Tren Penjualan Ritel Fashion Terus Meningkat, ZONE Lanjutkan Ekspansi Bisnis

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Mega Perintis Tbk (ZONE), emiten yang bergerak di bidang ritel fashion, terus melanjutkan ekspansi bisnis seiring dengan berlanjutnya tren peningkatan penjualan ritel sandang. Berdasarkan survei penjualan eceran Bank Indonesia (BI), kinerja penjualan eceran pada bulan Oktober 2022 diperkirakan tetap kuat. Hal itu tercermin dari prakiraan Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2022 sebesar 204,3, atau tumbuh positif sebesar 4,51% YoY. Menurut laporan survei BI, secara bulanan pertumbuhan penjualan eceran diprakirakan meningkat 3,1% (mtm), didorong oleh perbaikan pada seluruh kelompok, dengan peningkatan tertinggi pada Subkelompok Sandang sejalan dengan program diskon yang diterapkan oleh sejumlah ritel.

“Melihat hasil survei dari Bank Indonesia tersebut, kami semakin optimis bahwa tren penjualan produk fashion akan terus naik, dan semakin percaya diri dalam melakukan berbagai upaya untuk meraih peluang dari meningkatnya tren penjualan eceran fashion ini, seperti ekspansi bisnis dan peningkatan kualitas produk,” kata Direktur Keuangan ZONE, Luki Rusli.

Ekspansi bisnis yang dilakukan Perseroan antara lain penambahan gerai penjualan produk-produk ZONE. Hingga akhir tahun ini, ZONE menargetkan membuka 40 gerai baru. Dari target tersebut, sampai dengan minggu ketiga November ini, Perseroan telah membuka 31 gerai baru. Salah satu konsep baru dari gerai penjualan adalah Salezone. Konsep ini memadukan gerai lifestyle & sport wear discounted store dengan target pasar di luar pusat perbelanjaan umumnya. Gerai ini dikembangkan di sejumlah lokasi, seperti tempat transit/rest area jalan tol dan toko yang berdiri sendiri.

Selain penjualan offline, Perseroan juga sedang meningkatkan upaya-upaya penjualan secara daring melalui website www. megaperintis.co.id, media sosial Perseoan, dan sejumlah marketplace.

Laba Bersih ZONE Melesat 9 Kali Lipat Pada Jan-Sep 2022

Seiring kecenderungan peningkatan penjualan ritel fashion, pada Januari-September 2022 Perseroan membukukan laba bersih Rp 62,47 miliar, melesat 803%YoY dari Rp 6,91 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan laba bersih tersebut diperoleh berkat penjualan yang naik 56% YoY menjadi Rp 497,62 miliar pada sembilan bulan pertama 2022.

Seluruh angka penjualan tersebut diperoleh Perseroan dari penjualan melalui showroom, department store, online, dan segmen lain. Penjualan ritel melalui showroom menyumbang sebesar Rp 325,01 miliar atau naik 85% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang saat itu sebesar Rp 175,25 miliar. Sedangkan penjualan melalui department store sebesar Rp 136,93 miliar, naik 10% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 124,38 miliar.

Adapun penjualan online ZONE sebesar Rp 34,47 miliar atau naik 119% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 15,73 miliar. Selebihnya, Rp 1,21 miliar diperoleh melalui segmen penjualan lainnya.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini