Midea RAC Targetkan Ekspansi Bisnis di Asia Tenggara setelah Kesepakatan “Mutual AEO” Tiongkok-Thailand Tercapai

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, GUANGZHOU – Pada 28 Oktober, waktu Beijing, sebagai perusahaan unggulan, Midea Residential Air Conditioner Division (“Midea RAC”) mengikuti pertemuan observasi sertifikasi daring sebagai bagian dari Authorized Economic Operator (AEO) Mutual Recognition Action Plan antara Kepabeanan Tiongkok dan Thailand (“Rencana”).

Pertemuan virtual ini bertujuan, sebagai bagian dari protokol Rencana tersebut, membantu Kepabeanan Thailand untuk memahami proses sertifikasi lapangan yang dijalankan Kepabeanan Tiongkok, serta menjalin komunikasi tatap muka antara instansi kepabeanan di kedua negara. Lebih lagi, pertemuan ini meningkatkan pemahaman Kepabeanan Thailand tentang perusahaan unggulan di Tiongkok, serta berkontribusi mengoptimalkan proses mutual recognition AEO antara kedua negara.

Lewat pertemuan ini, Midea RAC juga membuktikan kemampuan dalam memenuhi regulasi dan menjalankan manajemen yang terstandardisasi sebagai perusahaan unggulan AEO di Tiongkok, khususnya dalam pengelolaan perusahaan, pengendalian berbasis pada TI, keamanan perdagangan, dan aspek lain.

Midea RAC telah memenuhi standar yang telah ditentukan dalam program AEO, serta meraih sertifikasi dari Kepabeanan Tiongkok sebagai “Advanced Certified Enterprise” (ACE) pada 2016. Pada April tahun ini, Midea RAC juga terpilih oleh Kepabeanan Tiongkok sebagai salah satu perusahaan tahap pertama dalam proses mutual recognition AEO yang berskala internasional, serta menjadi tolok ukur bagi perusahaan lain untuk menghadapi proses mutual recognition AEO.

Liu Quanfa, Head, Global Customs Affairs, Midea Group, berkata, “Sebagai perusahaan terkemuka Tiongkok yang berskala besar, Midea RAC mengekspor produk ke Thailand, Malaysia, dan banyak negara lain di Asia Tenggara. Berkat sistem AEO, proses kepabeanan semakin dipermudah dan dipercepat sehingga kami mampu memperluas bisnis di Asia Tenggara tanpa menemui kendala birokratis.”

Sistem AEO didukung World Customs Organization, dan instansi kepabeanan di negara-negara anggota memberikan sertifikasi kepada pihak produsen yang telah membuktikan kemampuan yang baik dalam memenuhi regulasi, status kredit, dan keamanan produk. Lalu, negara-negara anggota World Customs Organization memprioritaskan dan mempercepat proses kepabeanan bagi perusahaan yang berhasil memperoleh sertifikasi. Proses inspeksi kepabeanan yang dijalani perusahaan AEO pun berkurang, bahkan perusahaan ini mendapatkan prioritas dalam proses kepabeanan ketika pengiriman produk berlangsung antara dua negara yang telah menandatangani kerja sama mutual recognition.

Berspesialisasi dalam litbang, produksi, dan penjualan alat penyejuk udara untuk rumah, Midea RAC menguasai rantai industri yang lengkap. Sejalan dengan misinya untuk membangun perusahaan digital yang berorientasi pada teknologi pintar, serta menyediakan teknologi unggulan, dan akses langsung untuk pengguna sekaligus berperan sebagai inovator teknologi, Midea berkomitmen menjadi pemimpin global di segmen alat penyejuk udara untuk rumah, serta mengekspor produk bagi hampir 400 juta pengguna di 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Setelah Kepabeanan di Tiongkok dan Thailand bertekad mempercepat negosiasi tentang mutual recognition AEO dalam Rencana tersebut, Midea RAC akan menurunkan biaya yang terkait dengan kegiatan perdagangan, seperti pelabuhan, asuransi, biaya logistik, serta meningkatkan kapasitas produksi di pabrik yang berada di Thailand, mengoptimalkan daya saing internasional, serta memperingkas rencana pengembangan, termasuk berpartisipasi dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini