pada Zoom’s Provider Exchange. Keahlian Toku dalam interkonektivitas PTSN di 14 negara di Asia Pasifik akan memperluas jangkauan Zoom Phone, serta mendatangkan manfaat bagi pelanggan Zoom saat ini dan mendatang. Kini, pelanggan dapat mengandalkan jaringan layanan panggilan telepon Toku yang terhubung dengan perangkat lunak Zoom Phone cloud PBX,” jelas Jason Gilligan, Global Business Development Manager, Zoom Phone.
“Berbagai merek ternama yang memiliki jangkauan global, seperti foodpanda, Gojek, dan JCDecaux, telah mengandalkan kami untuk mendukung komunikasi bisnis, serta membuat mereka terus terkoneksi,” kata Laboulle. “Kami ingin menghadirkan komunikasi dan konektivitas berbasiskan cloud yang lancar dan mudah bagi berbagai pelanggan di Asia Pasifik sejalan dengan langkah mereka menuju pertumbuhan.”
Layanan Toku for Zoom Phone kini tersedia bagi pelanggan di sejumlah pasar Asia Pasifik berikut: Australia, Kamboja, Hong Kong S.A.R., Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Wilayah Taiwan, Thailand, dan Vietnam.(BA-06)