Nikmati Koktail Unik Hong Kong dan Rekomendasi Hidangan Pendampingnya dari Hong Kong Super Fans

Yuen Yeung Martini (foto: PONG LKF)

BISNISASIA.CO.ID, HONG KONG – Bersantai di penghujung hari yang sibuk atau merayakan malam bersama teman-teman? Apa ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan segelas koktail yang terinspirasi dari Hong Kong. Selalu menyegarkan, menyenangkan, dan menambah kegembiraan ekstra pada momen Anda, racikan koktail ini mampu meningkatkan suasana hati dengan sentuhan unik khas Hong Kong.

Kami punya semua resepnya agar Anda bisa meracik koktail Anda sendiri atau di mana Anda bisa mendapatkan koktail ini jika Anda berencana melakukan perjalanan berikutnya ke Hong Kong. Untuk memulainya, kami telah meminta rekomendasi dari tiga Hong Kong Super Fans dan penggemar makanan: Chef Yuda Bustara (@yudabustara), Eric Eko Santoso (@ericekos), dan Mullie Marlina (@myfunfoodiary) tentang makanan apa yang paling cocok dipadukan dengan koktail ini.

Yuen Yeung Martini

Rasa unik dari Yuen Yeung Hong Kong yang populer umumnya dibuat dengan mencampurkan teh susu dan espresso. Tambahkan vodka dan voila… Anda mendapatkan Yuen Yeung Martini.

Diplomat kuliner dan Urban Cook Chef Yuda Bustara menjelaskan, karena profil kopi dan cita rasa manisnya, Yuen Yeung Cocktail sangat cocok dipadukan dengan hidangan manis, seperti Hong Kong pineapple bun atau pudding tofu hangat. “Bayangkan makan Hong Kong pineapple bun yang baru dimasak, lalu tambahkan mentega yang meleleh dan gurih di tengahnya, sambil menikmati koktail Yuen Yeung ini…rasanya pas banget kan! Bisa dinikmati saat brunch di Minggu siang atau bahkan saat berkumpul di Sabtu malam bersama teman-teman, sebelum melanjutkan pesta ke Lan Kwai Fong,” imbuhnya.

Bagi pencinta makanan Eric Eko Santoso, Yuen Yeung alias Teh Susu Kopi mengingatkannya akan Coffee Milk Tea Hong Kong di Cha Chaan Teng, sebuah café atau tempat makan ala Hong Kong yang banyak ditemui di Hong Kong. “Koktail Yuen Yeung ini seperti Cha Chaan Teng 2.0 banget, karena pakai tambahan liquor,” katanya. Dengan rasa yang milky dan creamy, koktail ini juga akan sangat cocok dengan Hong Kong egg tart yang manis dan lembut.

Anda bisa mendapatkannya di Hong Kong: PONG LKF, Lan Kwai Fong, Central

Menjelajah dan Bermain di Atraksi Terbaru Hong Kong

Tangerine Peel Tea 10yrs

Tangerine Peel Tea 10yrs menggunakan Chen Pi atau potongan kulit jeruk mandarin kering dalam resepnya. Chen Pi adalah bahan tradisional Hong Kong, yang biasa dipakai dalam obat herbal Cina. Membuat koktail dengan Chen Pi menambah kesegaran rasa jeruk dalam rasa dan aromanya.

“Chen Pi yang dijadikan bahan koktail pasti memberikan rasa segar dan fruity. Koktail yang dibuat dengan Chen Pi ini akan berpadu sempurna dengan hidangan asin, gurih, dan pedas! Dimsum Hakau, Mie Pangsit atau Siu Mei Hong Kong akan sangat serasi dengan koktail ini,” saran Chef Yuda Bustara.

“Gui Ling Gao dipasangkan dengan Tangerine Peel Tea 10yrs? Mengapa tidak!” Eric Eko Santoso merekomendasikannya karena cita rasa herbal dan sedikit rasa pahit namun segar dari koktail ini.

Anda bisa mendapatkannya di Hong Kong: Starry Night, Tai Kok Sui, Kowloon

Chen Pi Li Tano

Dari makanan pembuka hingga penutup, Chen Pi merupakan salah satu bahan yang sangat umum digunakan yang mewakili Hong Kong. Jika Anda menyukai koktail dengan rasa jeruk segar, Anda harus mencoba yang satu ini!

“Hong Kong Egg Tart dengan base egg custard yang manis akan sangat cocok berpasangan dengan koktail yang light dan menyegarkan ini,” saran Mullie Marlina.

Penggemar kuliner Hong Kong mungkin sudah akrab dengan Chen Pi karena banyak digunakan dalam hidangan Hong Kong. “Chen Pi dapat digunakan sebagai bumbu dapur juga, tidak harus dijadikan minuman. Terbuat dari kulit jeruk tangerine yang dikeringkan, Chen Pi banyak dipakai di makanan Hong Kong untuk memberikan rasa yang segar dan fruity, contohnya di dalam tumisan maupun hotpot,” jelas Chef Yuda Bustara.

Anda bisa mendapatkannya di Hong Kong: Lucciola Restaurant & Bar, Wan Chai, Hong Kong

Moment of Sky Lantern

Kubus Jelly warna-warni sangat mudah didapatkan di toko kue tradisional Hong Kong. Koktail yang kreatif ini menggunakan kubus jelly warna-warni sebagai salah satu bahannya, membayangkan kubus-kubus tersebut layaknya lampion di Festival lampion Pingxi.

Dan makanan apa yang paling cocok menemani koktail ini? Bagi Mullie Marlina, dimsum gurih seperti chongfen udang atau charsiu, dan juga dimsum goreng dengan isian daging sangat cocok dimakan bersama koktail ini.

“Bahan koktail ini memang simple, hanya Gin, jus lemon, jus nanas dan Tonic, lalu ditambahkan kubus jeli warna-warni yang melambangkan lentera di Festival Lentera di Pingxi, membuat koktail ini sangat instagramable dan cocok dipasangkan dengan apapun, misalnya hotpot Hong Kong dan mango pomelo dessert,” Chef Yuda Bustara menjelaskan.

“Menurut saya nggak ada yang lebih seru selain makan hotpot di Hong Kong, banyak banget pilihan toppingnya, condimentsnya, proteinnya, pokoknya makan hotpot pedas saat winter di Hong Kong bersama teman-teman itu pengalaman yang harus kamu coba!” tambahnya.

Anda bisa mendapatkannya di Hong Kong: Wan Land Cafe, Tai Kok Sui, Hong Kong

Jadi, yang mana koktail favorit Anda? Mungkin Anda ingin mencoba membuat salah satunya dan menikmatinya dengan ide hidangan favorit Anda sendiri, atau mungkin Anda merencanakan perjalanan akhir tahun ke Hong Kong? Bersiaplah untuk merasakan lebih banyak cita rasa dalam petualangan lezat di Hong Kong karena Hong Kong Wine & Dine Festival 2022 kembali hadir di bulan November ini. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi: Hong Kong Wine & Dine Festival 2022.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini