Unilever Melalui Vaseline Luncurkan Kemitraan Edukasi Kesehatan Kulit Bersama PERDOSKI

Penjelasan proses cetak Cyanotype oleh Lina Nata, General Manager Black Hand Gang.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2022, Unilever melalui Vaseline sebagai salah satu brand perawatan kulit terdepan meneguhkan kembali kemitraan dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Cabang Jakarta melalui kegiatan edukasi kesehatan kulit yang mudah dijangkau oleh perempuan Indonesia. Kemitraan antara Unilever melalui Vaseline dan PERDOSKI Cabang Jakarta merupakan wujud komitmen dalam mendorong tercapainya Kulit Sehat Untuk Hidup Tanpa Batas yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, selaku Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta, berupaya agar misi asosiasi, yakni meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama kesehatan kulit, dapat tercapai, antara lain melalui dukungan berbagai pihak dengan kepedulian yang sama. “Melalui kesamaan misi untuk meningkatkan kepedulian, pemahaman, dan derajat kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan kulit, kami antusias dan mengapresiasi kemitraan bersama Unilever yang telah terjalin hingga saat ini secara berkelanjutan. PERDOSKI Cabang Jakarta bersama dengan Unilever berharap agar perempuan Indonesia semakin peduli akan pentingnya kesehatan kulit” jelas dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV.

Dalam pemaparannya, Dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV menjelaskan dampak dari peningkatan intensitas kegiatan luar ruangan sejak awal mula pandemi. “Berdasarkan berbagai studi, paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat memicu produksi melanin hingga mendorong penyerapan ultraviolet. Penyerapan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan photoaging atau kerusakan kulit akibat sinar UVA/UVB berlebih, imunosupresi (imun yang menurun), hingga fotokarsinogenesis, yaitu pembentukan keganasan yang dipicu akibat proses kompleks dari paparan sinar surya terutama sinar UV,” kata dr. Danang.

Riset PERDOSKI lainnya juga menunjukkan bahwa Indonesia sebagai daerah tropis memiliki tingkat UVI yang tinggi, hingga mencapai nilai UVI 10-11+ pada siang hari. Oleh karena itu, perempuan perlu lebih waspada terhadap efek samping paparan matahari terutama pada siang hari. Risiko paparan yang semakin tinggi juga sebagai imbas dari aktivitas masyarakat yang kembali berangsur normal. Data Mobilitas masyarakat Indonesia secara signifikan memperlihatkan adanya peningkatan aktivitas luar ruangan hingga 16% pada area perkantoran dan 30% pada area ritel dan rekreasi.

Esa Mahira Arman, Senior Brand Manager Vaseline menegaskan komitmen Vaseline dalam memberikan edukasi pentingnya kesehatan kulit pada konsumen. “Vaseline terus berupaya mengedukasi perempuan Indonesia agar tetap menjaga kesehatan kulit di tengah perubahan kondisi lingkungan. Kami berharap kemitraan PERDOSKI Cabang Jakarta dengan Unilever yang terjalin sejak 2019 melalui The Vaseline Healing Project dapat terus berjalan. Peningkatan literasi dan pengetahuan perempuan Indonesia tentang efek buruk sinar UVA/UVB serta radikal bebas berlebih, perlu menjadi perhatian bersama. Vaseline juga mengajak perempuan Indonesia untuk mengambil langkah preventif yang tepat bagi kesehatan kulit mereka” jelas Esa.

Untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia yang telah kembali beraktivitas secara aktif di luar ruangan, Vaseline meluncurkan kembali produk Vaseline UV Extra Brightening Hand and Body Lotion dengan inovasi teknologi GlutaGlow yang dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dengan kekuatan 10x antioksidan serta Triple UV Filter untuk perlindungan ekstra terhadap UVA dan UVB.

PT Unilever Indonesia, Tbk. Pertahankan Kinerja yang Kuat di Kuartal II 2022, Penjualan Domestik Naik 7,8%

“Seperti yang disampaikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Danang Triwahyudi, perempuan Indonesia berpotensi untuk terpapar efek buruk jangka panjang dari sinar matahari. Menjawab kebutuhan perempuan saat ini, Vaseline meluncurkan varian UV Extra Brightening dengan inovasi Teknologi GlutaGlow sebagai langkah preventif terhadap sinar matahari yang telah diperkaya dengan Vitamin B3, Vaseline jelly, Triple Sunscreen, dan antioksidan untuk mencegah radikal bebas,” kata Esa.

Sebagai Skincare Enthusiast, Affi Assegaf menceritakan pengalamannya belajar dan merawat kulit tubuh. “Edukasi mengenai dampak buruk sinar UV dan kondisi lingkungan yang menciptakan radikal bebas, seperti polusi udara dan asap rokok, sangat penting bagi perempuan Indonesia. Saya mengajak perempuan sebagai konsumen untuk lebih peduli dan proaktif mencari informasi mengenai kandungan yang ada di dalam skincare dan bodycare. Dengan begitu, sebagai perempuan kita bisa mendapatkan manfaat yang optimal dan sesuai kebutuhan kulit, khususnya perlindungan dari sinar UVA/UVB dan radikal bebas. Selain untuk melindungi kulit, saya juga menggunakan hand and body lotion sebagai bentuk kasih sayang, kindness, terhadap diri kita,” tutur Affi.

Dalam rangkaian acara konferensi persnya, Vaseline juga menampilkan kolektif desain Black Hand Gang, dengan menampilkan karya seni fotografi menggunakan proses cyanotype, yaitu teknik fotografi yang menggunakan sinar UV untuk menciptakan hasil karyanya. “Sinar matahari adalah salah satu faktor yang tak tergantikan dalam proses pembuatan cyanotype. Karya seni melibatkan eksperimen dengan produk Vaseline UV Extra Brightening Hand & Body Lotion yang memberi lapisan pelindung di antara karya seni dan sinar matahari. Hasil foto terlihat lebih pudar dibandingkan foto tanpa lapisan lotion karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Eksperimen ini merupakan interpretasi artistik tentang bagaimana kulit tubuh kita mendapatkan perlindungan yang sama ketika menggunakan lotion,” kata Lina Nata, General Manager Black Hand Gang.

Menutup konferensi pers, Esa menyampaikan, “Semoga kemitraan Unilever melalui Vaseline bersama PERDOSKI Cabang Jakarta dapat mendorong perempuan Indonesia untuk semakin yakin dan peduli dalam menjaga kesehatan kulit.”(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini