Bangun Sekolah untuk Anak Putus Sekolah Lewat Keuntungan NFT Musik Lagu ‘Percaya’

Sekolah Percaya

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Setelah sukses merilis single terbarunya, Percaya, yang berbentuk NFT musik pada 7 Oktober silam, Andien membangun sekolah di Kampung Pemulung Rawadas Pondok Kopi untuk anak-anak putus sekolah dari keuntungan yang didapatkan. Kegiatan sosial bertajuk Kegiatan Sekolah Anak Percaya ini diinisiasi bersama dengan Nara Kreatif, sebuah lembaga kewirausahaan sosial yang berfokus pada permasalahan anak putus sekolah.

Sebagai lagu yang memiliki makna dalam, Andien ingin lagu Percaya juga memiliki makna yang spesial bagi banyak orang. Sekolah Anak Percaya telah membantu lebih dari 50 anak putus sekolah dengan memberikan program-program sekolah unggulan dan pelatihan soft skill, juga hard skill yang berguna bagi masa depan anak-anak di kampung pemulung. Andien bersama Nara Kreatif menghadirkan program Sekolah Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C untuk anak putus sekolah berumur 7 hingga 21 tahun.

Seperti lagu Percaya yang bercerita mengenai pentingnya rasa Percaya, Andien juga ingin memberikan harapan bagi anak-anak putus sekolah untuk mendapatkan kesempatan yang sama dan merajut masa depan yang baik. Konsep lagu Percaya sendiri adalah menerima sisi rapuh sebagai seorang manusia dan percaya bahwa masalah, apa pun bentuknya, memiliki jalan keluar.

“Terkadang jalan yang tepat untuk menghadapi suatu masalah adalah dengan menerima. Termasuk menerima bahwa kita sedang ada masalah dan tidak baik-baik saja. Dengan kita bisa bertahan sampai sejauh ini juga sudah hebat. Jadi, percaya saja kalau pada saatnya, semua akan jadi lebih baik. Mungkin bukan sekarang, tapi suatu hari, pasti,” ucap Andien mengenai ide awal dari lagu Percaya. Andien ingin menyampaikan ke pendengar bahwa berani menerima masalah dan tetap percaya adalah dua kunci untuk menjalani hidup.

Dengan lirik lagu yang sudah sarat makna, Andien menginginkan melodi dan aransemen lagu Percaya ikut menyentuh hati pendengar. Andien memilih Ali Akbar Sugiri sebagai music director yang membantu Andien menyampaikan pesan lagu lewat bahasa aransemen musik. Ali Akbar Sugiri memasukkan unsur choir dan piano untuk menambah kesan syahdu lagu ini.

Andien 22, Melodi Monolog: Dan Lalu

Video musik lagu Percaya dibuat dengan sentuhan konsep dokumenter dan bekerja sama dengan Anatman Pictures, sebuah production house dokumenter yang peduli dengan isu lingkungan dan sosial. Mahatma Putra, founder Anatman Pictures yang juga menjadi sutradara video musik ini mengatakan “Pertama kali diajak Andien kolab untuk bikin music video Percaya ini, merasa konsepnya klop banget sama visi dan jiwa Anatman. Kritik sosial terbesar Anatman adalah kritik terhadap diri sendiri dalam hubungannya dengan lingkungan dan sosial. Bahwa hal kecil yang kita semua lakukan dalam kehidupan sehari-hari, punya dampak kolektif yang masif. Lewat PERCAYA kita diajak kembali untuk merenung dan bersyukur, dalam untung & malang. Subyek-subyek di video klip dokumenter ini penuh insight sederhana yang sangat bijaksana dalam menerima kepastian hidup, bahwa segalanya berubah. Hari baik dan hari buruk akan selalu datang, yang kita bisa lakukan hanya bersyukur menyambut perubahan-perubahan itu.”

Dalam video musik lagu Percaya, kita dapat melihat Andien berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya membawa bunga mawar dengan mata tertutup. Di sebelah Andien terdapat tulisan “Aku percaya kamu. Kamu percaya kamu?” Andien menawarkan pertanyaan reflektif bagi orang yang membacanya untuk memperkuat pesan lagu Percaya.

Untuk konsep NFT (non-fungible token) musik sendiri, Andien bekerja sama dengan Netra Music sebagai platform royalty sharing NFT. Seluruh pemegang NFT lagu Percaya akan mendapatkan royalti dari keuntungan stream lagu ini. Bryan Blanc, founder dari Netra Music, mengatakan “Andien telah memberikan kesempatan yang sangat spesial bagi kita semua dengan menghadirkan lagu Percaya dalam bentuk NFT.

Sejak awal, Netra ingin supaya fans dan artis bisa semakin dekat dan dapat tumbuh bersama. Kami percaya bahwa web3 dan NFT merupakan the next big thing di dunia musik, dan tidak ingin musisi dan fans tanah air ketinggalan. Sebagai pionir, Netra berkomitmen untuk menjadi jembatan tersebut. Mengedukasi dan memudahkan publik untuk masuk ke dunia web3, merupakan salah satu tanggung jawab kami”

Lagu Percaya sudah dapat dinikmati pendengar di berbagai platform streaming lagu, termasuk Spotify, Apple Music, dan Youtube Music. Musik video dokumenter Percaya sudah bisa disaksikan di youtube channel Andien Aisyah / Anatman Pictures. Jika ingin merasakan royalty sharing, NFT musik lagu Percaya tersedia dalam jumlah terbatas di netra.live.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini