Para Pemenang “She Loves Tech Global Startup Competition” Diumumkan

Startups and Judges at the She Loves Tech 2022 Grand Finals

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Kesehatan & Kesejahteraan, Pendidikan, dan Dampak Sosial menjadi tiga fokus utama di ajang She Loves Tech Global Competition tahun ini yang memasuki edisi kedelapan. Sementara, femtech menjalani debutnya di daftar “2022 Top Ten industries”, mencerminkan tren berkembang yang mengaitkan perempuan dan teknologi.

Babak Final She Loves Tech—kompetisi usaha rintisan terbesar di dunia untuk perempuan dan teknologi berlangsung pada 5 November dan menampilkan 28 finalis (dari 5.000 peserta asal 90+ negara), termasuk Lios (mewakili kawasan Nordik), usaha rintisan yang penuh terobosan, membuat material akustik baru dan aplikasi terapi suara yang mencegah kerusakan indra pendengaran, yang tampil sebagai Juara Global. Algbio (bahan bakar nabati dari alga) asal Turkiye, dan GoBEBA (quick commerce di segmen barang perlengkapan rumah) asal Afrika masing-masing menjadi juara kedua dan ketiga. Sementara, Mimicrete (biomimetic self-healing concrete) asal Inggris memenangkan “Impact Award” dari ADBV.

Di kompetisi tahun ini, dampak sosial [13,1%] kembali menempati daftar sektor Tiga Besar dengan kenaikan sebesar 44,3% dibandingkan 2021, disusul kesehatan & kesejahteraan [17,4%] dan pendidikan [14,8%]. Banyak perempuan menjadi pengguna akhir di ketiga sektor tersebut. Di sisi lain, usaha rintisan di ketiga sektor tersebut juga mengatasi kendala yang menghambat kaum perempuan. Hal yang semakin memperkuat tren ini, femtech [8,9%] menempati daftar 10 Besar untuk pertama kalinya. Pihak panitia juga menyaksikan kategori solusi yang semakin beraneka ragam di berbagai industri, serta kenaikan pamor femtech, isu keberlanjutan, serta assistive technology di seluruh dunia. Lebih lagi, panitia pun menemukan tren positif dari sisi pendiri usaha rintisan—66% peserta kompetisi merupakan sosok yang baru pertama kali mendirikan usaha rintisan, 55% berlatar belakang teknologi, serta 80% memiliki tim dengan latar belakang yang majemuk.

Meraih Predikat Best Proptech Startup di Indonesia, Rukita Perkuat Posisi sebagai Market Leader di Sektor Proptech Tanah Air

Para finalis She Loves Tech Startup di seluruh dunia akan bertemu di Singapura di ajang She Loves Tech Global Conference pada minggu ini, dari 10-11 November.

Tema Konferensi tahun ini adalah #daringtobe. Sim Ann, Menteri Negara Senior Singapura dalam Bidang Pembangunan Nasional dan Menteri Luar Negeri Singapura, akan membuka acara bersama Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Inovasi Islandia Áslaug Arna Sigurbjörnsdóttir. Kedua sosok juga akan berdialog dengan tema “From the Arctic to the Equator: Great Strides in Women Empowerment and Technology.”

Konferensi tahun ini untuk pertama kalinya akan menampilkan Girls Track, Wellness Festival, serta Personal Development Workshops (purpose/value-finding, negosiasi, mindful leadership). Sederet topik seperti femtech, isu keberlanjutan, tahap awal dari masa depan dunia kerja, pengelolaan uang, membangun daya tahan, dampak positif, serta web3/metaverse turut dibahas selama dua hari. Konferensi ini didukung oleh Microsoft, P&G, UBS, IMDA, SWIRE Group, MTR Corporation Limited, Stripe, ADB Ventures, McDermott Will & Emery, Citigate Dewe Rogerson, Potato Production, Branded, Shareable Apps, serta Soldout.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini