Docquity Digitalisasikan “Patient Affordability Program” di Filipina

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, MANILA – Mendukung inisiatif pemerintah Filipina dalam mempromosikan kesehatan universal. Docquity sebagai komunitas terbesar dan terpercaya di Asia Tenggara yang beranggotakan tenaga kesehatan, berinovasi dan mendigitalisasi Patient Affordability Programs (PAP) di negara tersebut. Tujuannya, membantu dokter memastikan hasil pengobatan yang lebih baik bagi pasien kanker, khususnya pasien yang membutuhkan bantuan keuangan. Docquity PAP menyediakan fasilitas konsultasi jarak jauh terpercaya bagi dokter guna meningkatkan pengelolaan pasien dan layanan rawat jalan, mempermudah pendaftaran pasien di jaringan apotek untuk mengakses obat-obatan yang terjangkau terlepas dari lokasinya, serta membantu perusahaan farmasi yang menjadi mitranya untuk mendigitalisasi dan memperingkas kegiatan operasional secara aman.

Sejak diuji coba tahun lalu, Docquity PAP telah memfasilitasi lebih dari 350 dokter di 150 rumah sakit untuk membantu lebih dari 1.000 pasien kanker memperoleh obat-obatan yang dibutuhkan dengan harga terjangkau. Program ini telah menghemat biaya lebih dari IDR1,5 milyar bagi pasien.

“Docquity PAP merupakan salah satu program yang saling memberikan keuntungan, serta sejalan dengan visi kami untuk menghubungkan dokter demi membangun kehidupan yang lebih sehat di seluruh dunia dengan skala luas. Uji coba Docquity PAP terbukti menjadi contoh yang luar biasa bagi Filipina, dan berpotensi juga memberikan manfaat bagi negara lain dan bidang pengobatan lainnya,” ujar Amit Vithal, Salah Satu Pendiri dan Chief Growth Officer, Docquity

“Targetnya lainnya adalah —mempermudah dokter merawat pasien, membantu pasien mengatasi tingginya biaya pengobatan dan perawatan, mengatasi kendala aksesibilitas di pedesaan, serta menghemat biaya operasional agar mitra kami mampu memperluas manfaat yang diberikan untuk pasien. Platform dan teknologi tunggal dan digital kami menjadi bagian dari pengalaman yang lebih baik ini, serta dampak positif yang dirasakan pasien sangat nyata.”

Membantu dokter agar bekerja lebih efisien dan efektif

Docquity PAP membantu dokter menyediakan konsultasi jarak jauh dengan pasien lewat Docquity Clinic, platform manajemen pasien terpadu yang berbasiskan komputasi awan, dan dapat diakses dari perangkat mana pun yang tersambung dengan internet, dapat memilih dan mendaftarkan pasien yang memerlukan bantuan keuangan, menerbitkan resep elektronik (e-prescription), serta menindaklanjuti tahap perawatan. Tim khusus Docquity Care menyediakan layanan langsung bagi seluruh peserta yang terlibat dalam proses, mulai dari onboarding hingga peresepan obat dan memastikan agar pasien menjalani pengobatan. Sesuai dengan regulasi industri, Docquity memastikan setiap interaksi dengan pasien tercatat dan terpantau, serta memenuhi kebutuhan mitra untuk sistem pelaporan jika ada kondisi yang memburuk.

Docquity Raih Pendanaan Seri C Senilai US$44 Juta yang Dipimpin Itochu Corporation

Memperluas akses obat-obatan yang lebih terjangkau

PAP yang masih berbasiskan penggunaan dokumen kertas membatasi pendaftaran pasien hanya pada satu jaringan apotek untuk memperoleh resep obat dengan harga diskon. Pasien yang memerlukan akses ke jaringan apotek lain harus melakukan pendaftaran silang (cross-enroll). Maka, Docquity PAP memberikan fleksibilitas dan skalabilitas dalam memperluas jaringan apotek, membantu pasien mengakses berbagai cabang apotek di lokasinya masing-masing, serta memperoleh obat-obatan dari unit yang memiliki ketersediaan produk.

Docquity menghadirkan keterjangkauan, menawarkan platform konsultasi jarak jauh, menyediakan logistik untuk obat-obatan secara lebih mudah, serta memberikan dukungan tambahan bagi pasien. Docquity juga melibatkan pasien lewat SMS, panggilan telepon, surel, dan chatbot guna menjamin mereka tetap melanjutkan pengobatan. Pasien yang belum bergabung dalam program Docquity dapat meminta dokter mendaftarkan mereka agar memperoleh manfaat tersebut.

Melindungi dan mempermudah patient affordability program

Docquity PAP membantu mitra dari perusahaan farmasi dalam menghemat biaya operasional, memproses rekam medis, dan permintaan secara lebih efisien dan akurat, meningkatkan pengumpulan analisis, serta memperkuat prosedur verifikasi dengan berbagai pengecekan, dan validasi one-time password (OTP). Dengan demikian, Docquity PAP menjamin keamanan sistem dan mengurangi potensi kekeliruan, serta tindak penipuan yang biasanya timbul dalam proses kerja yang masih menggunakan dokumen kertas, ketergantungan pada satu sistem penyimpanan data ketika mengendalikan pelaksanaan program, keterbatasan perekaman data untuk jumlah obat yang diresepkan dan dibagikan, serta kondisi memburuk yang tidak dilaporkan.

Mengandalkan kesuksesan ini, Docquity tengah menjajaki kerjasama dengan berbagai perusahaan farmasi lain untuk mendigitalisasi PAP, serta meliputi bidang pengobatan lain, melibatkan semakin banyak dokter, dan menyediakan program ini bagi berbagai warga Filipina.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini