PKBLBB 2022 Sukses Jalankan Misi Sosialisasi Kendaraan Listrik Kepada Masyarakat

PKBLBB 2022

BISNISASIA.CO.ID, BALI – Lingkungan hidup merupakan isu global yang menjadi salah satu prioritas pada Presidensi G20 2022 yang diselenggarakan di Bali. Mendukung program tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menggelar Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 sebagai upaya transisi energi dalam menurunkan emisi karbon di Indonesia. Melalui PKBLBB 2022, Kemenhub ingin mengkampanyekan kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum. PKBLBB 2022 menjadi sarana kerjasama antara pemerintah, akademisi, masyarakat, dan pihak swasta untuk berkolaborasi dalam mewujudkan transisi energi.

Selama 5 hari pameran, turut hadir tokoh-tokoh yang mendukung penuh hadirnya kendaraan listrik di Indonesia, diantaranya Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi; Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki; Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko; Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hendro Sugiatno; Direktur Jenderal Dikti Ristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nizam; Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati; Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Diaz Hendropriyono; Staf Ahli Bidang Keselamatan & Konektivitas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Maria Kristi Endah Murni dan Walikota Gorontalo, Marten A. Taha.

PKBLBB 2022 menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat merasakan inovasi produk dari berbagai brand yang turut memeriahkan acara. Masyarakat dapat mencoba berbagai kendaraan listrik melalui program test ride dan test drive. Selain itu, terdapat program lainnya seperti entertainment, showcase, talk show dan seminar yang informatif, sehingga pameran ini mampu menjawab berbagai persoalan sebelum menggunakan kendaraan listrik. Hadirnya kendaraan konversi juga memperlihatkan bahwa dunia modifikasi terus berkembang dan kreativitas modifikator dapat dituangkan ke kendaraan listrik, serta mendapat berbagai benefit setelah mengkonversi kendaraannya.

Bentuk Kolaborasi Nyata, Pemerintah Hingga Pelaku Kreatif Dukung PKBLBB 2022

Indonesia mendukung adanya transisi energi dengan melakukan berbagai perubahan kebijakan yang telah ditetapkan. Hal ini selaras dengan yang diungkapkan Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko saat memberikan welcoming speech pada sesi seminar (15/11), “Harapan saya hadirnya kendaraan listrik dapat menjadi hal baru yang dapat memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Indonesia”. Turut hadir pada acara tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, bersama Direktur Sarana dan Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Danto Restyawan; dan Akademisi Universitas Udayana, Ainul Ghuri.

Adapun participants yang ikut menyemarakkan semangat era elektrifikasi yaitu Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling sebagai official partners G20. Di samping itu, Astra Honda Motor, Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, PERIKLINDO, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle hadir sebagai participant dalam penyelenggaraan PKBLBB 2022.

PKBLBB dilaksanakan selama 11 – 16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai. Selain pelaksanaan exhibition setiap harinya, turut diadakan Talkshow, Test Ride dan Test Drive (roda 2 dan roda 4), Student Showcase, Community Showcase dan Entertainment. Acara ini juga akan dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini akan dibuka pukul 10.00 – 21.00 WITA setiap harinya dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis. Terkait akses menuju pameran, pengunjung dapat menggunakan fasilitas EV – Shuttle yang tersedia di berbagai titik, tanpa dipungut biaya. Protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah akan diterapkan selama pameran berlangsung.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini