Kilas Balik Setahun Bersama YouTube

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tahun ini benar-benar jadi tahun yang campur-aduk bagi Indonesia. Mulai dari dibuat bucin dengan kisah cinta Sisca Kohl dan Jess No Limit, deg-degan dengan pertandingan antara Vincent vs. Jebreeet dan Azka Corbuzier vs. Vicky Prasetyo, hingga berduka bersama Ridwan Kamil, Atalia, dan Najwa Shihab. Masyarakat Indonesia juga dibuat terenyuh oleh kreator Shorts melalui video yang menunjukkan kasih sayang seorang ayah, kebaikan pramugari, nilai dari kerja sama tim, dan masih banyak lagi.

Menjelang akhir tahun, kinilah saat yang tepat untuk mengilas balik video, kreator, dan artis yang telah Anda bantu untuk meraih kesuksesan.

Video Trending Terpopuler di Indonesia menunjukkan semakin pentingnya peranan komunitas online di balik setiap kreator

Momen yang mengutamakan dan memberi peluang kepada komunitas untuk ikut terlibat di dalamnya, terbukti menjadi momen yang sangat relevan dengan budaya yang ada di kalangan masyarakat. Hal ini berulang kali muncul di berbagai video yang masuk daftar terpopuler tahun ini. Mulai dari melihat lebih dekat “kebucinan” Jess No Limit kepada Sisca Kohl yang kini menjadi istrinya, hingga penuturan langsung Ridwan Kamil dan Atalia mengenai kisah perjuangan mereka saat mencari Emmeril Kahn Mumtadz dan cinta mereka yang begitu besar kepada mendiang sang anak. Cerita yang sifatnya personal ditampilkan dengan jelas dan menjadi cara bagi kreator untuk mengapresiasi dan mendekatkan diri dengan para penggemarnya. Selain itu, juga ada acara selebriti yang sebenarnya biasa saja, tetapi jadi heboh dan terkenal karena diviralkan oleh para netizen dan komunitas digital, misalnya seperti pertandingan antara Vincent vs. Jebreeet, dan Azka Corbuzier vs. Vicky Prasetyo, yang terus jadi bahan pembicaraan orang-orang dalam waktu yang lama. Dari itu semua, kita bisa melihat bahwa kreator top selalu melibatkan komunitasnya untuk menciptakan momen-momen kebersamaan.

Kreator Indonesia Berjuang Meraih 10 juta Subscriber dengan YouTube Shorts

Video pendek yang viral biasanya disertai kejutan menyenangkan untuk memenuhi ekspektasi audiens

Dulu, konten berdurasi singkat yang viral biasanya berasal dari momen-momen “random” yang tidak sengaja terekam kamera. Sekarang, ada banyak video Shorts yang viral karena memang sengaja dibuat untuk memunculkan emosi positif dengan materi-materi yang membahagiakan, seperti video Shorts buatan Valen Rewah tentang kasih sayang seorang ayah, video Steven Stenly tentang kebaikan pramugari yang menginspirasi kita semua, atau video Yudhist Ardhana tentang nilai kerja sama tim. Di Indonesia, juga ada banyak video-video Shorts populer dari kategori konten Komedi. Ada banyak kreator yang menarik perhatian audiens dengan cerita sketsa mengenai karakter dan parodi kultural tertentu, seperti dalam video sketsa dari Sebut Saya Dayat dan Itakimo Bali.

Audiens paling banyak terhubung dengan kreator dan artis yang memproduksi konten dalam berbagai format

Saat ini, konsumsi konten video online tidak lagi didominasi oleh satu format saja. Kreator menggunakan berbagai cara baru untuk bercerita dan memperluas jangkauan mereka. Kreator Terobosan menggunakan Shorts dan mengembangkan tema khas untuk channel mereka sehingga mudah dikenali penonton. Kreator Top membuat video dengan durasi yang bervariasi dan berbagai macam gaya, sambil membuat channel berbahasa asing untuk menggaet audiens di luar negeri. Sementara itu, kreator Artis juga menciptakan beragam cara untuk berinteraksi dengan penggemarnya, seperti dengan merilis bermacam-macam versi dari lagu yang sama dan membuat aset baru untuk lagu-lagu hits lama. Contohnya sebagai berikut:

  • Timotius Mulyadi, seorang atlet renang yang kini menjadi kreator terobosan, banyak membuat video Shorts berdurasi kurang dari 60 detik seputar dunia renang, dan banyak menampilkan kreator-kreator terkenal lainnya.
  • Windah Basudara, mantan mahasiswa drop-out yang kini menjadi kreator dengan 8 juta lebih subscriber, berhasil menjadi salah satu YouTuber gaming terpopuler di Indonesia. Ia terus membuat konten live streaming menarik yang menampilkan sisi lucu dirinya saat bermain game.
  • Keisya Levronka, melalui video musik berjudul “Tak Ingin Usai” yang dipenuhi dengan lirik mellow untuk para pendengar di Indonesia, menyampaikan ekspresinya tentang cinta melalui visual yang melankolis. Lagu ini muncul dua kali dalam daftar video musik terpopuler dengan format video lirik dan video musik resmi.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini