Sungrow dan Provincial Electricity Authority of Thailand Teken MOU untuk Kerja sama yang Lebih Luas

Sungrow dan Provincial Electricity Authority of Thailand (PEA) menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang Bisnis Penyimpanan Energi dan Hidrogen Ramah Lingkungan.

BISNISASIA.CO.ID, BANGKOK – Sungrow, perusahaan terkemuka di dunia yang memasok inverter energi terbarukan dan solusi penyimpanan energi, dan Provincial Electricity Authority of Thailand (PEA) menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang Bisnis Penyimpanan Energi dan Hidrogen Ramah Lingkungan.

Provincial Electricity Authority of Thailand merupakan badan usaha milik negara yang menentukan standar teknologi terpenting untuk menjamin aspek keamanan dan stabilitas jaringan transmisi listrik di Thailand. PEA juga memimpin pasar Thailand dalam mencari peluang inovasi. Setelah meresmikan MOU dengan Sungrow, kedua pihak akan memiliki sarana kerja sama yang lebih beraneka ragam dan strategis di segmen penyimpanan energi, hidrogen ramah lingkungan, green bond, serta blockchain. Kerja sama penting ini ingin mewujudkan masyarakat yang rendah karbon di Thailand, serta mewujudkan lingkungan dengan emisi nol karbon. Di sisi lain, kerja sama ini mencerminkan lonjakan permintaan atas energi terbarukan, seperti solusi penyimpanan energi dan hidrogen ramah lingkungan, di Asia Tenggara. Kerja sama ini turut melibatkan kolaborasi antara pelaku sektor publik dan swasta demi mewujudkan lingkungan yang rendah karbon di Thailand. Lewat MOU ini, Sungrow akan mengandalkan kemampuannya untuk berinovasi dan menginkubasi proyek kerja sama riset antara industri-universitas dalam waktu dekat.

Sungrow menilai Thailand sebagai pasar penting. Kapasitas terpasang inverter PV Sungrow di negara ini tercatat lebih dari 1 GW, sedangkan, sistem penyimpanan energi tercatat lebih dari 140 MWh. Inverter dan sistem penyimpanan energi terbaik dari Sungrow telah digunakan dalam banyak proyek energi terbarukan yang berskala besar sehingga mempercepat langkah Thailand memanfaatkan energi terbarukan. Salah satu proyek tersebut adalah Sirindhorn Dam, proyek pembangkit listrik tenaga air dan tenaga surya terbesar di Thailand, memiliki kapasitas 45 MW di Ubon Ratchathani, Thailand. Sungrow dan Super Energy juga berkolaborasi pada 2021 untuk menggarap salah satu proyek BESS terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 136,24 MWh. Baru-baru ini, Sungrow juga memasok proyek penyimpanan energi berkapasitas 6,19 MWh untuk Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT) di Provinsi Mae Hong Son.

Sungrow Dorong Perkembangan Energi Terbarukan di Malaysia Lewat Solusi Lengkapnya

“Kami gembira menjalin kemitraan strategis dengan PEA, dan bersama-sama mengeksplorasi berbagai peluang kerja sama riset dan inovasi. Sungrow telah menggarap pasar Thailand selama bertahun-tahun, dan selalu mengembangkan energi terbarukan di Thailand lewat solusi mutakhir. Kami optimis untuk melanjutkan momentum inovatif guna mempercepat perkembangan energi terbarukan di Thailand,” ujar Steven Zhu, Country Manager, Sungrow Thailand.

“Kini, Thailand memanfaatkan tren aplikasi PV Tenaga Surya + BESS, serta menjajaki berbagai peluang dengan inovasi teknologi. Sungrow dikenal luas atas inovasi konsisten dan semangat inovasi. Sungrow juga berhasil menggarap proyek energi terbarukan terkemuka di pasar lokal. Kami gembira bekerja sama dengan Sungrow dan berkontribusi mendukung Thailand, serta negara lain di Asia Tenggara untuk mencapai lingkungan dengan emisi nol karbon,” kata Sompong Dumrongongtragool, Deputy Governor, Provincial Electricity Authority of Thailand (PEA).(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini