YOFC Berpartisipasi di World Optical Fibre & Cable Conference 2022

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, WUHAN – Yangtze Optical Fibre and Cable Joint Stock Limited Company (YOFC), perusahaan komunikasi optik terkemuka di dunia, sebagai mitra dan sponsor utama World Optical fibre & Cable Conference selama bertahun-tahun, kembali berpartisipasi di ajang global ini pada 2022, berlangsung di Milan dari 7-9 November 2022. Memenuhi undangan dari pihak penyelenggara acara, Executive Director & President, YOFC, Zhuang Dan, mengikuti forum diskusi dalam acara ini pada 8 November lalu. Di sesi tersebut, dia mengulas status terkini di industri serat dan kabel optik bersama eksekutif lain dari beberapa produsen kabel terkemuka, termasuk Prysmian Group asal Eropa dan Corning Incorporated asal Amerika Serikat. Selain itu, Senior Vice President, YOFC, Jan Bongaerts, menyampaikan paparan berjudul “Leverage ‘BRIGHTS’ to Capture New Growth Opportunities of Digital Economy” (Mengandalkan “BRIGHTS” guna Menangkap Peluang Pertumbuhan Baru di Ekonomi Digital).

Ketika transformasi digital tengah berlangsung di seluruh sektor, dan semakin dipercepat oleh dampak pandemi Covid-19, ekonomi digital menjadi unsur penggerak di balik dunia yang bergerak lebih pesat dari perkiraan sejumlah pihak. Bekerja jarak jauh (remote working), belajar daring, dan diagnosis medis jarak jauh kini tampil sebagai kebiasaan baru. Hasilnya, akses koneksi pita lebar (broadband) berkecepatan tinggi dan andal menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, dari data masif hingga kecerdasan buatan, dan dari konsumsi hingga manufaktur pintar, digitalisasi berperan sebagai unsur penggerak utama dalam pembangunan ekonomi dan transformasi sosial di negara-negara utama di seluruh dunia. Maka, pemerintah harus meningkatkan kemampuan dalam pertumbuhan digital dengan terus memperkuat infrastruktur informasi.

Tiongkok pun mengalami lonjakan penggunaan koneksi pita lebar gigabita dan penetrasi 5G yang semakin cepat. Tahun ini, Tiongkok bahkan meluncurkan proyek “Eastern Data and Western Computing” guna meningkatkan pusat data di wilayah yang secara ekonomi masih tertinggal, namun memiliki banyak sumber daya energi. Di saat bersamaan, banyak negara turut mempercepat pembangunan infrastruktur 5G dan FTTx dengan investasi yang semakin besar. Hal ini menimbulkan lonjakan permintaan atas serat dan kabel optik. Menurut CRU, perusahaan terkemuka asal Inggris yang menyediakan analisis dan jasa konsultasi di sektor komoditas, permintaan global atas serat dan kabel optik segera mengalami peningkatan dari 2022-2027. Zhuang juga menggarisbawahi, Tiongkok, berkontribusi lebih dari 50% terhadap permintaan global tersebut, akan mengalami pertumbuhan yang stabil di segmen ini dalam beberapa tahun ke depan.

Digerakkan transformasi digital global, sektor serat dan kabel optik memasuki babak pertumbuhan baru. Dengan potensi besar, serat optik G.654.E buatan YOFC, produk yang tepat untuk teknologi transmisi ultra-high-speed, berhasil diaplikasikan dalam beberapa jalur trunk cable milik tiga operator telekomunikasi utama di TIongkok, serta proyek transmisi tegangan listrik yang sangat tinggi milik State Grid Corporation of China. Bahkan, serat optik ini telah dipakai sepanjang lebih dari 1 juta fkm. Permintaan agregat Tiongkok atas serat optik generasi baru G.654.E diperkirakan mencapai 10 juta fkm (panjang inti) pada 2025. Aplikasi global berskala besar juga diprediksi, sebab beberapa operator telekomunikasi di seluruh dunia mulai mempertimbangkan pemakaian serat optik pada jalur trunk.

Guna menangkap peluang luar biasa dari transformasi digital di seluruh sektor, YOFC meluncurkan serat dan produk kabel all-optical serta solusi berkinerja tinggi seri “BRIGHTS”, memiliki pita lebar yang besar, keandalan, teknologi pintar, aspek ramah lingkungan, kualitas tinggi, efisiensi waktu, dan keamanan.

Pita Lebar yang Besar

Di tengah kompleksitas jaringan yang kian tinggi, masifnya data yang harus ditransmisikan, dan beban pita lebar yang bertambah besar sejalan dengan transisi menuju ekonomi digital, YOFC melansir beberapa serat optik mutakhir, termasuk serat optik trunk line generasi baru G.654.E, serat optik multimoda dengan pita lebar yang besar, serta serat optik multi-core dan hollow-core untuk memperkuat jaringan optik.

Keandalan

Dengan portofolio serat dan kabel optik yang lengkap dan dapat digunakan dalam jaringan akses dan jaringan backbone, serta memenuhi kebutuhan transmisi optik dalam beragam skenario penggunaan dari darat hingga laut, YOFC melayani segmen pasar yang semakin berkembang pesat ini, sekaligus menjamin stabilitas operasional jaringan all-optical.

Teknologi Pintar

YOFC juga telah mengembangkan beberapa solusi pintar yang dapat meningkatkan kualitas koneksi all-optical secara keseluruhan dengan memfasilitasi deteksi kerusakan dan lokasi dengan cepat, pemantauan seketika (real-time) pada kinerja jalur optik, serta prediksi kualitas. Solusi ini mencakup sistem pemantauan kabel optik otomatis, sistem sensor suhu yang terdistribusi, dan lain-lain.

Ramah Lingkungan

Serat optik G.654.E YOFC mampu menghemat konsumsi energi sebesar 20% pada optical relay station, serta 50% pada electrical relay station dalam transmisi long-haul trunk. Dengan mengintegrasikan ultra-high density optical distribution frame, pre-terminated optical cable, serta modul optik, solusi pusat data dari YOFC meningkatkan densitas ruang kabel, serta mengurangi kendala kanal panas dan dingin sekaligus mewujudkan pita lebar berskala luas dan menghemat energi.

Kualitas Tinggi

Berdasarkan filosofi yang mengejar kesempurnaan, YOFC berkomitmen mengembangkan beragam serat dan kabel optik yang telah teruji waktu dengan memanfaatkan bahan baku premium, dan mengoptimalkan proses manufaktur. Memiliki klien di lebih dari 90 negara dan wilayah di seluruh dunia, YOFC dikenal luas akan solusi yang bermutu tinggi di industri.

Efisiensi Waktu

Demi meningkatkan kinerja saat menerapkan jaringan all-optical, YOFC, berdasarkan lingkungan aplikasi dan lokasi jaringan, mendesain dan mengembangkan beberapa solusi serat dan kabel optik baru yang secara fleksibel dan efisien memenuhi kebutuhan jaringan all-optical dalam beragam skenario, termasuk kabel all-dry, micro-cluster, air-blown serta ultra-high-fibre-count (UHFC).

Keamanan

Di tempat yang memiliki transmisi data berkecepatan tinggi dan berbagi sumber daya, YOFC terus mengeksplorasi potensi teknologi komunikasi optik, serta menyediakan keamanan dari berbagai jenjang untuk kelancaran operasional di fasilitas berskala besar, termasuk jaringan transmisi listrik, jalur migas, dan peralatan listrik lewat produk sensor serat optik dengan jaringan luas, sensitivitas tinggi, serta akurasi optimal.

Di konferensi ini, Zhuang juga berdiskusi dengan eksekutif dari Prysmian Group dan Corning tentang status dan tren terkini, serta peluang dan tantangan di sektor serat dan kabel optik global. Menurut Zhuang, terlepas dari fundamental positif di sektor ini, pelaku industri masih menghadapi ketidakpastian dan tantangan, termasuk ketegangan politik di beberapa wilayah, keterbatasan pasokan bahan baku, kapasitas pengiriman produk yang kurang memadai, serta lonjakan biaya pengiriman produk. Akibatnya, pelaku industri harus mempererat kerja sama demi menjamin pembangunan berkelanjutan di industri ini.

YOFC berkomitmen memperluas konektivitas serat optik ke setiap penjuru dunia, serta membangun landasan yang baik dalam pembangunan ekonomi digital. Dengan misi tersebut, YOFC, mengandalkan inovasi independen, akan selalu melakukan iterasi produk dan mengembangkan produk serta solusi baru yang menggerakkan pertumbuhan industri, sekaligus terus meningkatkan jaringan pemasaran internasional serta bekerja sama dengan mitra untuk menangkap peluang dunia digital yang selalu berkembang.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini