Temukan Peluang saat Disrupsi: KUPU Unjuk Keahlian Menyiapkan Pencari Kerja Mendapat Karier Baru

Tingkatkan kemampuan dan dapatkan berbagai badge dari ratusan materi pembelajaran di KUPU Academy.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – KUPU (www.kupu.id), platform digital berbasis A.I. yang menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja, membagikan strategi untuk mendukung pencari kerja selama resesi. Dengan kemampuan mengenali berbagai peluang yang terus bertambah, seperti pengaturan kerja fleksibel, KUPU membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan yang tepat. KUPU Academy juga terus memperbarui fiturnya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pencari kerja agar lebih menonjol daripada pencari kerja lainnya.

Melalui KUPU, para pencari kerja dapat melakukan lebih dari sekadar membangun resume, seperti melakukan tes kepribadian untuk mengetahui karakter pribadi dan menemukan jalur karier yang cocok. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan kemampuan dan memperoleh berbagai badge dari ratusan materi pembelajaran di KUPU Academy. Pencari kerja dapat memanfaatkan fitur opsi pengaturan kerja untuk memilih pekerjaan yang mereka inginkan, seperti bekerja jarak jauh (remote), pekerja lepas (freelance), atau purnawaktu (full time).

“Agar memperoleh kesempatan kerja saat resesi, Anda harus menonjol dan menjadi target perusahaan. Dengan menggunakan platform unik KUPU, Anda tidak perlu menghabiskan waktu memilah-milah pekerjaan yang tidak relevan. Platform berbasis A.I. kami dapat menyesuaikan hasil pencarian yang sesuai keahlian Anda. Melalui KUPU Academy, para pencari kerja juga bisa mendapatkan sertifikasi serta pelatihan keterampilan untuk membantu perjalanan karier mereka,” ujar Andry The, Chief Information Officer of KUPU.

Kiat Mencari Peluang Kerja pada Masa Resesi

Memanfaatkan kemajuan teknologi

Untuk meningkatkan efisiensi pencarian kerja, mulailah dari perusahaan yang aktif merekrut. Pilihlah pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang Anda miliki, ketimbang melamar setiap pekerjaan yang Anda lihat. Pertimbangkan mencari pekerjaan yang terarah dan strategis untuk menghemat waktu dan mencegah frustrasi. Ketahuilah juga budaya dan metode perekrutan yang diterapkan perusahaan. Manfaatkanlah fitur pada aplikasi KUPU untuk menyaring perusahaan yang sedang berkembang dan aktif merekrut. Pencari kerja juga bisa menyaksikan video singkat perusahaan perekrut dan lingkungan kerjanya, untuk melihat kecocokan dengan perusahaan tersebut.

Perbarui resume Anda

Unggah resume ke templat yang dapat disesuaikan, termasuk daftar pencapaian kerja. Cara ini mempermudah perekrut menemukan dan melihat keterampilan khusus pencari kerja sesuai kebutuhan lowongan kerja. Selain itu, di aplikasi KUPU, para pencari kerja dapat membuat video profil, sebuah cara baru untuk memperkenalkan diri kepada pemberi kerja. Cara ini menolong perusahaan menyeleksi calon pekerja tanpa membaca kertas lamaran. Juga membantu pencocokan profil calon pekerja, sehingga mempersingkat perekrutan. Sebagai tambahan, menyelesaikan topik pembelajaran “First-day” memberi nilai tambah bagi para pencari kerja, sehingga terlihat menonjol dan mempermudah proses orientasi pekerja baru.

Pertimbangkan opsi melakukan pekerjaan fleksibel

Pekerjaan purnawaktu (fulltime) mungkin menjadi tujuan utama pencari kerja. Namun, pekerjaan fleksibel dapat menjembatani jeda saat masa mencari kerja. Saat resesi, banyak perusahaan mempekerjakan pekerja paruh waktu sebagai staf sebelum memutuskan mengangkat mereka sebagai pekerja purnawaktu. Walau sementara, melakukan pekerjaan fleksibel dapat memperkaya resume serta menjadi sumber penghasilan. Oleh karena itu, mencari pekerjaan fleksibel memperbesar prospek pencari kerja.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini