Dukung Indonesia yang Berkelanjutan, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Hadirkan 500 UMKM Pilihan

BRILIANPRENEUR UMKM EXPO(RT) menampilkan 502 produk UMKM berkualitas dari 22 provinsi di Indonesia.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk (IDX: BBRI) menggelar pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 tanggal 1-31 Desember 2022. Ajang ini menghadirkan 500 UMKM dari 22 provinsi di Indonesia yang memamerkan berbagai produk lokal terbaik melalui www.brilianpreneur.com. “Tahun ini, kami berfokus pada perjalanan UMKM di Indonesia menuju keberlanjutan. Sejalan dengan komitmen BRI sebagai agen pembangun, kami memberikan edukasi kepada peserta BRILIANPRENEUR agar dapat menembus pasar global dan menginspirasi masyarakat untuk berkreasi,” kata Sunarso, Presiden Direktur BRI.

Pada 2021, ajang ini menghasilkan nilai transaksi mencapai US$ 72 juta dan 118 kontrak dari empat belas negara. “Angka tersebut melebihi target yang ditetapkan. Karenanya, kami optimis tahun ini dapat mencapai nominal yang lebih tinggi,” tambah Sunarso.

Rangkaian program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 meliputi sesi networking dan pelatihan, serta sesi business matching dan workshops strategi penetapan harga, guna membantu UMKM meningkatkan skala produksi dan Go Export. Selain itu, juga diadakan acara sharing sessions berupa talk show, aneka pertunjukan dan sesi penghargaan untuk UMKM.

Calon pembeli yang berminat mengikuti business matching dengan UMKM dapat mendaftar di https://brilianpreneur.com/umkm.

BRI dan KedaiSayur Berkolaborasi untuk Perluas Ekosistem Digital Pertanian

Upaya UMKM Menuju Berkelanjutan

Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia dalam kancah internasional, BRI bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam menggelar mini showcase pada KTT G20. Acara tersebut diikuti oleh 26 UMKM sebagai pre-event menuju UMKM EXPO(RT) BRILIANPRINEUR 2022.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang keempat ini, memamerkan berbagai produk unggulan dalam enam kategori: Dekorasi Rumah dan Kriya, Makanan dan Minuman, Aksesoris dan Kecantikan, Fashion, Kesehatan/Wellness, dan Teknologi Digital. Ajang ini melibatkan 262 wirausaha perempuan dan lima usaha yang memberdayakan penyandang disabilitas.

Selain desain yang berkualitas, seluruh produk UMKM yang ditampilkan juga harus merangkul berkelanjutan dalam berbagai aspek, termasuk pemberdayaan perempuan, pengelolaan sampah, dan kesetaraan kesempatan.

Salah satu peserta BRILIANPRENEUR 2022 dan inovator produk berkelanjutan adalah Arana Bike. Produsen sepeda bambu buatan tangan ini, berhasil meningkatkan bisnisnya melalui BRILIANPRENEUR.

“Program webinar kelas e-commerce dan sesi business matching menambah wawasan kami untuk mengidentifikasi pembeli potensial dari berbagai negara, sehingga produk kami dapat bersaing secara global,” ujar Denny Hestiningrum, Founder Arana Bike.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini