World Laureates Forum Kelima Dibuka dengan Acara Penyerahan Penghargaan WLA yang Pertama

Dua pemenang Penghargaan WLA menerima medali dalam acara penyerahan Penghargaan WLA yang pertama di World Laureates Forum Kelima pada 6 November lalu.

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – World Laureates Forum Kelima, atau WLA Forum, sukses digelar di Shanghai, diikuti 60 ilmuwan kenamaan dunia, termasuk 27 pemenang Penghargaan Nobel.

Forum tahunan ini mengangkat tema “Science Forward: Create a Bright Future”. Menurut Roger Kornberg, Chairman, World Laureates Association (WLA), dan pemenang Penghargaan Nobel Kimia pada 2006, dunia berubah dengan cepat, dan sains membantu kita mengatasi tantangan masa depan. Sebelum resmi dibuka, beragam pertemuan dan kegiatan, termasuk WLA Zero Carbon Forum, WLA SHE Forum, WLA Sci-T Conference, dan WLA Laboratories Forum yang baru dilansir, telah berlangsung sejak 29 Oktober lalu. (Ikuti akun Twitter&Facebook @wlaforum)

Secara khusus, ajang perdana World Laureates Association Prize (Penghargaan WLA) diserahkan kepada dua ilmuwan di sesi pembukaan WLA Forum pada 6 November. Penghargaan WLA 2022 dalam Ilmu Komputer atau Matematika diraih oleh Michael I. Jordan, Profesor, Department of Electrical Engineering and Computer Sciences & Department of Statistics, UC Berkeley, atas kontribusi fundamental terhadap dasar-dasar machine learning dan aplikasinya. Sementara, Penghargaan WLA dalam Ilmu Hayati atau Kedokteran diraih oleh ahli biokimia asal Jerman Dirk Gorlich, Scientific Member & Director, Max Planck Institute for Multidisciplinary Sciences, atas temuan penting yang menjelaskan mekanisme dan selektivitas protein transport antara sitoplasma dan nukleus.

Michael I. Jordan, Pemenang Penghargaan WLA 2022 dalam Ilmu Komputer atau Matematika—”Di Berkeley, kami memiliki tradisi, jika seseorang meraih penghargaan, setiap orang mengirim ucapan selamat lewat surel sepanjang hari. Jadi, saya gembira memperoleh 100 surel berisi ucapan selamat.”

Dirk Gorlich, Pemenang Penghargaan WLA 2022 dalam Ilmu Hayati atau Kedokteran—”Saya mendapat sebuah kejutan dan merasa sangat gembira. Saya mendapat kehormatan besar. Menurut saya, seseorang sebaiknya jangan berkutat dengan sains jika hanya ingin meraih penghargaan. Sains sendiri sebenarnya mendatangkan kepuasan pribadi. Keterlibatan dalam sains merupakan sebuah privilese.”

Hadiah dalam bentuk uang tunai untuk setiap penghargaan mencapai RMB 10 juta ($1,39 juta). Informasi lebih lanjut tentang nominasi Penghargaan WLA pada 2023 akan diumumkan pada situs resmi www.wlaprize.org.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini