Omdia: LTPO-AMOLED akan Mendominasi Pertumbuhan di Pasar Layar Ponsel Cerdas yang Lesu

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BISNISASIA.CO.ID, LONDON – Pelacak pasar layar ponsel cerdas terbaru Omdia menunjukkan bahwa LTPO-AMOLED untuk ponsel cerdas akan tumbuh sebesar 94% dari tahun ke tahun (YoY) pada akhir tahun 2022 dan akan mempertahankan tingkat pertumbuhan sebesar 25% YoY pada tahun 2023 di pasar layar ponsel cerdas yang lesu.

Pada tahun 2022, permintaan layar ponsel cerdas merosot menjadi 1.425 juta yang turun sebesar 18% akibat reaksi terhadap pengadaan layar yang berlebihan pada tahun 2021 dalam mengantisipasi pemulihan pasar pasca-COVID-19, dan pendinginan konsumsi dalam inflasi global.

Di pasar layar ponsel cerdas, AMOLED Bersuhu-Rendah-Polikristalin-Oksida dengan substrat Fleksibel (LTPO) (Fleksibel) diperkirakan akan meningkat secara signifikan menjadi 148 juta, tumbuh 94% YoY pada tahun 2022, sementara keseluruhan AMOLED Bersuhu Rendah-Polikristalin-Silikon (LTPS) (substrat Kaku & Fleksibel) menurun menjadi 440 juta (turun 19% YoY) dan total LCD TFT menurun 836 juta (turun 26% YoY).

Menurut Hiroshi Hayase, Manajer Riset dalam Praktik penelitian layar Omdia, “Permintaan yang kuat untuk seri iPhone 14 Pro, yang menggunakan LTPO-AMOLED berkonsumsi daya rendah serta menawarkan nilai tambahan untuk daya baterai yang lebih lama dan Layar-Selalu-Aktif, berkontribusi pada pertumbuhan signifikan dari pengiriman LTPO-AMOLED.”

Omdia: TikTok Berhasil Menyalip Netflix Sebagai Aplikasi yang Paling Populer dengan Usia di Bawah 35 Tahun di AS

Pertumbuhan dalam pengiriman LTPO-AMOLED, yang sangat sulit untuk teknologi produksi massal, telah sedikit memperlebar ketimpangan antara produsen di Korea yang terdepan secara teknis dan produsen di Tiongkok yang mengejar. Dalam hal keseluruhan pendapatan layar ponsel cerdas pada tahun 2021 dan 2022, Samsung menduduki peringkat pertama, BOE kedua, serta LG Display ketiga. Pangsa pendapatan keseluruhan produsen di Korea diperkirakan akan meningkat dari 58% pada tahun 2021 menjadi 64% pada tahun 2022, sementara pangsa keseluruhan produsen di Tiongkok diperkirakan akan meluas dari 33% pada tahun 2021 menjadi 29% pada tahun 2022.

Pasar layar ponsel cerdas diperkirakan akan sedikit meningkat menjadi 1.462 juta (tumbuh 3% YoY) pada tahun 2023. Keseluruhan tingkat pengiriman LCD TFT pada 816 juta (turun 2% YoY) dan keseluruhan LTPS-AMOLED diperkirakan akan meningkat menjadi 460 juta (tumbuh 4% YoY), sementara hanya LTPO-AMOLED yang diperkirakan akan menikmati pertumbuhan pengiriman sebesar 186 juta serta pertumbuhan 25% YoY.

“Karena situasi ekonomi yang berat, konsumen memilih produk yang bernilai tinggi dengan hati-hati. Nilai konsumsi berdaya rendah oleh LTPO-AMOLED yang dihadirkan pada ponsel cerdas akan terus mendorong permintaan di pasar layar ponsel cerdas di sepanjang tahun 2023”, simpul Hiroshi Hayase.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini