Filipina Raih SFF Global Fintech ASEAN Leader Award yang Pertama

Amor Maclang (tengah) menerima "Global Fintech ASEAN Leader Award" dari Jia Hang, General Manager, SEA, Ant Group (kiri) dan Shadab Taiyabi, President, Singapore FinTech Association (kanan).

BISNISASIA.CO.ID, MANILA – Penyelenggara Digital Pilipinas dan Philippine Fintech Festival Amor Maclang memenangkan “ASEAN Fintech Leader Award” yang pertama untuk Filipina. Penghargaan ini mengapresiasi kiprahnya dalam menjalin kolaborasi lintaswilayah yang baik di ASEAN.

Global FinTech Awards diserahkan di ajang bergengsi Singapore FinTech Festival di Singapura, pertemuan pelaku tekfin dan ekonomi digital di seluruh dunia.

“Tekfin menjadi salah satu pilar yang semakin meningkatkan ketangguhan ekonomi digital, tak hanya kuat. Maka, penghargaan ini bukan sekadar mencerminkan kepentingan global terhadap Digital Pilipinas, namun satu ASEAN Digital. Lebih lagi, Tekfin terbesar di dunia bukan hanya mencakup satu perusahaan, melainkan ASEAN. Saya mempersembahkan penghargaan ini untuk seluruh pemimpin Tekfin luar biasa di ASEAN yang bekerja keras menjalin kolaborasi,” ujar Maclang.

SFF Global FinTech Awards, pertama kali diluncurkan pada 2021, merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang inovasi Tekfin. Dipersembahkan oleh The Monetary Authority of Singapore (MAS), Singapore FinTech Association (SFA), serta The Association of Banks di Singapura, dan didukung PwC Singapore, penghargaan ini mengapresiasi solusi Tekfin inovatif dari kalangan perusahaan Tekfin, lembaga keuangan, dan perusahaan teknologi. Penghargaan ini juga menganugerahi individu dan perusahaan yang berperan penting menciptakan peluang pertumbuhan baru, mengubah praktik industri Tekfin, serta mempromosikan inklusi keuangan.

Dalam pernyataannya, Sopnendu Mohanty, Chief FinTech Officer, MAS, menyatakan, pemenang tahun ini “menunjukkan potensi besar untuk mengatasi masalah di dunia nyata sekaligus mendukung sektor finansial dalam memanfaatkan keunggulan teknologi baru demi mewujudkan masa depan digital yang lebih ramah lingkungan.”

Industri Fintech dan OJK Dorong Kepercayaan Pada Platform Digital Melalui Identitas Digital yang Aman

Menurut Shadab Taiyabi, President, Singapore FinTech Association, penghargaan ini mengapresiasi individu dan perusahaan yang “berdampak positif terhadap ekosistem Tekfin, dan di saat bersamaan, mendorong dan membina budaya inovasi berkelanjutan di sektor Tekfin.”

Sebagai sosok di balik motor penggerak di ASEAN, Maclang memimpin kolaborasi lintasfungsi dan lintaswilayah antara instansi regional dan nasional, pemimpin industri, akademisi, pengambil kebijakan, serta beragam pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta.

Maclang juga mendorong dan menciptakan platform bagi Tekfin untuk berkembang di Filipina sebagai Penyelenggara Philippine Fintech Festival, The One ASEAN Fintech Movement, serta perwakilan Filipina dalam ASEAN Blockchain Consortium. Di Filipina, Maclang menjabat Executive Director & Trustee, Fintech Philippine Association, serta salah satu pendiri konsultan ekosistem teknologi baru yang terkemuka, GeiserMaclang.

Selain Maclang, pemenang ASEAN Fintech Leader Awards lain adalah David Chen dari Atome Financial, Eddy Wong dari VSure Group, Salim Dhanani dari BigPay, serta Sohini Rajola dari Western Union.

Tema ajang penghargaan 2022 ini adalah “Embracing Digital, Charting the New Normal”, sesuai dengan percepatan digitalisasi di dunia bisnis dalam dua tahun terakhir. Para pemenang dipilih oleh dewan juri internasional yang terdiri atas pakar industri di berbagai bidang. Proses penilaian pemenang mengacu pada kriteria dampak positif, inovasi, dan kontribusi terhadap ekosistem Tekfin.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini