Avrist Catat Pertumbuhan Kinerja Positif Sepanjang Tahun

(Ki-ka): Simon Imanto, Presiden Direktur Avrist Assurance dan Ian Ferdinan Natapradja, Direktur Keuangan Avrist Assurance

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Avrist Assurance (Avrist), perusahaan asuransi jiwa dengan pengalaman selama lebih dari 45 tahun di Indonesia meraih pertumbuhan positif dalam kinerja keuangannya sepanjang tahun 2021 hingga tahun 2022. Kondisi ini membuat Avrist memiliki rapor biru, di tengah industri yang harus terus melakukan adaptasi oleh adanya badai pandemi selama kurang lebih 2 tahun.

Berdasarkan laporan keuangan per September 2022, tercatat peningkatan yang signifikan pada laba neto tahun berjalan (net income) menjadi Rp92,74 Miliar, atau meningkat 62 persen dibanding periode yang sama dari tahun sebelumnya sebesar Rp57,36 miliar. Avrist pun telah mengejar peningkatan total pendapatan menjadi Rp 1.2 Triliun meningkat dari tahun sebelumnya Rp 1 Triliun per September 2021.

Simon Imanto, Presiden Direktur Avrist Assurance, mengungkapkan, “Pandemi telah mendorong pelaku usaha, termasuk Avrist, untuk dituntut mampu beradaptasi dengan melakukan berbagai inovasi agar bisa bertahan. Salah satunya melalui digitalisasi, dimana behaviour masyarakat telah mengalami perubahan. Tata cara penjualan asuransi yang semula dilakukan secara konvensional, kini beralih menjadi non face to face melalui sarana digital.”

Simon berterus terang bila digitalisasi sebenarnya masih menjadi sebuah tantangan, dimana industri asuransi jiwa mengalami perubahan dan berimbas ke bentuk pemasaran yang terdisrupsi dengan cara baru. Digitalisasi berdampak siginifikan bagi proses peningkatan kesadaran masyarakat dalam berasuransi. Masyarakat kian paham bahwa proteksi diri dan kesehatan menjadi sangat berharga, dimana kesehatan setiap individu terbilang rentan pada masa pendemi. Oleh karena itu, Avrist memberikan solusi dengan meluncurkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkini.

“Selama 20 tahun terakhir, penetrasi yang hanya 3 persen membuat peluang asuransi menjadi sangat besar. Kami secara konsisten melakukan edukasi literasi dan inklusi keuangan ke komunitas dengan melakukan kolaborasi antar Distribution Channel serta menciptakan kebutuhan produk asuransi sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan begitu kesadaran masyarakat terhadap produk asuransi akan terbentuk,” tambah Simon.

Manuver ini menjadi kiat Avrist agar prospek asuransi semakin baik kedepannya. Kolaborasi Distribution Channel dilakukan melalui 5 channel, yakni; Agency, Partnership Distribution, Employee Benefit Distribution (EBD), Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan Syariah.

Pada Channel Agency, Avrist berencana untuk terus meningkatkan jumlah agent yang berkualitas. Sementara pada Channel Partnership Distribution, Avrist akan memperluas kerjasama dengan bank dan non-bank serta aggregator, sehingga jangkauan untuk mengedukasi produk asuransi pun bisa semakin lebih luas.

PT Avrist Assurance Raih Tiga Penghargaan: “The Best Performance Insurance”, “The Best CEO” dan “Best Insurance 2022”

Lalu, Channel Employee Benefits Division (EBD) serta DPLK, Avrist akan memperluas jaringan di berbagai korporasi. Kemudian pada Channel Syariah, Avrist berfokus untuk mengembangkan produk berbasis syariah yang terjangkau dengan menyasar individu, sekolah, maupun UMKM serta perluasan distribusi dan kerja sama dengan berbagai lembaga atau komunitasi di Indonesia.

Avrist juga menerapkan langkah strategis lain dengan bersinergi melibatkan anak perusahaan, yaitu Avrist General Indonesia dan Avrist Asset Management, guna memasarkan produk-produknya, sehingga memudahkan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas berkelanjutan serta menjangkau masyarakat dalam memberikan perlindungan melalui produk asuransi.

Prestasi gemilang ini membuat Avrist kembali diganjar oleh dua penghargaan dari Bisnis Indonesia dalam Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2022, yakni “The Best Performance Insurance” untuk perusahaan asuransi aset di bawah Rp 25 Triliun dan “The Best CEO” untuk kategori asuransi kepada Simon Imanto, Presiden Direktur Avrist Assurance.

Penghargaan “Best Insurance 2022” with Top Financial Performance and Providing Protection and Added Value to Customers juga menghampiri Avrist dalam acara Indonesia Best Insurance Awards (IBIA) 2022 yang dihelat Warta Ekonomi. Best Insurance 2022 ini diberikan bagi life insurance dengan total aset Rp 5-10 Triliun.

“Kami bersyukur dan sangat bangga mendapat penghargaan atas kinerja yang telah dilakukan. Tentu ini menjadi bukti komitmen Avrist dalam memberikan layanan ke masyarakat dan tanda bila perusahaan memiliki keuangan yang baik. Ke depannya Avrist akan melangkah lebih jauh dengan memasuki posisi 15 besar melalui strategi mengutamakan pengembangan bisnis secara holistik di seluruh channel distribution, pengembangan digitalisasi serta menguatkan kualitas sumber daya manusia,” ujar Ian Ferdinan Natapradja, Direktur Keuangan Avrist Assurance.

Berdasarkan laporan keuangan per September 2022, perusahaan berhasil mendongkrak hasil investasi naik menjadi Rp576,64 miliar, dari tahun sebelumnya berada di angka Rp343,64 Miliar pada September 2021. Begitupun dengan Rasio kesehatan keuangan, RBC Avrist naik ke angka 586,93 persen per September 2022 (September 2021 berada pada level 427,02 persen). Seiring dengan hal tersebut, perusahaan juga telah menjalankan operasionalnya secara efisien, dimana biaya operasional per September 2022 sebesar Rp178.37 miliar turun dari tahun sebelumnya Rp180,18 miliar.

Disamping itu, masih pada tahun yang sama, Avrist kembali berhasil mendapatkan penghargaan dari Fitch Ratings selama 14 kali berturut-turut dengan peringkat AA-. Fitch Ratings adalah suatu lembaga pemeringkat kredit internasional yang digunakan sebagai standar global dalam menentukan performa keuangan perusahaan.

Sederet penghargaan ini membuktikan bila Avrist memiliki potensi keuangan yang tumbuh secara gradual, terpola dan stabil, sehingga kedepannya Avrist akan menjadi salah satu perusahaan asuransi terkuat di Indonesia, Pungkas Ian.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini