Nostalgia Bersama Doraemon di “Doraemon Exhibition” Pertama yang Digelar di Luar Jepang

Nostalgia dan buat kenangan baru bersama Doraemon di "Doraemon Exhibition" pertama yang digelar di luar Jepang di National Museum of Singapore.

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Pada 5 November, pameran Doraemon pertama di luar Jepang, dipersembahkan oleh LEYOUKI serta didukung NMS dan DFW Creative Pte. Ltd., menampilkan salah satu karakter asal Jepang yang paling digemari dalam bentuk manga, dan kisahnya yang menyentuh penggemar secara lintasgenerasi di seluruh dunia. Pameran yang digelar di sejumlah lokasi ini mengeksplorasi masa lalu, masa kini, dan masa depan Doraemon lewat pergelaran seni kontemporer, pameran yang memperlihatkan gambar dan sketsa asli Fujiko F. Fujio, kafe bertema Doraemon, serta suvenir edisi terbatas yang mengajak pengunjung menciptakan kenangan baru bersama karakter manga Jepang yang ikonis tersebut.

Banyak orang tumbuh besar bersama Doraemon dan masih menggemarinya. “Kami merayakan karakter yang sangat dicintai secara lintaswilayah dan lintasgenerasi ini lewat “The Doraemon Exhibition” yang pertama di Singapura. Kami berharap, pengunjung terinspirasi untuk mengawali perjalanan kreatifnya sendiri ketika bernostalgia bersama Doremon,” ujar Yuki Imamura, Director, LEYOUKI.

Mengenang asal mula Manga Doraemon

“The Doraemon Exhibition” akan menampilkan asal mula Doraemon sebagai karakter utama serial manga Jepang yang berawal pada Desember 1969. Setelah Doraemon tampil dalam format anime dan film, Fujiko F. Fujio, nama pena artis manga asal Jepang Hiroshi Fujimoto, semakin terkenal.

Pameran di Singapura ini juga menghadirkan sesi pameran eksklusif yang berjudul MANGA DORAEMON Original Drawings Exhibition, terdiri atas lebih dari 70 gambar dan sketsa mendiang Fujimoto. Untuk pertama kalinya, ilustrasi inventif dan karya awal dari kreator Doraemon diperlihatkan di luar Jepang.

Karya ilustrasi ini akan membawa pengunjung mengenang asal mula Doraemon dan para sahabatnya, serta kisah di balik beberapa barang ajaib Doraemon, seperti “Roti Pengingat” (Memory Bread) dan “Cermin Pembohong” (Lying Mirror). Pengunjung juga dapat melihat reproduksi dari meja Fujimoto yang berada di ruang kerjanya, tempat dia membuat banyak gambar Doraemon, dilengkapi alat gambar, serta buku dan boneka.

“The Doraemon Exhibition” Hadir di National Museum of Singapore November Mendatang

Doraemon menginspirasi berbagai generasi artis manga

The Doraemon Exhibition pertama kali digelar pada 2002, dan edisi berikutnya diadakan pada 2017 di Jepang. Sesi pameran berjudul Create Your Own Original Doraemon menampilkan karya seni kontemporer dari 28 artis seni kontemporer asal Jepang dan kelompok seni yang diundang untuk menciptakan Doraemon menurut versi mereka sendiri berdasarkan kenangan pribadinya, serta mengisahkan karakter ikonis ini di dunia masa kini yang telah berubah. Karya seni tersebut mencakup lukisan dan patung hingga karya grafis dan fotografi.

Dua artis Singapura juga diminta untuk menciptakan Doraemon di pameran edisi Singapura ini. Patung buatan Jahan Loh, “My Journey with Doraemon”, mengeksplorasi perjalanan dan destinasi antargalaksi. Dia menampilkan imajinasinya lewat salah satu alat ajaib Doraemon yang memanfaatkan seni, sains, dan teknologi untuk menjajaki masa lalu, masa kini, dan masa depan. Karya kedua, “IMAGINE”, dari fotografer Singapura Leslie Kee, menampilkan koleksi Musim Gugur 2022 Thom Browne, serta sembilan model dari berbagai latar belakang. Seperti Doraemon, potret bernuansa biru tersebut mengapresiasi kecantikan dan keseriusan rona kulit.

Menghibur keluarga, penggemar muda dan tua

Bertepatan dengan dua pameran ini, pengunjung juga dapat berkunjung ke kafe bertema Doraemon di Basement Gallery Foyer yang terwujud lewat kolaborasi dengan Toraya, produsen wagashi (makanan tradisional Jepang yang bercita rasa manis) ternama yang memiliki sejarah hampir 500 tahun.

Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang suvenir pameran, suvenir Doraemon eksklusif tersedia dari The Doraemon Exhibition dan Fujiko F Fujio Museum, serta barang-barang koleksi eksklusif Doraemon. Sederet barang ini termasuk tote bag, cangkir dan alat tulis.

Doraemon Exhibition Singapore 2022 dibuka bagi publik dari 5 November 2022 hingga 5 Februari 2023, dari pukul 10 pagi hingga 7 sore setiap hari, dan kunjungan terakhir dapat dilakukan pada pukul 6.30 sore. Tiket dapat dibeli di http://www.doraemon-exhibit.sg/tickets. Pameran ini dipersembahkan oleh LEYOUKI, serta didukung National Museum of Singapore dan Singapore Tourism Board.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini